Nggak hanya dapat terjadi dalam pertemanan saja, perasaan insecure berlebihan juga bisa muncul ketika kamu berpacaran dengan orang lain, lho! Pada dasarnya, insecure memang memiliki makna yang luas. Namun pada intinya, perasaan insecure dalam sebuah hubungan adalah suatu kondisi dimana kamu kurang percaya diri atau punya ketakutan berlebih dan membutuhkan lebih banyak validasi.

Umumnya, perasaan insecure bisa muncul karena merasa tidak pantas untuk bersanding dengan pasangan. Padahal, bukankah dua orang yang saling mencintai akan selalu saling dukung agar dapat terus bertumbuh bersama?

Nah, sebelum tingkat insecure kamu bertambah parah hingga merusak keutuhan hubungan percintaan kamu, lakukan refleksi dan segeralah berhenti! Popbela telah merangkum informasi selengkapnya tentang bahaya dari perasaan insecure berlebihan dalam sebuah hubungan, nih. Barangkali, dapat membuatmu tersadar. Simak berikut ini, ya.

1. Curiga atau cemburu terhadap berbagai hal

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!Pexels.com/Cottonbro

Jika kamu menyimpan perasaan insecure berlebih dalam diri, kamu akan terdorong untuk terus-menerus curiga atau cemburu terhadap pasangan. Padahal, pasangan kamu mungkin tak berbuat macam-macam seperti misalnya mengkhianati kamu dengan berselingkuh. Percayalah, hal semacam ini justru dapat membuat pasangan kamu tak merasa nyaman, lho. Tak ingin hubungan kamu kandas hanya karena buah dari rasa insecure-mu, ‘kan?

2. Tidak merasa senang ketika pasangan mendapatkan pencapaian

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Selain itu, memelihara rasa tak percaya diri yang berlebihan juga akan membuat kamu sulit senang atas pencapaian pasangan, lho. Dengan begitu, bukan tidak mungkin apabila sikap saling mendukung akan menghilang dari dalam hubunganmu. Wah, bikin hubungan jadi jauh dari kata sehat, ya! Oleh karena itu, berhentilah insecure dan mulai cintai diri sendiri. Lagi pula, akan ada begitu banyak hal baik yang datang ketika kamu tak lagi ada dalam bayang-bayang rasa insecure, Bela.

3. Jadi ketergantungan

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!Pexels.com/Katerina Holmes

Perasaan insecure yang terlalu menancap kuat dapat pula membuat kamu menjadi ketergantungan dengan pasangan. Tentunya, hal ini turut pula didukung oleh adanya ketakutan berlebihan jika harus kehilangan si dia. Padahal, kemandirian adalah salah satu karakter penting yang harus kamu miliki sebagai seorang perempuan. Di samping itu, baik kamu maupun pasangan juga membutuhkan waktu untuk me time agar hubungan dapat tetap dikatakan sehat.

4. Sering kali bertengkar karena kesalahpahaman semata

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!pexels.com/Rodnae Productions

Umumnya, seseorang dengan tingkat insecure tinggi akan menciptakan permasalahan-permasalahan yang sebenarnya belum tentu ada. Sehingga, yang sering kali terjadi adalah pertengkaran tanpa makna dengan pasangan hanya karena kesalahpahaman semata. Apabila nggak segera kamu hentikan, hal ini dapat menghancurkan hubungan kamu lebih dalam lagi!

5. Nggak bisa memperlakukan pasangan dengan baik

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!freepik/drobotdean

Dalam hubungan apa pun, memperlakukan orang lain dengan baik adalah suatu keharusan. Nggak terkecuali dalam hubungan berpacaran! Namun dengan membiarkan perasaan insecure tumbuh subur di dalam diri, kemampuanmu yang alami untuk memberi perlakuan yang terbaik dapat terkikis secara perlahan. Maka dari itu, upayakan untuk selalu berfokus terhadap hal-hal yang positif dibandingkan dengan yang negatif, ya. Dengan begitu, lambat laun perasaan rasa insecure kamu dapat hilang.

6. Cenderung mudah stres dan depresi

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!https://www.pexels.com/id-id/@shvets-production

Rasa kurang percaya diri atau insecure juga dapat membuat kamu cenderung mudah stres dan depresi, lho. Bagaimana tidak? Perasaan insecure akan mendorongmu untuk overthinking tentang pasangan. Akhirnya, kamu jadi lebih sering gelisah dan cemas memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang hanya ada dalam kepalamu. Percayalah, ini hanya akan membuatmu semakin lelah menjalani hidup, Bela. So, hentikan dan enyahkan segera perasaan insecure kamu, ya!

7. Jadi sering menuntut pasangan

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!Pexels.com/Yan Krukov

Selain cenderung mudah stres dan depresi, orang yang memiliki rasa insecure biasanya juga sering menuntut pasangan untuk membuktikan kesungguhan cintanya. Ketika si dia tak dapat memenuhi ekspektasimu, akhirnya kamu jadi mudah mengeluh dan justru membandingkannya dengan orang lain. Padahal, hal semacam ini dapat berdampak buruk untuk kelangsungan hubungan kamu, lho.

8. Membuatmu merasa tak berharga

8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!Pexels.com/Cottonbro

Tanpa sadar, memupuk insecure dari hari ke hari dapat membuatmu merasa tak berharga, lho. Tidak lain dan tidak bukan, karena ada begitu banyak potensi dalam diri yang meredup dan bersembunyi di balik perasaan insecure kamu. Benar, nggak? Maka dari itu, yuk, buang jauh-jauh perasaan insecure dan biarkan diri sendiri bersinar!

Nah itulah beberapa bahaya yang akan timbul dari rasa insecure berlebihan dalam hubungan percintaan. Alih-alih memeliharanya lebih lama lagi, yuk, latih dan kembangkan kepercayaan diri perlahan-lahan! Dengan begitu, hubungan kamu dan pasangan dapat jauh lebih bahagia nan harmonis.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Insecure di dalam Hubunganmu

Baca Juga: Pasangan Kamu Romantis? Bisa Juga Jadi Tanda kalau Dia Insecure

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Insecure dalam Hubungan Asmara