Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Itu Bank Cinta dan 5 Prinsipnya dalam Hubungan Pernikahan

Jangan sampai saldo di rekening bank cintamu nol, Bela!

Astri Amalia

Setiap pasangan pasti menginginkan pernikahan yang sehat dan bahagia. Untuk mencapai hal tersebut, tentu dibutuhkan kesediaan dari tiap pasangan dalam menjaga romansa agar tetap menggelora di sepanjang pernikahan. Karena apabila romansa mulai meredup, hubungan pernikahan pun terancam mengalami kegoyahan.

Menurut seorang pakar perkawinan, Dr. William Harley, romansa dalam pernikahan dapat senantiasa menggelora apabila tiap pasangan mampu menjaga saldo di dalam rekening bank cintanya.

Lantas, apa itu bank cinta? Yuk, kita simak bersama penjelasannya berikut ini. 

Apa itu 'Bank Cinta'?

pexels.com/Yulia Polyakova

Bank cinta atau love bank merupakan konsep yang menjelaskan cara (alam bawah sadar) emosi kita melacak bagaimana seseorang memperlakukan kita. Saldo dalam rekening bank cinta senantiasa berubah-ubah, tergantung pengalaman yang dirasakan setiap orang dalam hubungannya. Saldo akan bertambah jika pengalaman baik terjadi, begitupun sebaliknya.

Dalam hubungan pernikahan, setiap pasangan idealnya harus menjaga agar penarikan saldo di rekening bank cinta tidak terus terjadi, agar pernikahan dapat berjalan dengan baik.

Ada beberapa prinsip yang mendasari konsep bank cinta. Berikut 5 prinsip bank cinta yang dikutip dari laman After My Affair.

1. Saat kita melakukan lebih banyak penarikan daripada deposit, rekening kita akan menjadi nol

Freepik.com

Seseorang yang membuatmu nggak bahagia, atau sering kali kamu kaitkan dengan perasaan negatif, dapat membuatmu melakukan penarikan saldo secara terus-menerus di bank cintamu. Apabila saldo dalam bank cintamu berada di bawah nol, Dr. William berpendapat bahwa itu bisa berubah menjadi bank kebencian.

Ia berkata, "Anda tidak akan menyukai saldo negatif yang rendah atau sedang, tetapi jika saldo berada di bawah "ambang batas kebencian, Anda akan membenci orang tersebut."

2. Kita lebih rentan untuk mengosongkan rekening 'Bank Cinta' pada musim-musim tertentu dalam pernikahan

Freepik.com/wavebreakmedia

Pernikahan sering kali terasa hambar di musim-musim tertentu dalam kehidupan pasangan suami istri. Beberapa contoh musim yang paling rentan di antaranya:

  • Kelahiran anak
  • Tuntutan waktu kita dengan anak di rumah
  • Merawat orang tua yang sudah lanjut usia
  • Tingkat stres yang lebih tinggi dibanding biasanya
  • Masalah kesehatan
  • Adanya perubahan dalam hidup yang mendadak
  • Kematian
  • Sering berpindah rumah
  • Adanya masalah keluarga, atau konflik yang menegangkan
  • Terdapat permasalahan dalam pekerjaan
  • Pasangan yang seringkali berada jauh dari rumah

Sebenarnya, hal tersebut normal terjadi di setiap hubungan pernikahan. Yang terpenting tiap pasangan mau mempelajari cara menjaga agar simpanan bank cinta tetap tinggi, sehingga hubungan pernikahan dapat berjalan langgeng dan harmonis.

3. Adanya cinta romantis dan cinta atas dasar kepedulian

Freepik.com

Prinsip bank cinta selanjutnya adalah keberadaan cinta romantis dan cinta atas dasar kepedulian dalam hubungan pernikahan. Definisi cinta romantis ialah perasaan jatuh cinta yang diciptakan oleh otak setiap kali kondisi tertentu terpenuhi. Namun, jika dalam beberapa kondisi nggak terpenuhi, otak pun akan menghilangkan emosi cinta.

Sedangkan cinta atas dasar peduli diartikan sebagai keputusan untuk merawat pasangan, agar pasangan merasa bahagia. Cinta atas dasar kepedulian dalam pernikahan akan menjadi lebih dalam saat tiap pasangan mampu memenuhi kebutuhan emosional satu sama lain. Dari sinilah cinta romantis pun bisa terpantik.

4. Kebutuhan emosional pasangan mesti terpenuhi

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Laki-laki dan perempuan dikatakan cenderung memiliki kebutuhan emosional yang berbeda. Menurut Dr. William, kebutuhan emosional rata-rata tiap laki-laki yang paling penting ialah pemenuhan kebutuhan seksual, melakukan aktivitas menyenangkan bersama pasangan, daya tarik fisik, kekaguman, dan dukungan domestik.

Sedangkan kebutuhan emosional rata-rata tiap perempuan yang dianggap paling penting meliputi kasih sayang, percakapan, kejujuran dan keterbukaan pasangan, dukungan finansial, serta komitmen keluarga.

Saat kebutuhan emosional ini terpenuhi, bank cinta pun akan menyimpan saldo cinta lebih banyak dalam hubungan pernikahan. Sebaliknya, jika banyak dari aspek di atas yang nggak terpenuhi, saldo cinta akan otomatis berkurang yang berujung membuat kita membenci pasangan.

5. Penyetoran dan penarikan saldo cinta didasari oleh perilaku yang pasangan tunjukkan

Pexels.com/Katerina Holmes

Saat seseorang telah menikah cukup lama, mudah untuk menunjukkan sisi buruk dirinya, terlebih adanya anggapan bahwa pasangan akan senantiasa mencintainya apa adanya. Akan tetapi, hal ini sebenarnya bisa merugikan tiap pasangan dalam hubungan pernikahan.

Sisi buruk ini bisa dicontohkan seperti ketidakmampuan berkomunikasi secara efektif, tidak pernah melakukan tindakan kebaikan kecil pada pasangan, dan lain sebagainya.

Padahal, hal tersebut akan menguras saldo yang ada di dalam rekening bank cintanya. Apabila saldo terus berkurang, pernikahan pun menjadi rentan goyah dan dipenuhi kehampaan.

Nah, jadi itulah penjelasan mengenai bank cinta dan 5 prinsipnya dalam hubungan pernikahan. Semoga bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married