Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Benarkah Istri Nabi Yusuf adalah Zulaikha? Ini Penjelasannya!

Semua perempuan ingin menjadi istri Nabi Yusuf

Puspita Ramadhani

Mungkin, selama ini yang kamu sering dengar dari kisah Nabi Yusuf a.s adalah seperti apa ketampanannya dan bagaimana cobaan yang dihadapinya. Namun, apakah kamu pernah mendengar siapa istri Nabi Yusuf a.s yang sebenarnya?

Nah, kali ini Popbela akan mengajakmu mencari tahu siapa istri Nabi Yusuf. Simak baik-baik, ya. 

1. Keberadaan istri Nabi Yusuf dalam Alquran dan Hadis

unsplash.com/mhrezaa

Di dalam Alquran, kamu bisa menemukan surah Yusuf yang merupakan surah ke-12 dan terdiri dari 111 ayat. Akan tetapi, baik dalam surah tersebut maupun surah lainnya, tak ditemukan siapa perempuan yang dinikahi oleh Nabi Yusuf.

Begitupun dengan hadis Nabi Muhammad SAW. Tak pernah ada sahabat yang mendengar dan meneruskan hadis tentang siapakah istri Nabi Yusuf a.s, padahal Rasulullah mengetahui seluruh sejarah nabi-nabi sebelumnya. Ini menjadi bukti bahwa Allah SWT dengan sengaja tidak ingin menyebutkan istri Nabi Yusuf. 

2. Kandungan surah Yusuf

unsplash.com/mostafa meraji

Secara garis besar, surah Yusuf diturunkan Allah SWT untuk menjelaskan bagaimana kisah hidup Nabi ke-11 ini. Bagaimana ia tumbuh besar dengan ketampanan dan juga ujian-ujian yang silih berganti mendatanginya. Mulai dari cobaan menghadapi rasa iri hati saudaranya, hingga fitnah yang timbul akibat parasnya.

Setelah semua cobaan dilaluinya, Allah menceritakan pula kenikmatan apa yang didapatkan Nabi Yusuf atas kesabarannya. Namun, Allah tidak menjelaskan secara gamblang soal pernikahan Nabi Yusuf dengan seorang perempuan mana pun.

“Dalam riwayat shahih dan Alquran hanya diceritakan jelas tentang Zulaikha yang mengganggu Yusuf, Yusuf masuk penjara, lalu naik takhta sampai menjadi raja. Selesai sampai situ,” ucap Buya Yahya pada kajian di tahun 2020 lalu.

3. Penafsiran para ahli sejarah

unsplash.com/mhrezaa

Kisah cinta Nabi Yusuf justru ditafsirkan sendiri oleh para ahli sejarah. Beberapa imam besar yang mencoba menafsirkan dan mencari tahu soal istri Nabi Yusuf adalah Imam Thabari dan Imam Suyuti. 

Para imam tersebut mengatakan bahwa akibat rasa cinta yang begitu dalam dimiliki Zulaikha kepada Nabi Yusuf, akhirnya sang nabi menikahinya.

"Tidak ada riwayat yang shahih atau benar dari Nabi tentang pernikahan Yusuf dan Zulaikha. Yang jelas dalam Alquran hanya disebutkan Imra'atul Aziz, atau Zulaikha, yang merupakan seorang pemimpin Mesir, sempat gandrung (suka) kepada Sayyidina Yusuf karena ketampanannya," jelas Buya Yahya.

Sedangkan imam lainnya berpendapat bahwa tujuan Allah SWT memasukkan Nabi Yusuf ke dalam penjara yang ketat agar ia terlindungi dari perbuatan zina yang ingin dilakukan para perempuan yang tergila-gila padanya. 

4. Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha

pexels.com/nur-afni-arisma

Pertemuan Nabi Yusuf dan Zulaikha, yang kala itu masih menjadi istri Raja Qithfir, bermula sejak ia menemukan Nabi Yusuf dibuang di dalam sebuah sumur yang dalam. Nabi Yusuf yang kala itu dibuang dan ditinggalkan saudaranya di dalam sumur, akhirnya ditakdirkan untuk ditemukan dan dibesarkan di dalam istana raja. 

Hingga Nabi Yusuf beranjak dewasa, tampaklah ketampanan yang ia dimilikinya. Saking tampannya, keberkahan itu berubah menjadi petaka. Banyak perempuan yang mengejar-kejar Nabi Yusuf, termasuk pula Zulaikha, sang istri raja. Alhasil, untuk menghindari fitnah dan zina, Nabi Yusuf memilih untuk tinggal di dalam penjara.

Singkat cerita, Nabi Yusuf yang punya sifat bijaksana dan bisa menyelamatkan negara tersebut dari musim panceklik diangkat menjadi seorang raja usai wafatnya raja sebelumnya.

Sedangkan soal Nabi Yusuf dan Zulaikha, sebagian ahli sejarah berpendapat bahwa setelah keluarnya Nabi Yusuf dari penjara, Zulaikha menemui sang Nabi dan mengaku bahwa ia menangisinya sepanjang tahun.

Akibat 11 tahun menangis tanpa henti, dikatakan pula Zulaikha menjadi buta dan menua. Lalu, karena taubatnya kepada Allah SWT, Nabi Yusuf menerima Zulaikha dan menikahinya.

5. Kebenaran yang tidak bisa dipastikan

pexels.com/imad-clicks

Alquran dan hadis menjadi satu-satunya sumber yang dimiliki umat Islam sebagai pedoman kehidupan. Sebab di dalamnya, Allah dan Rasul banyak menjelaskan semua aspek kehidupan, bahkan hingga sejarah sekalipun.

Lantas, inilah yang menjadi alasan mengapa banyak sekali kisah istri Nabi Yusuf. Sebab, Allah tidak pernah menyebutkan dan memastikannya di dalam Alquran dan hadis. 

Melihat banyaknya umat yang penasaran dengan kisah asmara Nabi Yusuf, Nabi Muhammad pernah memberikan imbauan kepada umatnya agar tidak memercayai cerita yang bukan berasal dari Alquran dan hadis. 

لا تصدّقوا أهل الكتاب ولا تكذّبوهم، وقولوا: آمنّا بالله وما أَنزل إلينا وما أُنزل 

"Jangan percayai Ahli Kitab dan jangan menampiknya juga. Katakan saja, 'Kami beriman kepada Allah SWT dan apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad SAW)."  (HR. Bukhari dari jalur Abu Hurairah)

Demikianlah penjelasan tentang istri Nabi Yusuf a.s. Jadi, hikmah di balik ketidakadaan kisah asmara Nabi Yusuf di dalam Alquran yang bisa diambil adalah Allah meminta para umat-Nya untuk tetap menjaga kesucian diri dari perbuatan zina sekalipun mereka memiliki paras yang memukau. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married