Nama Kim Seon Ho terus menjadi sorotan usai seorang netizen yang disebut sebagai sosok A membuat unggahan panjang dan mengaku sebagai mantan pacar sang aktor. Ia membongkar soal hubungan mereka di masa lalu, juga skandal terkait Kim Seon Ho yang memaksanya melakukan aborsi.

Tiga hari setelah skandal terungkap, Kim Seon Ho akhirnya meminta maaf dan mengakui bahwa aktor yang dimaksud adalah dirinya. Namun, skandal ini dianggap janggal oleh banyak orang hingga akhirnya Dispatch turun tangan. Seperti diketahui, Dispatch adalah media Korea Selatan yang kerap membongkar skandal yang terjadi di kalangan selebriti.

Kali ini, Dispatch membongkar terkait kebenaran yang dianggap sudah diputarbalikkan dalam pengakuan A. Sosok A sendiri diketahui adalah mantan penyiar cuaca sekaligus influencer, Choi Young A. Berikut ini timeline hubungan Kim Seon Ho dan Choi Young Ah yang dirilis dalam laporan eksklusif Dispatch.

1. Awal pertemuan hingga berpacaran

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Dispatch melaporkan bahwa Kim Seon Ho dan Choi Young Ah pertama kali bertemu melalui kenalan mereka pada akhir tahun 2019. Pada awal Maret 2020, keduanya resmi berpacaran dan pada pertengahan Maret, Choi Young Ah mengaku pada Kim Seon Ho bahwa dia sudah pernah menikah dan bercerai.

Kim Seon Ho bingung dengan pengakuan itu dan curhat kepada seorang temannya. Namun, ia justru tidak masalah dengan status Choi Young Ah.

Aku ingin melanjutkan hubungan dengannya. Aku bertemu dengannya karena aku menyukainya. Tentu saja orangtuaku akan khawatir. Tapi bagiku menjadi seorang janda tidak mengubah apa pun," kata Kim Seon Ho pada temannya.

2. Sering melakukan kencan

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Pada April hingga Juni 2020, Kim Seon Ho dan Choi Young Ah sempat beberapa kali pergi berkencan. Mengutip dari Soompi, pasangan ini sempat berkencan Busan dan Gapyeong. Keduanya tampak menghabiskan waktu bersama dengan pergi ke kebun binatang, taman hiburan, dan pinggiran kota.

Dispatch menunjukkan bahwa hal ini bertentangan dengan pengakuan Choi Young Ah di unggahannya bahwa "mereka harus berkencan secara diam-diam, bahkan tak bisa berpegangan tangan di luar". Dispatch juga membagikan foto keduanya saat sedang berada di pet cafe di Pocheon bersama dengan anjing mereka, Ho Ah, pada Oktober 2020.

3. Sempat putus karena Choi Young Ah berbohong

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Pada Juli 2020, Choi Young Ah ketahuan berbohong dan mengingkari janjinya dengan Kim Seon Ho. Hal itu membuat Kim Seon Ho kecewa hingga akhirnya mereka putus. Choi Young Ah yang merasa bersalah kemudian membuat surat permintaan maaf untuk Kim Seon Ho.

Aktor drama Hometown Cha-Cha-Cha ini pun curhat pada temannya. Ia mengaku bahwa mereka putus karena Choi Young Ah ketahuan berbohong dan bertemu dengan laki-laki lain di sebuah klub. Namun, keesokan harinya Kim Seon Ho memaafkan Choi Young Ah. Keputusan itu ia ambil atas saran dari Tuan B, aktor teater yang berteman dekat dengan Kim Seon Ho.

4. Choi Young Ah hamil

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Pada 24 Juli 2020, Choi Young Ah menelepon Kim Seon Ho bahwa ia hamil dan dalam pengakuannya di media sosial, ia mendapat balasan sampah dari Kim Seon Ho. Namun, Tuan B memiliki cerita berbeda dan mengatakan bahwa Kim Seon Ho bersyukur dan meminta agar sang mantan tidak menangis.

Dispatch bahkan memiliki bukti bahwa Kim Seon Ho senang kalau memiliki bayi. Ia juga sangat berhati-hati dan menanyakan ulang tentang aborsi hingga pada akhirnya kedua belah pihak setuju untuk aborsi.

Pada 27 Juli 2020, saat akan melakukan aborsi, Choi Young Ah tiba-tiba berubah pikiran. Pada akhirnya, ia kembali setuju untuk melakukan aborsi diantar oleh B. Menurut pengakuan B, keputusan itu bukanlah hal yang mudah bagi Kim Seon Ho dan Choi Young Ah. "Saat saya pergi ke rumah sakit bersama Young Ah, Seon Ho pergi membeli bahan untuk sup rumput laut. Padahal dia tidak bisa masak sama sekali," ungkap B.

5. Kim Seon Ho merawat Choi Young Ah dan mengenalkan pada orangtuanya

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Dalam unggahannya, Choi Young Ah menulis kalau sikap Kim Seon Ho berubah total setelah aborsi. Dia juga mengatakan Kim Seon Ho telah mengingkari janjinya untuk menikahi dan mengenalkannya pada orangtuanya.

Akan tetapi, pengakuan berbeda justru disampaikan oleh teman Choi Young Ah, C. Pada akhir Juli 2020, Kim Seon Ho memperkenalkan Choi Young Ah kepada orangtuanya dan mereka pun menginap di sana. 

Selain itu, Kim Seon Ho juga membuat sup rumput laut selama dua minggu untuk Choi Young Ah dan memberikannya minuman herbal untuk memulihkan kesehatannya. Sup rumput laut sendiri biasanya dikonsumsi oleh perempuan yang baru saja melahirkan.

"Young Ah tetap dekat dengan orangtua Seon Ho setelah itu. Seon Ho juga mengadopsi seekor anjing yang diberi nama Ho Ah untuk Young Ah agar dia tidak akan kesepian saat sendirian," kata C.

6. Kim Seon Ho selalu membiayai gaya hidup mewah sang mantan

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Dalam pengakuannya, Choi Young Ah juga mengatakan bahwa Kim Seon Ho memiliki obsesi terhadap uang karena masa kecilnya yang agak kekurangan, sehingga Seon Ho hanya mengiriminya 2 juta won untuk biaya operasi dan rumah sakit.

Tapi lagi-lagi, hal itu dibantah oleh pengakuan salah satu teman Choi Young Ah, D. Menurut D, Kim Seon Ho sudah kesulitan dengan gaya hidup mewah yang dimiliki Choi Young Ah. Demi membahagiakan sang mantan pemain Start-Up itu bahkan memberikan hadiah Natal berupa tas seharga 7 juta won atau senilai Rp85 juta.

"Aku belum pernah melihat Choi Young Ah membayar. Biasanya Kim Seon Ho yang membayar. Dia bilang Kim Seon Ho suka barang mewah? Semua orang di sekitar kami tahu siapa yang benar-benar terobsesi dengan barang mewah," tutur D.

Sosok C dan D yang ditemui Dispatch merupakan kenalan Choi Young Ah. Namun, meski berteman, mereka berdua justru memihak Kim Seon Ho dan mengatakan kalau kebenaran sudah diputarbalikkan.

7. Masalah-masalah yang terjadi dalam hubungan mereka

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Pada 11 Januari 2021, Dispatch menerima email dari tetangga Choi Young Ah. Sumber tersebut menjelaskan tentang situasi antara Choi Young Ah dan mantan suaminya. Ia juga mengatakan bahwa seseorang yang tampaknya Kim Seon Ho sering terlihat ada di apartemen Choi Young Ah.

Pada saat itu, Choi Young Ah mengatakan pada orang terdekatnya bahwa ia mendapat ancaman dari orang-orang yang berhubungan dengan mantan suaminya. Kejadian ini juga diketahui oleh teman Kim Seon Ho, Tuan E.

"Kim Seon Ho pernah mengatakan bahwa dia mengalami kesulitan karena keadaan di sekitar Choi Young Ah. Saat itu, Choi Young Ah diancam, kemudian ada gangster yang mengejarnya, lalu istri mantan suaminya mengganggunya, dan dia juga sedang menjalani gugatan. Itu adalah situasi yang tak tertahankan," jelas Tuan E.

Selain itu, Tuan E juga menceritakan bahwa Choi Young Ah memiliki banyak file video keseharian Kim Seon Ho yang diambil secara diam-diam.

"Kim Seon Ho dan Choi Young Ah pernah saling memeriksa pesan KakaoTalk. Pada saat itu, Kim Seon Ho mengetahui banyak video dan rekaman audio dirinya yang disimpan di komputer Choi Young Ah. Coba Anda pikir dari sudut pandang Kim Seon Ho, bukankah itu menakutkan?" kata Tuan E.

8. Sempat break dan akhirnya putus

Terkuak! Ini 8 Kronologi Skandal Kim Seon Ho yang Diungkap DispatchInstagram.com/seonho__kim

Dengan banyaknya tekanan serta masalah yang terjadi, akhirnya Kim Seon Ho dan Choi Young Ah sepakat untuk break hubungan pada April 2021 dan secara resmi mengakhiri hubungan mereka pada Mei 2021. Keduanya putus karena kebohongan yang dilakukan Choi Young Ah dan ia tak bisa mengembalikan kepercayaan dalam aspek privasi terhadap Kim Seon Ho.

Dispatch menyatakan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan banyak orang dan mendengarkan cerita mereka. Menurut orang-orang yang dekat dengan mereka, Kim Seon Ho tidak putus dengan Choi Young Ah karena dia tiba-tiba terkenal. Malah selama ini ia sudah melakukan banyak cara untuk menyelamatkan hubungan mereka. 

Itulah timeline hubungan asmara yang terjalin Kim Seon Ho dan Choi Young Ah yang diungkap oleh Dispatch. Bagaimana menurutmu, Bela?

Baca Juga: Skandal Kim Seon Ho Sengaja Dibuat untuk Memperpanjang Kontrak Agensi?

Baca Juga: Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan Pacar

Baca Juga: Terungkap, Ini 6 Fakta Perempuan yang Diduga Mantan Pacar Kim Seon Ho