Menjaga hubungan yang harmonis dengan mertua bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Meskipun banyak hubungan menantu-mertua yang selama ini digambarkan tidak baik, padahal tidak semuanya begitu lho, Bela. 

Banyak pula hubungan menantu dan mertua yang harmonis. Bukan tidak mungkin hubunganmu dengan mertua akan harmonis selayaknya dengan orangtua kandung sendiri. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan harmonis dengan mertua, yuk simak berikut ini:

1. Sayangi dan perlakukanlah mertua seperti orangtua kandung.

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPinterest.com/momjunction

Setelah menikah, maka orangtua dari pasangan juga menjadi orangtuamu, ya, Bela. Meskipun mereka bukan yang melahirkan dan membesarkamun, kamu wajib untuk menghormati, menyayangi, dan memperlakukan mertua kamu sebagaimana orangtuamu sendiri. 

Ciptakanlah keakraban dengan banyak berdiskusi ataupun mengobrol dan jalan-jalan santai. Kegiatan semacam itu dapat menghindarkan dari ketegangan dan konflik bersama mertua.

2. Komunikasi yang baik.

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Komunikasi selalu menjadi kunci utama dalam setiap hubungan, baik dengan pasangan, keluarga, maupun teman. Di zaman sekarang yang semuanya serba canggih ini tentunya memudahkan kamu untuk berkomunikasi secara online. Di sisi lain, jika kamu merasakan sesuatu yang mengganggu hubunganmu dengan mertua, segeralah untuk membicarakan dari hati ke hati tentang apa yang kamu rasakan untuk meminimalisir kesalahpahaman diantara kalian. Jangan lelah untuk terus menjaga komunikasi yang baik dengan mertua kamu, ya, Bela.

3. Tunjukkan perhatian yang tulus

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPexels.com/Daria Shevtsova

Karakter dan kepribadian mertua perlu kita kenali dengan baik. Berikan perhatian yang tulus pada mertua seperti dengan mengucapkan selamat ulang tahun dan beri hadiah kecil atau mengucapkan selamat Hari Ibu kepada ibu mertua

Perhatian-perhatian kecil seperti itu sudah cukup membuat mereka merasa senang dengan tanda bahwa kamu tetap mengingatnya. Kamu juga dapat mengajak mereka untuk makan di tempat favoritnya dan memberikan bantuan saat mereka sedang membutuhkan. 

4. Jangan ragu untuk meminta saran kepada mertua.

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPinterest.com/trendymama

Sebagai orangtua yang memiliki lebih banyak pengalaman, mereka akan memberikan pendapatnya baik berupa saran atau bimbingan. Sehingga kamu tidak usah ragu untuk menanyakan saran atau pendapat kepada mertua. Nah, dengan kamu menanyakan saran atau pendapat kepada mertua, pasti mereka akan merasa senang karena dibutuhkan oleh menantunya.

5. Cari kesamaan dan melakukan aktivitas bersama

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPexels.com/Elly Fairytale

Mungkin kamu dan mertua memiliki kegemaran yang sama. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk membangun kedekatan dan menciptakan momen menyenangkan bersama mertua dengan melakukan aktivitas yang kalian sukai bersama. Dengan kesamaan yang ada, setidaknya kamu memiliki bahan obrolan bersama mertua.

6. Simpan Masalah Suami Istri dari Mertua

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPexels.com/cottonbro

Masalah rumah tangga yang ada idealnya memang diselesaikan dengan pasangan terlebih dahulu. Jangan libatkan mertua dalam masalah atau pertengkaran dengan pasangan. Usahakanlah tampil harmonis sebagai suami istri di depan mertua. Karena bagaimanapun masalah pribadi pernikahan adalah urusan antara kamu dengan pasangan, ya.

7. Luangkan waktu dengan mertua.

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertuafreepik.com/toa55

Sesibuk apa pun kamu dalam menjalani hari-hari, sebaiknya luangkan waktu untuk mertua sebagai bentuk perhatian. Bukan dengan barang mahal, namun dengan menunjukkan perhatian dan menyisihkan waktu untuk mertua, maka mereka akan merasa senang dan dihargai sebagai orang tua.

8. Jaga sopan santun.

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaFreepik.com/freepik

Menjaga sopan satun dan ucapan di hadapan mertua itu penting, bBagaimanapun mereka adalah orangtua yang sudah merawat dan membesarkan pasanganmu. Dari sisi lain mertua telah merelakan anaknya menempuh masa depan bersamamu dan merestui pernikahan kalian. Jadi hal itu juga harus selalu diingat dan dihargai. Salah satunya dengan cara memperlakukan mereka sebaik-baiknya.

9. Memberikan quality time untuk mertua dengan anak atau cucunya

9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan MertuaPexels.com/Askar Abayev

Apabila kamu tinggal terpisah dengan mertua, luangkanlah waktu untuk mengunjungi mereka. Beri ruang untuk mertua agar memiliki waktu berkualitas bersama anaknya atau bermain bersama cucunya, jika kalian telah memiliki buah hati.

Menjalin hubungan harmonis dengan mertua bukan hal yang tidak mungkin terwujud, ya, Bela. Beberapa tips di atas dapat kamulakukan untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis dengan mertua. Semoga kamu juga memiliki hubungan yang harmonis dengan mertua, agar bisa hidup bahagia bersama.

Baca Juga: Ini 7 Tips Mengambil Hati Orangtua Pacar Saat Pertama Kali Bertemu

Baca Juga: Tinggal di Rumah Orangtua Pasangan? 5 Tips Jaga Komunikasi yang Sehat

Baca Juga: 6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak Direstui