Menjelang akhir tahun begini pasti banyak deh yang melaksanakan acara lamaran atau pernikahan. Nah biasanya nih, pernikahan nggak jauh dari peran bridesmaid, lho. Bridesmaid biasanya adalah sahabat, adik, kakak, saudara sepupu, atau sanak keluarga lainnya yang dekat dengan calon pengantin perempuan.

Kalian yang udah pernah diminta jadi bridesmaid pasti senang banget ya, dan ada rasa bangga tersendiri. Buat yang belum pernah merasakan jadi bridesmaid, sebenarnya apa dan ngapain saja sih tugasnya? Ini do’sand dont’s sebagai bridesmaid.

1. Bantulah persiapan pernikahannya.

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidPinterest

Apapun yang ingin disiapkan, cobalah untuk membantu apa yang bisa kamu bantu. Bukan berarti kamu harus berkomunikasi dengan vendornya, tapi lebih bisa meluangkan ekstra waktu untuk membantu printilan-printilan lainnya yang berhubungan dengan hari pernikahannya. Tawarkan diri untuk membantu, intinya adalah menjadi sukarelawan, dan tanyakan pada calon pengantin perempuan "Ada yang bisa dibantu nggak?," atau mungkin kamu berinisiatif untuk menarikan referensi beberapa vendor ok atau paket honeymoon mungkin?

2. Temani calon pengantin perempuan saat memilih baju untuk hari H.

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidBridestory

Kamu nggak harus menemani dia setiap memilih-milih baju pengantin. Tapi kalau dia memintamu untuk ikut, jangan menolaknya ya. Dia ingin kamu ikut membantunya untuk memilih yang terbaik. Kalian juga bisa berdiskusi bersama tentang baju pengantin, apa plus minusnya. Selain itu kamu juga bisa membantu memilih perhiasan dan aksesoris pernikahan lainnya.

3. Buatkan acara kecil-kecilan.

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidPinterest

Kamu dan teman-teman bridesmaid lainnya bisa merencanakan acara bridal shower dalam rangka menyambut berakhirnya masa lajang si calon pengantin perempuan. Seru banget, lho. Pasti dia happy banget. Tapi kalau kalian tidak ada budget untuk membuatkan tersebut, kamu bisa memberikan hadiah kecil atau surat ucapan sebagai gantinya.

4. Jika ada acara gladi resik, ikutlah.

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidPinterest

Supaaya nggak salah sikap dan jadinya malu sendiri, nggak ada salahnya mengikuti gladi resik. Hitung-hitung bisa menambah wawasan kamu tentang pernikahan dan persiapannya.

5. Jalankan tugas pada menit-menit terakhir di hari H.

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidBridestory

Jika tidak menggunakan wedding organizer pada hari pernikahan, bantulah untuk mengkonfirmasi ke beberapa pihak vendor terkait, ya. Mulai dari rangkaian bunga, katering, band, dan lainnya.

6. Jangan banyak mengeluh.

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidInstagram.com/Bridestory

Pasti banyak hal yang membuatmu stres, entah itu dikejar-kejar waktu, membantu mengurus baju pengantin, dan lainnya. Ingat bahwa ini adalah hari bahagia sahabat kamu. Jadi pastikan untuk tidak mengeluh ya, walaupun sangat melelahkan dan membuat stres.

7. Beri dukungan!

Sudah Tahu Belum? Ini 7 Tugas yang Perlu Dilakukan BridesmaidPinterest

Terakhir ini sangat penting. Berikan banyak dukungan emosional kepadanya, ya. Mulai dari masa perencanaan dan pada hari pernikahan. Good luck, Bela!

BACA JUGA: Jadi Bridesmaid? Ini 4 Tips Makeup yang Harus Kamu Tahu​