Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Pernikahan Adiba Khanza dan Egy Maulana, Penuh Tangis Haru!

Kenang kepergian mendiang Uje

Puspita Ramadhani

Anak sulung mendiang Ustaz Jefri Al Buchori, adiba khanza Az-Zahra, akhirnya telah menikah dengan laki-laki pilihannya, Egy Maulana Vikri, pada Minggu (10/12/2023). Sebelumnya, rencana pernikahan Adiba dan Egy ini telah diketahui oleh publik lantaran keduanya memberitakan kabar lamarannya.

Pernikahan anak Umi Pipik ini pun mendapat banyak dukungan publik. Sebab, warganet ikut merasa bahagia lantaran pasangan muda ini menikah dengan cara yang baik.

Dipenuhi oleh perasaan haru karena teringat mendiang Ustaz Jefri alias Uje, inilah deretan fakta pernikahan Adiba Khanza dan Egy Maulana Vikri.

1. Perjalanan cinta Adiba dan Egy

Instagram.com/antzcreator

Tak banyak yang tahu, kalau ternyata Adiba Khanza dan Egy Maulana telah dekat selama hampir lima tahun. Hal itu disampaikan langsung oleh Adiba yang mengaku bahwa hubungannya telah berjalan empat tahun, pada tahun 2022 lalu.

Kemudian, di usia hubungan yang telah cukup untuk berkenalan itu, Adiba pun akhirnya menerima tawaran Egy untuk menikah dengannya. Menurut kabar, Egy telah melamar Adiba sejak Januari 2022 silam. 

Meskipun pada awalnya Adiba menolak untuk menikah muda, namun pada akhirnya putri sulung Umi Pipik itu tidak menolak sama sekali ketika ia tahu alasan di balik keinginan Egy untuk menikahinya. Menurut Adiba, laki-laki yang mendekatinya lewat media sosial itu, ingin memiliki istri sebelum semakin sibuk dengan pertandingan Liga 1.

2. Dinikahkan oleh sang adik

Instagram.com/antzcreator

Seperti yang telah diketahui publik bahwa mendiang Ustaz Jefri Al Buchori menghembuskan napas terakhirnya pada 26 April 2013 silam. Lewat pernikahannya dengan Umi Pipik, Uje meninggalkan empat orang anak, yakni Adiba, Abidzar, Ayla, dan Attaya.

Sebagai anak kedua sekaligus anak laki-laki pertama dalam keluarga tersebut, Abidzar Al-Ghifari mendapat mandat untuk menjadi wali nikah sang kakak, menggantikan tugas ayahnya. Dengan suara yang tegas dan lantang, Abidzar berhasil menjadi wali nikah untuk Adiba yang berusia satu tahun lebih tua darinya.

3. Maskawin berupa emas dan uang tunai

Instagram.com/antzcreator

"Saya nikahkan engkau dengan Adiba Khansa Az-Zahra binti Almarhum Jefri Al Buchori dengan maskawin berupa 46 gram logam mulia, 14 gram perhiasan emas, dan uang sebesar 1.210 euro, dibayar tunai," ucap Abidzar sebagai wali nikah.

"Saya terima nikahnya Adiba Khansa Az-Zahra binti Almarhum Jefri Al Buchori dengan maskawin tersebut, dibayar tunai," sahut Egy mengucapkan ijab kabul dalam satu tarikan napas.

Mendengar sejumlah mahar yang disebutkan oleh Abidzar, warganet menilai bahwa Egy adalah laki-laki yang bertanggung jawab dan akan memuliakan Adiba. Pasalnya, mahar yang diberikan oleh Egy tidaklah kecil. Bila dirupiahkan, uang sebesar 1.210 euro setara dengan Rp20 juta rupiah.

4. Dihadiri artis hingga atlet

Instagram.com/antzcreator

Adiba merupakan anak dari pendakwah kondang di Tanah Air. Sedangkan, Egy adalah atlet sepak bola yang namanya telah dikenal oleh banyak lapisan masyarakat. Alhasil, nggak heran jika pernikahan mereka yang digelar tanggal 12 Desember 2023 itu, dihadiri oleh sejumlah tamu penting. Mulai dari rekan pendakwah, atlet, hingga artis.

Pelatih Shin Tae Yong, Alvin Faiz, Henny Rahman, Pratama Arhan, Azizah Salsha, Tissa Biani, Dul Jaelani, Syakir Daulay, dan sederet artis kondang sahabat Umi Pipik, juga terlihat hadir malam itu. Adiba dan Egy yang mengenakan setelan resepsi bernuansa hitam, mendapat banyak doa restu dari para tamu.

5. Pernikahan yang penuh haru

Instagram.com/antzcreator

Prosesi akad yang digelar pukul 11.00 WIB itu, dipenuhi oleh isak tangis keluarga. Mereka tak mampu menahan tangis melihat Abidzar yang menggantikan peran sang ayah. Begitu pula Umi Pipik, yang bukan hanya sekadar rindu mendiang, tapi juga melepas anak pertamanya itu kepada imamnya yang baru. 

Ternyata, momen tangis haru itu tidak hanya dirasakan mereka yang menyaksikan momen ijab kabul. Beberapa netizen juga mengaku bahwa mereka ikut menitikkan air mata lantaran terkenang mendiang Uje. 

"Merinding banget sama suara Abidzar, mirip banget sama alm. Uje," komentar warganet.

"Nangis banget liatnya Abidzar yang nikahin," timpal lainnya.

"Dari dulu nggak pernah nangis tiap liat artis nikah, baru sekarang nangis bombay lihat Adiba sama Egy nikah ya Allah," tambah yang lain.

Kerinduan akan Almarhum Uje dan juga besarnya cinta Abidzar kepada kakaknya, Adiba, memang menjadi highlight pernikahan Adiba Khanza dan Egy Maulana kemarin. Kita doakan semoga pernikahan mereka sakinah, mawaddah, dan warahmah, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married