Bagaimana perasaanmu ketika melihat ada sepasang kakek-nenek yang masih langgeng dan penuh romansa, terlepas dari usia hubungan yang sudah lama berjalan? Melihat mereka, rasanya senang sekali sekaligus takjub karena menyaksikan kisah cinta sejati yang nggak lekang oleh waktu. Pasangan seperti ini merupakan bukti nyata jika seseorang bisa mencintai pasangannya dalam waktu lama dan menjalani pernikahannya dengan penuh kebahagiaan. Sesuatu yang semua orang inginkan ketika menikah nanti, bukan begitu?

Sebenarnya, ada cara atau kebiasaan yang dapat kamu dan pasangan lakukan untuk dapat menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia. Melansir dari P.S. I Love You, ada 4 hal yang pasangan menikah lakukan untuk menjaga rumah tangganya langgeng dan penuh cinta dalam waktu lama. Apa saja?

1. Selalu tahu dan sadar kebutuhan satu sama lain

4 Kebiasaan Ini Menjaga Pernikahan Langgeng Sampai Akhir HayatPexels.com/Cottonbro

Ketika istri lupa dengan payungnya di musim hujan, suami akan membawakan payung untuknya atau bahkan menjemputnya sehingga ia nggak perlu pulang menerjang hujan sendirian. Ketika pergi makan bersama di restoran tertentu, masing-masing akan memesan makanan yang satu sama lain sukai dan saling memberikan porsinya untuk dicicipi. Sikap seperti ini menunjukkan kalau suami dan istri saling menyadari kebutuhan pasangannya. Keduanya nggak egois dan mencoba memprioritas kebutuhan pasangannya sebelum dirinya, sekalipun dalam situasi tersulit.

2. Memberikan sisi terbaik dirinya pada pasangan

4 Kebiasaan Ini Menjaga Pernikahan Langgeng Sampai Akhir HayatPexels.com/Anthony Shkraba

Banyak yang berpikir ketika sudah menikah, kamu nggak perlu lagi berusaha keras untuk merawat hubungan. Kamu nggak perlu lagi meminta tolong dengan bahasa sopan, berterima kasih ketika mendapat bantuan, mengingat hari penting, dan sebagainya seperti yang selalu kamu lakukan saat pacaran dulu. Kenyataannya, justru hal-hal kecil seperti ini yang membantu menjaga hubungan tetap langgeng, dan pernikahan berjalan bahagia.

Pasangan yang bahagia menjalani hubungan pernikahannya nggak pernah berhenti mencoba menjadi yang terbaik untuk satu sama lain. Mereka selalu memerhatikan satu sama lain, menghormati satu sama lain, dan memandang pasangan sebagai sesuatu yang berharga dalam hidupnya.

3. Melakukan sesuatu bersama-sama

4 Kebiasaan Ini Menjaga Pernikahan Langgeng Sampai Akhir HayatPexels.com/Andrea Piacquadio

Pasangan yang bahagia dalam kehidupan pernikahannya adalah mereka yang menikmati kehadiran satu sama lain dalam kegiatan pribadinya. Suami menikmati kehadiran istri saat sedang mencuci mobil, dan istri yang senang ditemani suami ketika pergi ke pasar. Dengan begitu ketika salah satu membutuhkan bantuan, pihak lainnya siap sedia menolong.

Mereka yang jatuh cinta begitu tulus akan selalu mencari satu sama lain ketika sedang melakukan sesuatu. Bukan berarti mereka nggak mementingkan ruang pribadi. Melainkan, mereka sudah menganggap satu sama lain sebagai bagian dari dirinya sehingga akan nggak akan merasa lengkap jika melakukan sesuatu sendiri.

4. Nggak berhenti menunjukkan gestur kasih sayang

4 Kebiasaan Ini Menjaga Pernikahan Langgeng Sampai Akhir HayatPexels.com/Pixabay

Salah satu masalah yang akan dialami pasangan menikah adalah menurunnya keinginan untuk menunjukkan gestur kasih sayang pada satu sama lain. Umumnya karena merasa sudah menikah dan merasa nggak perlu melakukannya lagi. Ada juga yang merasa bosan melakukannya. Padahal, ini adalah salah satu kebiasaan yang harus kamu lakukan. Pasangan yang bahagia dalam pernikahannya adalah mereka nggak pernah berhenti menunjukkan gestur kasih sayang pada satu sama lain. Saling menggenggam tangan satu sama lain saat berjalan, memeluk pasangan dari samping ketika mendengarkan ceritanya, mencium kening pasangan sebelum berangkat kerja, dan sebagainya. Gestur seperti ini membantu menjaga rasa cinta tetap hidup di hati satu sama lain, dan mengekspresikan rasa cinta itu melalui alternatif lain selain mengatakannya langsung.

Itulah 4 kebiasaan yang pasangan menikah lakukan agar selalu bahagia dan langgeng sampai akhir hayat. Tentunya, kehidupan pernikahan akan menghadapi masalah yang menyebabkan perjalanan panjang itu nggak selalu berjalan mulus. Namun, kebiasaan-kebiasaan ini menjaga agar rasa cinta tetap hidup, membantu mereka bertahan dan melalui semua kesulitan tanpa perlu mengorbankan kebahagiaan bersama. Kamu menginginkan kehidupan pernikahan yang bahagia dan penuh cinta sampai akhir hayat? Terapkan kebiasaan ini bersama pasanganmu!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Dikira Normal Ini Malah Bikin Hubungan Jadi Toxic

Baca Juga: 9 Tanda Pernikahan Merenggang dan Tips Menyelamatkannya

Baca Juga: Sering Digosipkan Cinlok, Rangga Azof Pernah Dekat dengan 4 Aktris Ini