Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tiga Kali Kawin-Cerai, Ini Kisah Cinta Engku Emran yang Berliku

Engku Emran: "Pernikahan itu sulit"

Natasha Cecilia Anandita

Engku Emran, mantan suami Laudya Cynthia Bella, dikabarkan bercerai lagi dengan istrinya, aktris Noor Nabila. Kabar keretakan rumah tangga Engku Emran dan Noor Nabila memang sudah lama muncul, tepatnya sejak setahun lalu. 

Kala itu, Noor Nabila sempat menghapus foto sang suami dari media sosialnya. Kini, keduanya memilih berpisah setelah dua tahun menikah. Banyak yang menyoroti kisah cinta Engku Emran yang berulang kali menikah dan bercerai. Berikut lika-liku percintaan Engku Emran dari pernikahan pertamanya hingga cerai dengan Noor Nabila. 

1. Menikahi aktris Malaysia, Erra Fazira

Dok. Internet

Kisah cinta Engku Emran berawal dari hubungannya dengan aktris Malaysia, Erra Fazira. Keduanya mengucap ijab kabul pada tahun 2007 lalu. Dari pernikahan itu, Engku Emran dan Erra Fazira dikaruniai seorang putri bernama Engku Aleesya. Langgeng selama tujuh tahun, sayangnya pernikahan Erra Fazira dan Engku Emran berakhir di meja hijau. Keduanya resmi bercerai pada 17 Februari 2014. 

2. Buka hati untuk Laudya Cynthia Bella

Dok. Internet

Usai pisah dari Erra Fazira, Engku Emran kembali membuka hatinya untuk aktris Indonesia, Laudya Cynthia Bella. Kisah asmara mereka begitu menarik perhatian, walau dijalani secara tertutup. Pasangan ini pacaran selama lima bulan sampai akhirnya memutuskan untuk berlanjut ke jenjang pernikahan.

Persiapan pernikahan mereka hanya kurang dari satu bulan, bahkan Bella tak mengunggah apa pun terkait momen bahagianya tersebut. Engku Emran dan Bella menikah pada 8 September 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Menurut Engku, Bella adalah seseorang yang cantik, mempunyai kepribadian yang sangat lemah lembut, mempunyai sifat keibuan, serta memiliki ilmu agama yang teguh, dan sangat penyayang.

3. Pernikahannya tak bertahan lama

Dok. Internet

Dua tahun membina rumah tangga, perjalanan cinta mereka berakhir dengan perpisahan. Awalnya, Bella ingin menutupi masalah rumah tangganya dari publik. Tapi, akhirnya ia berbicara tentang perceraiannya. 

Sebelum berpisah, pasangan ini memang sering LDR (long distance relationship). Engku Emran berada di Malaysia karena pekerjaan dan mengasuh anaknya, sedangkan Bella bolak-balik ke Jakarta untuk alasan pekerjaan. Keretakan rumah tangga mereka mulai tercium pada Oktober 2019. 

Tahun berikutnya, yakni 2020, pasangan ini memutuskan bercerai. Bella mengaku kesulitan beradaptasi dengan perbedaan umur dan negara tempat mereka tinggal. Aktris 35 tahun itu menjelaskan bahwa mereka berdua sudah sama-sama sepakat untuk berpisah secara baik-baik.

4. Jalin hubungan diam-diam dengan seleb Malaysia

Dok. Internet

Setelah cerai dengan Laudya Cynthia Bella, Engku Emran menjalin kasih lagi dengan seleb Malaysia, Noor Nabila. Walau banyak kode-kode cinta yang ditunjukkan, tapi Engku dan Noor berusaha menutupi hubungan mereka dari media.

Apalagi Noor sempat dituding menjadi orang ketiga dari hubungan Engku dan Bella. Desas-desus hubungan mereka semakin valid kala beredar video Engku dan Noor sudah melangsungkan pertunangan secara diam-diam.

5. Menikah dan bercerai untuk ketiga kalinya

Dok. Internet

Tak lama setelah berita pertunangannya beredar, Engku Emran dan Noor Nabila melangsungkan pernikahan secara sederhana di Masjid At Taqwa, Kuala Lumpur pada 19 Maret 2021. Maskawinnya sederhana, yakni sebuah cincin, dan dihadiri 30 orang karena harus sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 kala itu.

Pernikahan ini menjadi pernikahan ketiga untuk Engku Emran dan Noor Nabila, karena mereka sama-sama pernah dua kali berumah tangga. Satu tahun menikah, rumah tangga mereka mulai terdengar retak. Keduanya terlihat tak lagi mengunggah foto bersama. 

Noor juga sempat geram dengan sang suami. Sejak Januari 2023, Engku sudah keluar dari rumah dan tak tinggal bersama. Keinginan untuk bercerai juga mulai diungkap sejak saat itu. Kini keduanya benar-benar sudah tak bersama. Menurut klarifikasi Engku Emran di Instagram, pernikahan merupakan hal yang sulit. 

Sementara Noor sendiri mengatakan perpisahan mereka karena tak mampu berada di antara satu sama lain dan saling berkorban. 

"Sepatutnya kita pasangan suami istri saling berkorban dan senantiasa ada untuk satu sama lain dalam keadaan apa pun. Malangnya, kami tak mampu jadi pasangan seperti itu," ujar Nabila.

Itu dia kisah cinta penuh lika-liku Engku Emran yang tiga kali nikah-cerai.

IDN Media Channels

Latest from Married