Beberapa dating apps atau aplikasi kencan bisa menjadi salah satu cara untuk mempermudahmu menemukan pasangan. Nah, selain menilai seseorang dengan foto dan profil yang match denganmu, kamu juga perlu tahu cocok atau tidak dengannya lewat chatting

Tentunya nggak mudah untuk memulai obrolan di dating apps dengan orang baru, salah-salah chat hanya berlangsung beberapa jam saja, nih. Ketika semua obrolan ringan telah habis, tentunya semua akan terasa basi begitu cepat. Hal ini tentunya bisa bikin kamu mati gaya, nih, Bela.

Supaya nggak canggung, simak saja beberapa tips ngobrol di dalam aplikasi kencan berikut ini.

1. Punya beberapa preferensi obrolan awal

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ burdun

Pertama-tama, dalam profil datting apps yang kamu punya, masukkan beberapa hal yang kamu sukai. Misalnya, kamu menambahkan beberapa judul film, buku, atau musik yang kamu sukai. Jika kamu menemukan teman yang match sama kamu dan memiliki kesukaan yang sama, pembicaraan kalian pun akan mudah mengalir.

2. Ajukan pertanyaan padanya

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ lookstudio

Faktanya, lebih banyak perempuan di aplikasi kencan yang pasif dalam melakukan obrolan. Mereka cenderung ingin menjawab pertanyaan yang diajukan, ketimbang mengajukan pertanyaan. Jika kamu memang berniat untuk mencari pasangan di aplikasi kencan, kamu bisa mulai aktif menanyakan sesuatu pada match kamu. Mulailah dengan membahas soal kesehariannya dan cobalah bersikap atentif saat dia bercerita.

3. Gunakan beberapa GIF

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ wayhomestudio

GIF adalah salah satu media yang lebih ekspresif untuk mengungkapkan perasaanmu. Bahkan jika kamu kehabisan kata-kata kamu bisa menggunakan GIF saja untuk memberikan ekspresi atau reaksi tertentu. 

4. Jangan gunakan emoji berlebihan

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ rawpexel

GIF bisa saja menjadi menyenangkan, tetapi emoji mungkin agak berlebihan untuk saat pertama kali chat. Ketika kamu memberikan beberapa emoji untuk menanggapi chat, hal ini semacam mematikan aliran percakapan yang sedang dimulai. Tentu saja teman match-mu ini akan sulit dan bingung untuk merespons apa lagi kedepannya. 

5. Jangan gunakan one word replies

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ stockking

Nggak ada yang lebih buruk saat kamu membalas chat sekadar "ya", "tidak", atau "haha" dalam aplikasi kencan. Jika seseorang sudah meluangkan waktu untuk mengetik chat yang tepat untukmu, kamu pun perlu merespons dengan cara yang sama jika kamu mempunyai ketertarikan dengannya. Merespons hanya dengan satu kata, seakan kamu seseorang yang malas berusaha dan seolah-olah sudah bosan dengan obrolan di chat.

6. Perhatikan saat memilih kalimat

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ biancoblue

Pastikan kamu memilih kalimat yang tepat saat memulai obrolan, apalagi dengan orang yang baru kamu kenal. Buat obrolan sesantai mungkin, tapi tetap perhatikan kesopanan saat mengobrol, ya. Tunjukkan kamu menghargai teman barumu itu dengan memperhatikan tanda baca, tulisan, dan gaya bicara. Kekurangan mengobrol lewat chatting adalah kamu tak bisa mendengar intonasi seperti saat mengobrol langsung, jadi perhatikan kalimat obrolanmu, ya, Bela.

7. Jadi dirimu sendiri

Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencanfreepik.com/ lookstudio

Kamu tentu ingin terlihat menyenangkan saat mengobrol di aplikasi kenca, akan tetapi kamu juga perlu ingat untuk tetap menjadi dirimu sendiri. Kamu nggak perlu meninggikan dirimu atau berpura-pura demi mendapat pengakuan darinya. Let if flow saja! Jika memang kamu dan dia mempunyai frekuensi yang sama, obrolanmu akan selalu nyambung dan menyenangkan.

Baca Juga: Anti-Mainstream, Coba 6 Kegiatan Ini Saat Kencan Pertama

Baca Juga: Kocak Tapi Kesal, 10 Chat dengan Pacar Posesif Ini Bikin Geleng Kepala

Baca Juga: Taklukkan Hati, Ini 10 Cara Bikin Laki-Laki Baper Lewat Chat