Kasus narkoba memang lekat dengan para selebriti. Sudah banyak figur publik yang ketahuan mengonsumsi barang haram tersebut hingga ditangkap polisi. Yang terbaru, artis Tanah Air yang diamankan polisi karena tersandung kasus narkoba ialah pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. 

Tertangkapnya Nia dan Ardi menambah deretan panjang artis yang tersandung kasus narkoba bersama pasangan. Sebelumnya, ada juga beberapa pasangan artis yang harus bersinggungan dengan hukum karena penyalahgunaan narkoba. Seperti deretan pasangan artis berikut ini.

1. Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Nia Ramadhani dan 5 Artis Ini Ditangkap Bareng Pasangan karena NarkobaInstagram.com/ramadhaniabakrie

Pasangan suami istri, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, diciduk Polres Metro Jakarta Pusat pada Rabu (7/7/2021) karena dugaan kasus penyalahgunaan narkoba. Keduanya ditangkap dengan barang bukti sabu dan alat hisapnya yang ditemukan di kediaman mereka di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kepada petugas, Nia mengaku bahwa ia memang mengonsumsi sabu bersama sang suami. Pasangan ini mengaku mengonsumsi sabu kurang lebih selama 5 bulan terakhir dengan alasan tekanan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

2. Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Nia Ramadhani dan 5 Artis Ini Ditangkap Bareng Pasangan karena NarkobaInstagram.com/vanessaangelofficial

Belum lama keluar dari penjara, Vanesa Angel kembali dijemput polisi pada 16 Maret 2020. Aktris yang kerap membintangi FTV itu ditangkap polisi bersama suaminya, Bibi Ardiansyah, karena dugaan menggunakan narkoba. Mirisnya lagi, saat itu Vanessa dalam keadaan hamil. Setelah menjalani pemeriksaan, diketahui bahwa Bibi dinyatakan positif mengonsumsi narkoba, sedangkan Vanessa negatif narkoba. Namun, Vanessa tetap dijerat dengan pasal kepemilikian obat terlarang tersebut.

3. Mieke Amalia dan Tora Sudiro

Nia Ramadhani dan 5 Artis Ini Ditangkap Bareng Pasangan karena NarkobaInstagram.com/mieke_amalia

Pasangan selebriti, Mieke Amalia dan Tora Sudiro, juga pernah berurusan dengan penyalahgunaan narkoba. Pasangan itu pun ditangkap oleh polisi pada 3 Agustus 2017. Dalam penangkapannya, polisi menyita barang bukti berupa 30 butir pil psikotropika. Dari hasil tes urine, Mieke dan Tora positif mengonsumsi benzodiazepin atau kandungan dari Dumolid. Namun, dalam kasus ini hanya Tora yang ditetapkan sebagai tersangka. Ia pun harus menjalani rehabilitasi di RSKO hingga akhirnya bebas pada 12 Agustus 2017.

4. Lucinta Luna dan Abash

Nia Ramadhani dan 5 Artis Ini Ditangkap Bareng Pasangan karena NarkobaInstagram.com/lucintaluna

Lucinta Luna sempat bikin masyarakat heboh saat ia ditangkap karena kasus narkoba. Pemain film Bridezilla itu ditangkap bersama kekasihnya, Abash, di Apartemen Thamrin City pada 11 Februari 2020. Setelah menjalani pemeriksaan, Lucinta pun positif menggunakan amphetamine. Sedangkan, Abash dinyatakan sebagai saksi dan dibebaskan. Karena kasus ini, identitas Lucinta sebagai seorang transgender akhirnya terungkap ke publik. Pasangan ini dikabarkan putus saat Lucinta mendekam di Rutan Pondok Bambu.

5. Dhawiya Zaida dan Muhammad Basurrah

Nia Ramadhani dan 5 Artis Ini Ditangkap Bareng Pasangan karena NarkobaInstagram.com/dhawiyaelvysukaesih

Putri pedangdut Elvy Sukasesih ini juga sempat terseret pada pusaran kasus narkoba. Pada 16 Februari 2018, Dhawiya Zaida bersama tunangannya, Muhammad Bassurah, diamankan polisi di rumahnya di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Dalam penangkapannya, polisi menemukan barang bukti berupa sabu beserta alat hisap. Atas perbuatannya ini, keduanya harus menjalani 1,5 tahun masa rehabilitasi.

6. Nunung dan Iyan Sambiran

Nia Ramadhani dan 5 Artis Ini Ditangkap Bareng Pasangan karena NarkobaInstagram.com/nunung63.official

Nunung sempat membuat publik gempar lantaran ditangkap polisi karena mengonsumsi narkoba. Tak sendirian, pelawak yang tergabung dalam grup Srimulat itu ditangkap bersama suaminya, Iyan Sambiran. Ia ditangkap dengan barang bukti sabu yang ada di dalam kamarnya pada 19 Juli 2019. Dari hasil pemeriksaan diketahui ternyata Nunung telah mengonsumsi sabu sejak 5 bulan terakhir. Saat tes urine, Nunung dan suaminya dinyatakan positif narkoba. Pasangan itu pun divonis 1,5 tahun penjara.

Baca Juga: 5 Fakta Penangkapan Nia Ramadhani & Ardi Bakrie Terkait Kasus Narkoba

Baca Juga: Millen Cyrus dan 4 Artis Ini Ditangkap Dua Kali Karena Kasus Narkoba

Baca Juga: Kasus Narkoba pada Artis: Penyebab dan Pelajaran yang Bisa Dipetik