Menjaga hubungan jangka panjang agar tetap hidup penuh cinta merupakan pekerjaan yang tak pernah selesai bagi siapa saja yang terlibat di dalamnya. Seperti yang kamu ketahui, fase awal suatu hubungan alias PDKT memanglah yang terbaik! Setiap percakapan dan segala sentuhan yang datang dari si dia terasa begitu manis hingga sukses membuat kamu terbuai dan selalu ingin lebih. Namun, nggak banyak yang dapat mempertahankannya, lho.

Jangan menunggu sampai kamu atau pasangan berada pada titik jenuh dan hilang rasa, deh. Percayalah, nggak ada yang salah dengan fase keterikatan ini, kok. Kamu hanya butuh sedikit usaha agar hubungan ini tetap hidup dan penuh cinta.

Tetapi sebelum itu, ketahui 4 hal terpenting untuk menjaga hubungan tetap penuh cinta.

1. Kedua belah pihak harus saling memberikan usaha agar hubungan bangkit kembali

4 Hal Terpenting untuk Menjaga Hubungan Tetap Penuh Cintaunsplash.com/Charly Pn

Terkadang, hubungan yang terasa sedikit nggak bersemangat atau lesu hanya butuh sedikit dorongan, lho. Lakukan sesuatu yang baru untuk menyuntikkan kembali gairah ke dalam hubungan kamu, ya. Misalnya seperti membangun dan mempererat koneksi dengan pasangan melalui makan malam romantis yang dilanjutkan dengan obrolan mendalam alias deep talks.

Jangan menunggu sampai kamu dan si dia berhenti saling memandang dengan penuh kasih, deh. Membuat hubungan kamu tetap hidup dan penuh cinta merupakan pekerjaan yang takkan pernah berhenti, Bela. So, tetaplah bersemangat untuk membuat cinta terus tumbuh di dalamnya, ya.

2. Ada banyak cara menyenangkan untuk menghidupkan kembali sebuah hubungan

4 Hal Terpenting untuk Menjaga Hubungan Tetap Penuh Cintahttps://www.pexels.com/@anastasia-shuraeva

Nggak melulu serius, membuat hubungan kamu tetap hidup dan penuh cinta dapat kamu lakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, kok! Beberapa hal seperti mengenang situasi konyol yang terjadi pada masa-masa PDKT bersama si dia, saling memberi kencan kejutan untuk satu sama lain, dan saling melempar pertanyaan random dapat kamu coba, lho. Meski terdengar sederhana, hal-hal semacam ini dapat mengembalikan percikan-percikan cinta yang hampir padam.

3. Memahami bahasa cinta satu sama lain akan sangat membantu

4 Hal Terpenting untuk Menjaga Hubungan Tetap Penuh Cintahttps://www.pexels.com/@katerina-holmes

Memahami bahasa cinta yang kamu dan pasangan miliki dapat membuat komunikasi dalam hubungan menjadi lebih baik, lho. Seperti yang telah kamu ketahui, bahasa cinta merupakan cara seseorang untuk merasakan cinta dan penghargaan dari orang lain berdasarkan tipe kepribadian. Bahasa cinta yang umumnya orang-orang miliki terbagi ke dalam lima bentuk, yaitu afirmasi positif, tindakan pelayanan, menerima hadiah, quality time atau waktu berkualitas, dan sentuhan fisik.

4. Ketertarikan dan gairah itu selalu dapat dibangkitkan kembali

4 Hal Terpenting untuk Menjaga Hubungan Tetap Penuh CintaPexels.com/Nycolle Suabya

Fokuskan dirimu pada hal-hal dari pasangan yang dahulu kamu anggap amat menarik, ya. Ingat-ingat kembali masa dimana kamu menganggap si dia begitu istimewa dan luar biasa. Dengan begitu, besar kemungkinannya jika kamu akan merasakan kembali getaran yang sama seperti pertama kali melihatnya!

Meski mungkin kamu tertarik pada si dia karena penampilannya, teruslah menggali lebih dalam tentang dari mana cinta itu mulai tumbuh untuknya. Misalnya seperti, caranya tertawa, lelucon dan caranya berkelakar, atau cara si dia menghujani kamu dengan perhatian. Percayalah, ketertarikan itu sering kali berlapis-lapis, Bela.

Baca Juga: 6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan Bahagia

Baca Juga: 12 Tanda Hubungan Kamu Tidak Akan Bertahan Lebih Dari Tiga Bulan

Baca Juga: Apa Itu Hubungan Kodependen dan 7 Tanda Kamu Berada di Dalamnya