Setiap orang tentu menginginkan pernikahan yang berkesan. Apalagi, kini banyak orang seakan berlomba-lomba membuat pernikahannya dengan cukup mewah dan mengundang banyak tamu. Memang nggak ada salahnya jika ingin membuat pesta yang besar, tapi pesta seperti ini tentu akan membuat budget pernikahan semakin membengkak. 

Pernikahan yang berkesan bukan berarti harus menggelar pesta dengan besar, kok. Beberapa orang justru memilih untuk membuat pesta pernikahan yang lebih privat agar bisa lebih intim dengan para tamu undangan yang hadir. Melansir dari Elite Daily, jika kamu merasakan 5 hal ini, maka itu artinya kamu lebih baik menggelar pesta pernikahan kecil-kecilan saja.

1. Budget pernikahanmu terbatas

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Alasan Pesta Pernikahan Kecil Tepat untukmuwhitewren.com

Semakin besar pesta yang ingin kamu buat, maka semakin besar pula budget yang harus dikeluarkan. Jika budget kamu dan pasangan terbatas, maka menggelar pesta pernikahan kecil adalah hal terbaik. Dengan begini, kamu bisa lebih menghemat untuk mengeluarkan biaya katering, kursi, serta undangan. Selain itu, budget yang kamu hemat itu bisa dialokasikan untuk berbulan madu. 

2. Kamu nggak suka keramaian atau jadi pusat perhatian

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Alasan Pesta Pernikahan Kecil Tepat untukmulookslikefilm.com

Upacara pernikahan adalah momen yang paling mendebarkan bagi setiap pasangan pengantin. Bahkan, beberapa orang pernah melakukan kesalahan saat mengucap janji pernikahan karena nervous dan menjadi pusat perhatian dari banyak orang. Jika kamu adalah tipe orang yang nggak suka keramaian, maka sebaiknya buatlah pernikahan kecil dengan mengundang keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat saja. 

3. Kamu merasa stres mengurangi tamu undangan

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Alasan Pesta Pernikahan Kecil Tepat untukmusfchronicle.com

Menyusun daftar tamu undangan memang bisa membuat stres, apalagi jika kamu dan pasangan memiliki keluarga yang cukup besar. Banyaknya anggota keluarga ini tentu akan membuat jumlah teman yang akan kamu undang semakin terbatas. Jika kamu nggak ingin melukai hati teman-teman yang nggak masuk dalam daftar tamu undangan, maka katakan saja bahwa kamu memang menggelar pernikahan kecil. Dengan begitu, teman-temanmu akan mengerti sehingga kamu pun nggak terlalu merasa bersalah. 

4. Kapasitas venue yang kamu pilih terbatas

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Alasan Pesta Pernikahan Kecil Tepat untukmucarloz-elizondo.com

Banyak venue pernikahan yang memiliki kapasitas tamu terbatas. Jika kamu sudah menjatuhkan pilihan pada suatu tempat, namun tempat tersebut punya kapasitas yang cukup kecil, maka pesta pernikahan yang privat sangat tepat untukmu. Dengan begini, para tamu yang hadir akan merasakan suasana pernikahan yang nyaman tanpa perlu berdesak-desakan.

5. Kamu ingin mengobrol secara langsung dengan para tamu

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Alasan Pesta Pernikahan Kecil Tepat untukmuhughwhitaker.com

Salah satu keluhan yang paling umum terjadi saat menggelar pernikahan besar ialah susahnya berbicara dengan para tamu. Padahal, mungkin saja pernikahan ini menjadi ajang reuni antara kamu dengan teman yang sudah lama nggak bertemu. Nah, kalau kamu ingin menyapa dan mengobrol secara langsung dengan para tamu, maka sebaiknya buatlah pesta pernikahan kecil.

Meski dapat menghemat budget dan bisa mengobrol lebih panjang dengan para tamu, tapi pernikahan kecil bukan hal yang cocok bagi semua orang. Jadi, sebaiknya pertimbangkan secara baik-baik sebelum mengambil keputusan ya, Bela.

Baca Juga: 5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan