Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Memperkuat Hubungan di Dapur, Ini 5 Manfaat Masak Bereng Pasangan

Ini juga bentuk bahasa cinta, lho!

Natasha Cecilia Anandita

Ada banyak aktivitas untuk memperkuat chemistry, cinta, atau hubungan. Menghabiskan momen bersama atau beraktivitas bersama adalah salah satunya. Baik di dalam maupun di luar rumah, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. 

Contohnya masak bersama untuk dinner romantis kalian atau hanya untuk makan malan atau makan siang biasa. Menurut salah satu pakar hubungan, memasak bersama pasangan sebenarnya bisa menjadi praktik yang sangat sehat dalam hubungan. 

Jaime Bronstein, terapis hubungan berlisensi, mengatakan bahwa saat pasangan melakukan aktivitas bersama di dalam rumah mereka, itu memperkuat ikatan mereka. Rumah adalah di mana hati berada, ketika kamu telah menemukan pasanganmu, kamu merasa seperti berada di 'rumah', oleh karena itu menghabiskan waktu bersama di rumah bisa membantu kalian untuk lebih dalam. 

Menciptakan kenangan di rumah membantu memupuk hubungan sakral sebagai waktu intim bersama. Saat memprioritaskan satu sama lain, ini membuat kalian berdua merasa dicintai. Nah, memasak bisa menjadi salah satu cara memperkuat hubungan. Berikut 5 manfaat masak bareng pasangan di rumah bagi hubunganmu, dikutip dari laman Brides

1. Sebagai bahasa cinta act of service

unsplash.com

Ada ungkapan 'makanan adalah cinta', dan itu jelas sangat akurat. Makanan bisa menjadi kenangan atau mengobati hati yang sedang sedih. Baik memasak makanan bersama atau memasakkan pasanganmu, bisa menjadi cara untuk menjelaskan bahwa kamu mencintainya.

Ini merupakan sebuah tindakan bahasa cinta yang dikategorikan act of service. Tentu baik yang dibantu atau yang membantu akan merasa lebih baik karena merasa dicintai dan mencintai. Menemukan kesamaan dalam hal makanan juga cara yang bagus untuk mengungkapkan cinta satu sama lain.

2. Melatih kerja sama

unsplash.com

Ini mungkin terdengar sedikit klise, tetapi memasak bersama adalah cara yang sempurna untuk bekerja sama, yang adalah salah satu bagian dari hubungan. Saat memasak bersama kalian akan berkomunikasi, berbagi tanggung jawab, dan bahkan mungkin melatih kesabaran. 

3. Melatih berbagi tanggung jawab

unsplash.com

Ketika kamu atau pasanganmu mengeluh bahwa ia memikul lebih banyak tanggung jawab untuk memasak, misalnya untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam, cobalah berdiskusi untuk mengungkapkan soal berbagi tanggung jawab.

Jaime Bronstein menyarankan untuk mengawali percakapan dengan, "Aku mencintaimu" dan katakan betapa bersyukurnya kamu atas semua yang ia lakukan untukmu, lalu tambahkan permintaanmu dengan cara yang penuh kasih dan lembut.

Jelaskan bahwa kamu senang memasak untuknya. Namun, kamu akan sangat menghargai jika ia bisa memasak untukmu sesekali atau setidaknya membantumu memasak. Ini membantu kalian untuk melatih berbagai tanggung jawab.

4. Bersenang-senang

unsplash.com/istockphoto

Sederhananya, memasak bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai dan bersenang-senang sambil menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan. Memasak bersama terlihat seperti bermain dibanding sebagai tugas harian, tentu ini akan diliputi dengan sikap positif dan riang, serta menyenangkan.

Selain mengubah perspektif seputar memasak makan malam bareng, memasak bersama adalah kesempatan besar bagi pasangan untuk merencanakan sesuatu yang istimewa.

Memasak makan malam bersama dengan musik sebagai latar belakang, minum segelas anggur, atau mungkin menari di dapur sambil menunggu makanan matang, bisa sangat menyenangkan. Selalu ada kemungkinan hal itu dapat mengarah ke waktu intim setelah makan malam dan membuat kalian dalam mood yang bagus.

5. Mengembangkan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah

pexels.com/anna-shvets

Memasak dengan pasangan membutuhkan komunikasi yang baik, mulai dari instruksi memotong hingga mengatur waktu makanan hingga matang. Saat kalian bekerja di dapur bersama, kalian akan berkomunikasi dan pada akhirnya harus menyelesaikan masalah bersama.

Misalnya, apakah perlu menambahkan terlalu banyak bawang, bagaimana mengatasi sausnya yang jadi terlalu asin, atau hanya memutuskan siapa yang akan bertanggung jawab untuk memasak menu satu dan lainnya. Mengembangkan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah secara teratur akan membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih baik bersama.

Itulah 5 manfaat masak bareng pasangan untuk memperkuat hubunganmu. Mau coba, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married