Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pasangan Suami Istri, Ini 7 Resolusi Supaya Makin Awet di Tahun 2019

Siap-siap menghadapi tahun baru

Amalia Azizah

Tahun baru dengan status baru. Tentu hal tersebut akan benar-benar sangat baru bagi pasangan yang baru menikah. Menurtu psikolog Ajeng Raviando, lima tahun pertama pernikahan merupakan masa rentan. Hal tersebut maklum jika banyak mengalami perbedaan karena keduanya masih saling sama-sama meraba tentang karakter masing-masing.

Nah, Bela, ada baiknya jika kamu baru menikah, cobalah membuat resolusi bersama pasangan. Kira-kira resolusi apa saja ya yang harus ada dalam resolusi kalian?

1. Saling memberikan lebih banyak pujian

Pexels.com/Bruce Mars

Salah satu cara kita menghargai pasangan adalah dengan memberinya komplimen atas apa yang pernah ia berikan atau korbankan. Meskipun hal sepele, rasa terima kasih sangat bisa membantu membuat hubungan kalian menjadi lebih harmonis. Kebanyakan pasangan yang berpisah rata-rata kurangnya rasa penghargaan dari masing-masing pasangan.

2. Buatlah satu sama lain merasa saling menginginkan

Pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Bagaimana perasaanmu jika kamu diinginkan oleh seseorang? Pasti merasa sangat berharga ya, Bela. Jadi lebih merasa bahwa kehadiran kita benar-benar berarti. Salah satu hal yang harus ada dalam resolusimu yakni adalah bersikap saling menginginkan.

3. Lebih banyak saling berdiskusi

Unsplash.com/Andrew Welch

Diskusi adalah cara kita untuk memahami seseorang. Dengan banyaknya berdiskusi membuat kita jadi lebih memahami karakter pasangan kita. Kalian jadi memiliki sudut pandang yang lebih luas. Dengan luasnya sudut pandang membuat kalian jadi jarang bertengkar. Luasnya sudut pandang juga membuat kalian berpikir bijak.

4. Lebih banyak saling mendengarkan

Unsplash.com/Alex Holyoake

Kadang kita lupa mendengarkan. Ada pepatah mengatakan Tuhan sengaja menciptakan dua telinga dan hanya satu mulut. Hal tersebut diberi makna bahwa kita sebagai manusia lebih harus banyak mendengarkan ketimbang berbicara. Apalagi jika berbicara hal yang kurang baik dan kurang bermanfaat. Dari mendengarkan kita belajar banyak hal.

5. Lebih banyak bercinta

Unsplash.com/Pablo Heimplatz

Ternyata Bela, penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang melakukan hubungan seks hanya enak kali dalam sebulan ditemukan memiliki mood yang jelek. Menurut Tracey Cox seorang pakar Dtaing, Sex and Relationship, durasi idela pasangan untuk melakukan seks bagi kesehatan adalah 3-4 kali seminggu. Dengan lebih banyak bercinta, kalian bukan hanya akan menjadi lebih harmonis melainkan jadi lebih sehat juga secara fisik dan mental.

6. Saling memberi kejutan

Unsplash.com/Joshua Adam Nolette

Kadang karena sudah merasa memiliki, kita jadi nggak begitu memperhatikan pasangan apalagi memberi kejutan. Padahal, memberi kejutan merupakan salah satu cara agar kalian nggak cepat bosan selama berumah tangga. Kejutan akan memberikan pengalaman indah dan bahagia untuk masing-masing kalian. Selain itu, kejutan juga membuat pernikahan kalian jadi lebih hidup dan asyik. Dijamin nggak akan bosan, Bela.

7. Saling berdandan untuk satu sama lain

Pexels.com/Inna Lesyk

Sering ya, Bela, banyak yang setelah menikah jadi kurang merawat diri. Tampil cantik atau ganteng di depan pasangan ketika saat masih pacaran menjadi hal yang nggak diprioritaskan setelah berumah tangga. Padahal, saling berdandan satu sama lain merupakan bukti kita menghargai pasangan kita. Nggak heran jika sering kita temui beberapa pasangan yang berselingkuh karena merasa nggak puas dengan pasangannya salah satunya karena nggak menjaga penampilan. 

IDN Media Channels

Latest from Married