Menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR) memang bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan kesabaran, komunikasi, komitmen, dan tentu saja kepercayaan untuk membangunnya. Ketika kamu terpisah jarak dengan pasanganmu dan pertemuan menjadi hal yang langka, maka saling percaya adalah kunci utama agar hubungan kalian tetap bertahan. Bagi kamu yang sedang menjalani LDR, inilah 7 langkah untuk membangun kepercayaan dengan pasanganmu. 

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Untuk membangun kepercayaan, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah kenali segala hal tentang pasanganmu. Pahami bagaimana perasaannya kepadamu, cara dia menyikapi permasalahan di antara kalian, apa yang bisa membuatnya kesal, serta apa yang membuatnya merasa lebih baik. Kamu bisa mengetahuinya dengan saling bertanya hal-hal yang disukai dan nggak disukai olehnya atau melakukan permainan untuk menguji seberapa dalam kalian mengetahui satu sama lain. 

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Hubungan jarak jauh nggak akan berjalan tanpa adanya komitmen yang kuat dari kedua pasangan. Untuk itu, cobalah bicarakan kesulitan yang mungkin kalian alami saat menjalani LDR. Bangun komitmen untuk saling percaya dan menjaga komunikasi. Buktikan bahwa dirimu adalah sosok yang bisa dipercaya sehingga pasanganmu pun akan memercayaimu, dan begitu pun sebaliknya. Selalu tepati janji walau untuk hal-hal kecil sekalipun.  

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Yup! Komunikasi adalah hal terpenting untuk membangun suatu hubungan, terlebih lagi bagi pasangan yang LDR. Pastikan kamu sering berkomunikasi dengannya dan mengetahui kegiatannya, sehingga kamu bisa merasakan kehadirannya meski kalian berjauhan. Selain itu, kalian juga harus jujur dan terbuka pada pasangan. Misalnya, jika ada sesuatu yang membuatmu khawatir kepadanya, maka dia harus menjadi orang pertama yang mengetahuinya. Dengan saling terbuka, kepercayaan di antara kalian akan semakin terpupuk dengan kuat. 

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Sebagai pasangan, tentu kamu perlu mengenal keluarga dan teman-temannya. Bangun hubungan yang baik dengan orang-orang terdekat pasanganmu karena ini akan membantumu memahami kehidupan pasanganmu saat jauh darinya. Selain itu, jika kamu sudah mengenal teman-temannya dengan baik, maka mereka akan menghargai hubungan kalian dan tentu saja ini juga bisa membantumu membangun kepercayaan dalam hubungan.

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Meskipun kamu ingin menghabiskan sepanjang waktu dengan mengobrol di telepon atau video call bersamanya, tapi kamu harus tahu bahwa dia juga butuh ruang untuk menjalani hidupnya sendiri. Jangan memintanya untuk memberi seluruh waktunya untukmu karena ini hanya akan membuatnya nggak nyaman. Percayalah bahwa dia pasti akan menghubungimu dan berikan dia ruang untuk bergerak. Intinya, jangan sampai kamu terkesan posesif, ya! 

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Jika dia nggak mengangkat teleponmu atau telat membalas chat, jangan langsung berasumsi negatif padanya apalagi sampai menuduhnya telah berselingkuh. Pasalnya, pemikiran seperti ini hanya akan merusak hubungan kalian. Cobalah tetap berpikir positif dan tanyakan baik-baik kepadanya saat kamu sudah bisa menghubunginya kembali. Selalu berpikir positif akan menumbuhkan kepercayaan dan inilah yang bisa mempertahankan hubungan jarak jauh.  

7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Menjalin LDR memang bukanlah hal yang mudah. Jika kamu mulai berpikir untuk menyerah, cobalah pikirkan lagi berapa banyak waktu, usaha, dan energi yang telah kamu habiskan untuk mempertahankan hubungan ini. Jika kamu merasa pasanganmu adalah orang yang pantas diperjuangkan, maka lanjutkanlah. Namun, jika LDR justru mengganggu kehidupanmu yang lain, maka ini saatnya kamu memikirkan kembali hubunganmu dengannya.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menyelesaikan Masalah untuk Para Pejuang LDR