Pernikahan langgeng adalah impian semua pasangan. Namun, dalam kehidupan pernikahan, tentunya banyak sekali tantangan dan rintangan untuk menguji kemurnian cinta antara suami dan istri. 

Banyaknya perbedaan antar pasangan dari segi karakter, latar belakang, dan pandangan dapat menyebabkan pertikaian kecil yang berdampak besar. Seringnya, di usia pernikahan yang tergolong muda, masalah-masalah kecil muncul. Itulah mengapa pentingnya menjaga hubungan agar dapat langgeng di 5 tahun pertama pernikahan.

Sebagai pasangan yang ditakdirkan bersama untuk saling mengerti dan melengkapi, sangat diperlukan kemampuan-kemampuan yang menguatkan kasih sayang antar pasangan. Terkadang karena kesibukan urusan rumah tangga, pasangan suami istri lupa melakukan kebiasaan sederhana yang menyenangi pasangan.

Kira-kira kebiasaan sederhana apa yang bisa membuat langgeng 5 tahun pertama pernikahan, ya? Yuk, kita simak tips di bawah ini!

1. Menjaga komunikasi

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/Andrea Piacquadio

Tips pertama langgeng 5 tahun pernikahan adalah menjaga komunikasi. Seperti diketahui, komunikasi merupakan hal penting dalam menjaga pernikahan yang sering diabaikan. Padahal dengan komunikasi yang baik, kedua pasangan dapat mengutarakan keinginan bersama dan saling memahami untuk menemukan keputusan yang bisa saling menghargai.

2. Memenuhi kebutuhan pasangan

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/Gustavo Fring

Dalam pernikahan seseorang tidak bisa lagi bersikap egois, pasangan suami istri harus sadar dengan kebutuhan pasangannya. Mulailah dengarkan pasangan apa yang menjadi kebutuhannya, diskusikan bersama, dan penuhi jika mampu dan sesuai keputusan bersama.

3. Luangkan waktu khusus untuk berdua

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/Tima Miroshnichenko

Mengurus pekerjaan rumah tangga dan kebutuhan anak telah menyita tenaga juga waktu orangtua. Walaupun mengerjakannya adalah kewajiban, namun meluangkan waktu khusus bersama pasangan merupakan hal yang dapat mengurangi stres dan menambah kedekatan supaya hubungan langgeng 5 tahun pertama pernikahan. 

Pasangan bisa melakukan kegiatan masak, berkebun, menonton, dan merapikan rumah bersama. Tanpa disadari, rutinitas sederhana yang dilakukan bersama akan menjadi asyik dan menyenangkan.

4. Introspeksi diri

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/Ramil Ugot

Kesalahan dalam rumah tangga tidak semuanya salah pasangan. Agar dapat menjaga pernikahan dari masalah-masalah kecil, mulailah untuk introspeksi diri lebih dulu sebelum menyalahkan pasangan. 

Menyalahkan pasangan bukanlah cara solutif untuk menyelesaikan permasalahan dalam rumah tangga karena jika sudah terikat pernikahan, masalah yang terjadi adalah tanggung jawab bersama.

5. Saling meringankan pekerjaan

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/Annushka Ahuja

Dalam pernikahan dengan segudang tanggung jawab, tentunya berbagi peran akan menjadi ringan. Namun, di suatu kondisi jika pasangan sedang sibuk atau sakit, kita harus sadar untuk saling meringankan pekerjaan. Dengan begitu, dalam pernikahan akan tumbuh rasa saling memiliki. Termasuk dalam meringankan pekerjaan pasangan.

6. Hindari perdebatan kecil

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/Katerina Holmes

Masalah dan perdebatan kecil bisa menjadi besar jika tidak ada rasa saling menghargai dan memahami. Meski sudah lama hidup bersama, setiap harinya dalam pernikahan akan selalu ada masalah. Untuk menjaga langgeng 5 tahun pertama pernikahan, cobalah menghindari perdebatan kecil dengan berlapang dada dan saling mengerti.

7. Selesaikan masalah dengan bijak

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/William Fortunato

Tips langgeng 5 tahun pertama pernikahan yang ketujuh adalah menyelesaikan masalah rumah tangga dengan bijak. Sifat pemarah dan suka menyalahkan tidak membuahkan hasil yang baik. Dengan begitu, mulailah bijak bersikap untuk menyelesaikan masalah bersama.

8. Mudah memaafkan

8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasanganpexels.com/cottonbro

Ketika pasangan sedang lupa sehingga menimbulkan masalah, kita perlu lebih dulu memaafkannya. Tidak apa-apa jika pasangan lupa, hadirnya diri kita dalam kehidupan pasangan juga memiliki tujuan untuk saling mengingatkan dan belajar mudah memaafkan.

Nah, inilah 8 tips langgeng 5 tahun pertama pernikahan yang Popbela rangkum. Tantangan apapun dalam rumah tangga, tidak akan berarti jika tidak diselesaikan dengan baik. Pernikahan adalah proses belajar untuk saling mengerti pasangan sepanjang hidup. Semoga hal apa pun dalam kehidupan pernikahan bisa saling menguatkanmu dengan pasangan, ya!

Baca Juga: 6 Cara Membangun Kepercayaan ke Pasangan Supaya Langgeng

Baca Juga: 8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga Pelaminan