Sebelum menikah, sebagian pasangan umumnya akan melangsungkan acara pertunangan. Ini adalah acara pertemuan kedua keluarga untuk saling memperkenalkan, sekaligus menunjukkan komitmen dalam hubungan untuk melanjutkan ke pelaminan. Salah satu proses pertunangan yang harus dilakukan adalah tukar cincin antara kedua calon pengantin. Namun, di mana letak cincin tunangan ini harus disematkan? Apa sama dengan jari untuk cincin pernikahan atau berbeda? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

1. Sejarah letak cincin tunangan

Pemakaian cincin tunangan ini berkaitan erat dengan sejarah dan tradisi. Sebagian besar orang menyematkan cincin tunangan pada jari manis di tangan kiri, mengikuti tradisi masyarakat Romawi kuno. Melansir dari The Knot, orang-orang negara itu percaya kalau jari manis memiliki pembuluh darah yang menuju langsung ke jantung. Pembuluh darah ini dikenal dengan nama Vena Amoris atau "Vein of Love". Karena itu, pasangan kekasih harus mengenakan simbol cinta dan kesetiaannya pada jari manis itu.

2. Sebagian lain mengenakannya di tangan kanan

Letak Cincin Tunangan, Dipasang di Jari Mana?Pexels.com/Ana Paula Lima

Meski populernya mengenakan cincin tunangan di jari manis pada tangan kiri, ada juga yang mengenakannya di jari manis pada tangan kanan. Melansir dari wikiHow, tradisi pemakaian cincin tunangan ini populer di negara seperti Rusia, Yunani, dan Kolombia. Namun, mengenakan cincin tunangan di tangan kanan ini nggak berarti mencerminkan budaya negara tersebut, Bela. Pemilihan jari ini bisa juga berdasarkan referensi pribadi.

3. Menjadi satu dengan cincin pernikahan

Sebagian pasangan menggunakan cincin yang sama untuk bertunangan dan menikah. Jika seperti ini, cincin tunangan tersebut akan berpindah jari ketika sudah menikah, yaitu ke jari manis tangan kanan.

Namun jika menggunakan dua cincin berbeda, ada tradisi yang menempatkan cincin pernikahannya di atas cincin pertunangannya. Baik itu di jari mana pun. Jadi, pasangan tersebut menggunakan dua cincin pada satu jari manisnya.

4. Mengenakannya di jari mana pun

Letak Cincin Tunangan, Dipasang di Jari Mana?Pexels.com/Burst

Meski tradisi mengajarkanmu untuk mengenakan cincin tunangan di jari manis, kiri maupun kanan, sebenarnya kamu dapat memakainya di jari mana pun. Entah itu jari telunjuk, entah itu jari tengah, entah itu jari lainnya sesuai kenyamanan kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan bebas menentukan letak cincin tunangan dan pemakaian cincin tersebut.

Bahkan, ada beberapa pasangan yang nggak mengenakan cincinnya pada jarinya, melainkan menjadikannya liontin kalung. Jadi, mereka menyematkannya sebagai kalung.

5. Hanya perempuan yang mengenakan cincin tunangan

Kembali pada tradisi, sebagian mengajarkan jika tunangan merupakan acara pertukaran cincin. Artinya, kedua belah pihak sama-sama mengenakan cincin tunangan. Namun, ada juga tradisi yang mengatakan kalau hanya perempuan yang mengenakan cincin tunangan.

Tradisi ini berasal anggapan kalau pemakaian cincin tunangan merupakan simbol penerimaan perempuan atas lamaran yang diajukan pasangannya. Maka, hanya perempuan yang mengenakan cincin tunangan itu.

Jika mengikuti tradisi umumnya, letak cincin tunangan ada pada jari manis di tangan kiri. Lalu ketika menikah, kamu memindahkan cincin tersebut ke jari manis pada tangan kanan. Kamu dapat mengikuti tradisi tersebut, atau menyesuaikan dengan seleramu dan pasangan.

Baca Juga: Bukan untuk Ditakuti, 5 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Sebelum Tunangan