Memiliki hubungan yang langgeng dan bertahan lama itu adalah impian hampir setiap pasangan. Namun, dilansir dari Bright Side, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa tingkat pernikahan menurun. Hal ini menunjukkan kalau masih banyak orang yang berpikir hubungan jangka panjang itu hanyalah mitos.

Padahal, meskipun tampaknya sulit untuk bisa memiliki pernikahan yang langgeng, tetapi itu bukanlah hal yang mustahil, lho. Kamu dan pasangan bisa mencapainya dengan banyak hal, salah satunya dengan cara yang romantis. Berikut ini ada sejumlah gestur romantis yang bisa menjadi resep untuk membuat hubunganmu lebih kuat dan tentunya bertahan lama. Simak, yuk!

1. Selalu membagikan setiap mimpi yang ada di pikiran

6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan BahagiaPexels.com/Rosie Ann

Salah satu kunci bertahannya suatu hubungan adalah komunikasi. Pasanganmu akan merasa sangat dihargai kalau kamu bersedia untuk terbuka akan segala hal, baik tentang kamu ataupun kalian berdua.

Untuk itu, ketika kamu selalu berusaha membagikan setiap mimpi atau keinginan yang ada di pikiran, maka hubunganmu bisa menjadi lebih kuat. Hal ini karena kamu dan pasangan akan bertekad untuk sama-sama berjuang meraihnya.

2. Menulis detail keinginan pasanganmu

6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan BahagiaPixabay.com/Karolina Grabowska

Perasaan dihargai juga bisa didapatkan dari keinginan yang terwujud. Ketika kamu atau pasangan bisa saling memberikan keinginan masing-masing, maka hubungan kalian akan terus dilandasi rasa bahagia.

Jadi, coba deh, mulai saat ini, catat setiap keinginan yang pasanganmu ucapkan. Meskipun mungkin kamu nggak akan bisa mewujdukan semuanya, tapi paling tidak ini bisa menunjukkan usahamu.

3. Saat bertengkar, pikirkanlah bahwa kamu juga salah

6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan BahagiaPexels.com/Anete Lusina

Saat bertengkar atau beradu pendapat, sebagian orang biasanya akan bersikukuh untuk mempertahankan posisinya. Nah, kalau kamu ingin membuat hubunganmu lebih kuat, cobalah untuk bersikap sebaliknya. Coba kendalikan dirimu, dan berusaha sadar bahwa masalah itu tidak sepenuhnya salah pasangan, melainkan juga dirimu.

Saat bertengkar, kamu bisa pergi ke ruangan yang berbeda selama 20 menit. Ini akan memberi kamu waktu untuk tenang dan memikirkan segala hal. Barulah, setelah itu kembali ke pasanganmu dengan membawa segala kerendahan hati untuk sama-sama berdiskusi.

4. Luangkan waktu untuk membuat kalian saling kangen

6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan Bahagiafreepik.com/ bulltus_casso

Quality time dengan pasangan itu memang penting, tetapi ruang sendiri itu juga nggak kalah penting, lho. Kalau kamu menghabiskan semua waktu luang yang dimiliki dengan pasangan, maka kecenderungan yang muncul adalah ketergantungan.

Jadi, daripada terus-menerus menempel dengan pasangan, lebih baik luangkan waktumu untuk pergi dengan teman, keluarga, atau mungkin sendiri. Biarkan juga pasanganmu melakukan hal yang sama. Biarkan diri kalian berdua memiliki kesempatan untuk saling merasa kangen. Dijamin, setelah kembali bertemu kalian bisa makin sayang!

5. Bekerja sama mengerjakan pekerjaan rumah

6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan BahagiaPexels.com/Maria Ovchinnikova

Salah satu gestur sederhana yang sangat berdampak dalam kekuatan hubungan adalah bekerja sama. Cobalah untuk merencanakan atau membuat sesuatu bersama-sama. Seperti mungkin menyiapkan makanan di rumah, mendekorasi ulang rumah, atau mengecat pintu depan dan halaman.

6. Sesekali siapkan kejutan kecil untuk pasanganmu

6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan BahagiaPexels.com/Budgeron Bach

Bicara soal romantis, maka kejutan adalah salah satunya. Cinta itu bukan hanya tentang gairah, tetapi juga tindakan dan komitmen. Oleh karenanya, kamu perlu mengisi hubunganmu dengan tindakan-tindakan romantis yang membuat hubungan lebih berwarna, salah satunya kejutan.

Cobalah sesekali beri kejutan kecil untuk pasanganmu. Misalnya, memberikan hadiah di luar momen istimewa, memasak hidangan spesial untuknya, atau sesuatu yang mungkin tidak pernah ia pikirkan.

Dengan beberapa gestur romantis di atas, maka dijamin hubungan yang kamu jalin bisa semakin kuat dan bertahan lama. Jadi, tunggu apalagi?

Baca Juga: Bakal Langgeng, 5 Tanda Hubungan Kamu & Dia Punya Chemistry yang Kuat

Baca Juga: 5 Pertengkaran yang Biasa Dialami Pasangan Langgeng, Kamu Gimana?

Baca Juga: 5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!