9 Hadis Nabi tentang Keluarga yang Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Ternyata, seorang istri mudah masuk surga, lho!

9 Hadis Nabi tentang Keluarga yang Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Mempelajari ilmu tentang rumah tangga tak hanya diperuntukkan bagi para pasangan yang sudah menikah saja. Seseorang yang belum menikah atau sedang merencanakan pernikahan pun bisa mulai mempelajari ilmu berumah tangga sebagai bekal untuk membangun keluarga nantinya.

Dalam ajaran agama Islam, Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan kepada para umatnya dalam membangun rumah tangga yang terdapat dalam banyak hadis. Perlu diketahui, hadis-hadis tersebut memiliki banyak makna untuk memahami kedudukan keluarga dalam Islam. Mulai dari tuntunan agar dapat menciptakan rumah tangga yang harmonis, pemberian nafkah, hingga pengajaran ilmu agama dalam keluarga.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak 9 hadis Nabi tentang keluarga berikut ini.

1. Keutamaan memberi nafkah keluarga

9 Hadis Nabi tentang Keluarga yang Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Berdasarkan HR. Muslim, dijelaskan bahwa nafkah kepada keluarga lebih baik pahalanya dari sedekah sunnah. Untuk itu, seorang suami hendaknya lebih mengutamakan memberikan nafkahnya kepada keluarga daripada yang lain.

دِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى رَقَبَةٍ وَدِينَارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ أَعْظَمُهَا أَجْرًا الَّذِى أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ

Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi)” (HR. Muslim no. 995).

2. Suami akan dimintai pertanggungjawaban

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here