Kamu yang ingin melangsungkan pernikahan mungkin bingung bagaimana merencanakan pernikahan yang baik dan benar. Bingung harus memulai dari mana dan apa saja yang harus dikerjakan. Tenang saja, kebingunganmu itu adalah hal wajar karena perencanaan ini merupakan sesuatu yang sangat baru bagimu.

Di proses perencanaan ini, mungkin kamu akan menemukan beberapa hal sulit yang membingungkan. Namun, kamu nggak perlu khawatir karena Popbela sudah siapkan panduan untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan. 

Apa pun pernikahan impianmu, kamu bisa melakukan 9 langkah perencanaan pesta pernikahan ini yang bisa membantu kamu mewujudkan pernikahan yang kamu idamkan. 

1. Menetapkan anggaran

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanDok. Theknot.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat perencanaan pernikahan ialah menentukan anggaran. Dengan menentukan anggaran, kamu jadi punya pilihan untuk memilih hal-hal yang masih dalam alokasi anggaranmu sehingga kamu terhindar dari risiko berutang dalam mewujudkan pernikahan impianmu.

2. Menemukan inspirasi

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanPinterest.com/GoBankingrates

Setelah menentukan anggaran, maka selanjutnya kamu bisa memilih tema atau hal-hal yang ingin kamu hadirkan dalam pernikahanmu. Untuk melakukan langkah paling menyenangkan ini, kamu bisa mencari informasi di internet atau media sosial dalam mempertimbangkan tema, skema warna, ide dekorasi, dan hal lainya yang kamu inginkan. 

3. Membuat daftar tamu

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanDok. Women.com

Langkah ketiga dalam membuat perencanaan pernikahan ialah membuat daftar tamu. Langkah ini tidak boleh diabaikan ya, Bela. Pasalnya, dengan membuat daftar tamu, kamu bisa menentukan dan menyesuaikan kapasitas tempat berlangsungnya pernikahan dengan tamu yang kamu undang. Oleh karena itu, pastikan dulu kamu sudah mempunyai perkiraan jumlah tamu yang akan diundang sebelum kamu melakukan survei tempat atau gedung pernikahan.

4. Memilih tempat

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanDok. Putnamflowers.com

Setelah mengetahui anggaran dan jumlah tamu, maka langkah selanjutnya ialah memilih gedung atau tempat pernikahan. Pastikan juga kamu sudah menyiapkan beberapa pilihan tanggal sebelum melakukan survei tempat pernikahan ya, Bela. Oh iya, ada baiknya juga kamu melakukan riset, bisa dengan membaca ulasan di internet mengenai tempat pernikahan yang kamu inginkan sebelum berkunjung langsung ke sana. 

5. Menentukan daftar tamu

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanDok. Clovereventco.com

Kamu sudah mendapatkan tempat, namun masih bingung untuk mengundang siapa saja ke hari bahagiamu lantaran kapasitas tempat terbatas? Kalau masih bingung, ini kesempatan terakhirmu untuk memutuskan siapa saja yang akan hadir di hari besarmu. Jika orangtuamu ikut berkontribusi secara finansial di acaramu, maka mereka juga berhak mendapatkan kesempatan untuk menentukan siapa saja yang bisa diundang. 

6. Menyebarkan undangan

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanPinterest.com/Etsy

Jika tanggal pernikahan sudah pasti, gedung atau tempat pernikahan sudah dapat, dan jumlah tamu yang akan diundang juga sudah tersusun rapi daftarnya, maka saatnya kamu memesan undangan pernikahan. Idealnya, undangan pernikahan yang sudah jadi, bisa kamu sebar 4-6 minggu sebelum acaramu berlangsung.

7. Mengurus administrasi

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanPinterest.com/USAToday

Nah, yang satu ini bisa kamu “cicil” dari awal. Kamu bisa mengurus berbagai berkas yang menjadi syarat nikah agar pernikahanmu menjadi legal di mata hukum dan juga agama. Untuk syarat-syarat berkas pernikahan, kamu bisa membacanya di Popbela, lho!

8. Membeli cincin kawin

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanDok. Juweliersclaessens.be

Jangan sampai saking sibuknya kamu melupakan tahapan yang ini, ya, Bela! Cincin kawin nantinya akan menjadi simbol dari pernikahan. Nggak ada salahnya juga kamu memilih cincin kawin yang berkualitas, nyaman, dan modelnya sesuai dengan kepribadianmu. 

9. Merencanakan bulan madu

Anti Ribet, Ini 9 Tips Membuat Perencanaan Pesta PernikahanPinterest.com/Bankrate

Kalau kamu berencana untuk langsung bulan madu setelah pernikahan, langkah yang satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa memilih tempat, moda transportasi, akomodasi, yang sesuai dengan anggaran yang telah kamu tentukan di awal. Ingat ya, jangan sampai kemauanmu mengalahkan bujet anggaran yang telah ditentukan.

Itu dia beberapa tips dalam membuat perencanaan pesta pernikahan. Semoga ini bisa jadi panduan bagi kamu dan pasangan, ya.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 10 Aplikasi Wedding Planner untuk Persiapan Pernikahan

Baca Juga: 11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-Tiba

Baca Juga: Jarang Terpikirkan, 8 Benda Ini Bisa Dijadikan Souvenir Pernikahan