Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Latihan untuk Meningkatkan Keintiman Emosional dengan Pasangan

Sangat mudah dan sederhana

Astri Amalia

Keintiman emosional diartikan sebagai kedekatan dan koneksi di antara dua orang untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman satu sama lain. Dalam hubungan pernikahan, keintiman emosional ditandai dengan adanya perasaan aman saat berbagi permasalahan pada pasangan, mampu melakukan percakapan mendalam, hingga memiliki rasa cinta kasih yang begitu dalam satu sama lain.

Keintiman emosional merupakan aspek penting dalam kebahagiaan dan langgengnya hubungan pernikahan. Saat keintiman emosional berkurang, hubungan akan terasa dangkal dan minim koneksi, sampai bisa menimbulkan perasaan kesepian.

Kalau kamu saat ini merasakan kurangnya keintiman emosional dengan pasangan, jangan khawatir, karena Popbela sudah merangkum 6 latihan untuk meningkatkan keintiman emosional dengan pasangan, yang dilansir dari laman Marriage berikut ini. Scroll artikelnya hingga selesai ya, Bela!

1. Tujuh napas

freepik.com/cookie_studio

Latihan yang pertama ialah tujuh napas. Latihan ini dimulai dengan duduk berhadapan dengan pasangan di tempat yang nyaman, bisa di lantai, tempat tidur, ataupun kursi. Jika sudah merasa cukup nyaman, peganglah tangan pasanganmu lalu tutup mata dan condongkan tubuhmu sampai dahi kalian bersentuhan. Kemudian, tarik napas dalam bersama-sama, setidaknya 7 tarikan napas untuk mencapai kondisi rileks.

Meskipun latihan ini kemungkinan menimbulkan rasa canggung di awal bagi beberapa pasangan, tetapi jika dilakukan secara konsisten akan membantu untuk mendapatkan ketenangan, keamanan, dan menumbuhkan keintiman emosional di antara pasangan.

2. Menatap mata satu sama lain

pexels.com/marina-abrosimova

Untuk melakukan latihan kedua ini, kamu perlu duduk berhadapan dalam posisi yang nyaman dengan pasanganmu, persis seperti latihan pertama. Kamu bisa melibatkan sedikit sentuhan, seperti menggenggam tangan pasanganmu atau lain sebagainya, asalkan tidak bersifat seksual.

Kalau kamu baru mencoba aktivitas ini, mulailah dari durasi dua menit. Apabila sudah mulai terbiasa, silahkan tambahkan durasi sesuai dengan kebutuhanmu dan pasangan.

Saat menatap mata satu sama lain, kamu bisa ungkapkan perasaanmu selama latihan berlangsung, atau hanya duduk hening sembari menikmati waktu kebersamaan dengan pasangan.

3. Lakukanlah percakapan sehari-hari

pexels.com/katerina-holmes

Menghabiskan tiga puluh menit berkualitas dengan pasangan di rumah dan membicarakan seputar kondisi sehari-hari adalah latihan yang mampu menumbuhkan keintiman emosional dengan cepat dan efektif. Ungkapkan tentang banyak hal yang terjadi dalam hidupmu di dalam satu hari, termasuk hal-hal yang membuatmu bahagia, kesal, yang kamu nikmari, dan lain sebagainya.

Meski terkesan remeh, tapi percakapan sederhana sehari-hari seperti ini mampu memupuk kepercayaan dan rasa aman di dalam hubunganmu dengan pasangan, Bela. Jadi jangan lupa luangkan waktu 30 menit untuk bercakap-cakap dengan pasangan sebaik mungkin, ya.

4. Berikan sentuhan kecil pada pasangan

Pexels.com/Jasmine Carter

Faktanya, keterhubungan atau sentuhan fisik dapat menyuburkan kembali hubungan yang sempat gersang akibat kurangnya keintiman. Dalam latihan satu ini, duduklah di samping atau di seberang pasanganmu, lalu tautkan jari satu sama lain, dan tutup mata.

Beberapa menit sekali, luangkan waktu untuk benar-benar merasakan tangan pasangan dan fokuskan pada pergerakannya. Kamu mungkin akan menemukan hal menarik saat ia menautkan jarinya, yang selama ini nggak kamu sadari.

5. Gunakan metode "5 Hal..."

Pexels.com/Trần Long

Metode “5 Hal…” merupakan latihan lainnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan keintiman emosional dengan pasangan, Bela. Caranya, tulis beberapa topik dalam kertas yang telah dipotong jadi bagian kecil, lalu masukkan ke dalam sebuah toples. Contoh topiknya bisa meliputi, “5 hal yang membuatku tersenyum hari ini” atau “5 hal yang ingin aku lakukan selain duduk di tempat kerja” dan lain sebagainya.

Atau kamu dan pasangan bisa secara spontan bergiliran memilih topik, tanpa harus menuliskannya di secarik kertas terlebih dahulu. Lakukanlah latihan ini setiap kali percakapan mulai terasa membosankan.

6. Berpelukan

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Meski terdengar kuno, tapi jangan ragukan kekuatan pelukan dalam meningkatkan keintiman emosional dengan pasangan. Kamu bisa lakukan latihan ini baik secara spontan, maupun direncakanan. Yang terpenting, peluk eratlah tubuh pasangan dalam beberapa menit dan gunakan seluruh panca inderamu sembari menarik napas dalam bersama.

Itulah 6 latihan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keintiman emosional dengan pasangan. Jangan lupa untuk coba latihannya secara rutin ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married