Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tanda Kamu Terlalu Buru-Buru Ingin Menikah

Cermati tanda-tandanya

Astri Amalia

Sebelum memutuskan untuk menikah, tentu kamu perlu memastikan kesiapan diri dengan baik, termasuk dari segi mental, emosional, hingga finansial. Jangan sampai kamu terlalu buru-buru dan malah mengakibatkan permasalahan pelik di masa yang akan datang. Lantas, apa tanda jika kamu ternyata terlalu tergesa ingin menikah? Berikut Popbela berikan jawabannya khusus untukmu. Keep scrolling!

1. Kamu terlalu dimabuk asmara

unsplash.com/Ulyana Tim

Tanda yang pertama adalah kamu terlalu dimabuk asmara. Kamu sangat yakin bahwa pasanganmu saat ini adalah orang yang tepat, meski baru mulai berkencan dengannya. Sebaiknya, berikan waktu agar kalian berdua mengenal lebih jauh, sehingga ke depannya, kamu benar-benar mantap dengan langkahmu menuju jenjang pernikahan.

2. Kamu berpikir bahwa pasangan yang cepat menikah selalu berhasil dalam pernikahan

pexels.com/mikhail-nilov

Tanda kedua adalah kamu dengan giat mencari pasangan yang sangat cepat memutuskan untuk menikah dan berhasil dalam pernikahannya. Dengan demikian, kamu seolah memvalidasi argumen bahwa keberhasilan pernikahan nggak bergantung pada berapa lama pasangan berkencan.

3. Merasa kesepian

Pixabay.com/Hieu Van

Jika saat ini kamu mendapatkan banyak undangan pernikahan dari teman-temanmu, bukan berarti kamu juga harus menikah secepat mungkin. Kamu mungkin akan merasa kesepian karena terkesan "ditinggalkan". Akan tetapi, lebih baik merasa kesepian dan terus belajar mempersiapkan diri, dibandingkan tergesa menikah tapi nggak yakin dengan keputusanmu itu.

4. Merasa sangat siap walaupun belum menguji hubunganmu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Apakah kamu merasa siap menikah saat ini, walaupun kamu sebenarnya belum tahu bagaimana cara pasanganmu dalam mengatasi permasalahan?

Jika jawabanmu iya, berarti hubunganmu belum benar-benar diuji. Pernikahan bukan hanya seputar sukacita, tapi bagaimana tiap pasangan mampu menghadapi duka dan mengelola emosi dengan baik.

Pastikan kamu memahami cara pasanganmu menghadapi sebuah permasalahan, sebelum melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

5. Kamu sudah siap menikah, namun masih merasa asing dengan keluarga dan teman pasanganmu

pexels.com/Nicole Michalou

Seberapa baik kamu mengenal keluarga dan teman pasanganmu, Bela? Jika kamu masih merasa asing dengan mereka, berarti kamu saat ini terlalu tergesa ingin menikah. Ingatlah bahwa kelak keluarga dan teman pasanganmu akan menjadi bagian dari kehidupan pernikahanmu.

6. Merasa yakin menikah meski belum melakukan percakapan bermakna

unsplash.com/Olivia Bauso

Apakah saat kamu memutuskan ingin menikah, kamu sudah berbicara secara mendalam dengan pasanganmu? Jika jawabannya belum, sangat jelas kalau kamu bergerak terlalu cepat dalam hubunganmu itu.

Kita semua tahu bahwa komunikasi adalah salah satu dasar pernikahan yang langgeng. Jadi, bagaimana kamu tahu dia orang yang tepat apabila kamu nggak tahu keyakinan, nilai, dan bahkan tujuan hidup pasanganmu?

7. Kamu sudah siap, tetapi pasanganmu belum

unsplash.com/Victoria Priessnitz

Apabila selama ini hanya kamu saja yang bersemangat membahas seputar pernikahan, namun pasanganmu kelihatan nggak tertarik sama sekali, kemungkinan besar dia belum siap untuk menikah. Memikirkan kesiapan pasangan tentu hal mutlak dalam mempertimbangkan sebuah pernikahan.

Jadi, jika kamu merasakan hal ini, tandanya kamu memang terlalu terburu-buru ingin menikah. 

8. Merasa takut kesulitan untuk memiliki anak di usia tertentu

Pexels.com/Liza Summer

Banyak perempuan yang mematok usia tertentu untuk menikah karena khawatir akan sulit untuk memiliki keturunan di kemudian hari. Situasi ini tentu dapat menyebabkan perempuan ingin buru-buru menikah dan membangun keluarga sendiri.

9. Kamu merasa sangat khawatir jika belum menikah

pexels.com/MART PRODUCTION

Mendasari pilihan untuk melangkah ke jenjang pernikahan hanya karena khawatir belum menikah adalah tanda lainnya jika kamu terlalu tergesa. Ini jelas alasan yang salah untuk memutuskan sesuatu hal yang amat sakral dan penting dalam hidupmu.

10. Kamu selalu membahas topik seputar pernikahan

popsugar.com

Apakah kamu selalu mencoba membuka topik seputar pernikahan dengan pasanganmu?

Jika jawabannya iya dan bahkan kamu sudah punya perencaan detail seputar rumah impianmu, berapa jumlah anak yang kamu inginkan, dan hal lainnya seputar pernikahan, bisa jadi ini tanda kalau kamu terlalu buru-buru.

Sebenarnya sangat baik untuk memiliki perencanaan mendetail seperti itu, tapi kalau pasanganmu nggak pernah menanggapinya, jangan-jangan kamu memang tergesa ingin menikah.

Jadi itulah 10 tanda kalau kamu terlalu buru-buru ingin menikah. Ingatlah bahwa kesiapan pasangan untuk menikah dan perencaan yang matang adalah kunci suksesnya rumah tanggamu di masa yang akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Married