Sudah memiliki hubungan dengannya yang lumayan lama? Tentunya suka dan duka pasti pernah kalian lalui bersama. Beberapa masalah yang timbul juga akan menjadi tantangan untuk menuju ke hubungan ke tahap yang lebih serius.

Sebelum berada dalam tahap yang lebih serius ini, pernahkah kamu menyadari mempunyai kebiasaan yang perlahan merusak hubunganmu? Tanpa disadari hal-hal yang kecil dapat membuat hubunganmu dalam pertikaian kecil dan kadang menjadi masalah yang besar. Jangan sampai hal ini terjadi. Inilah kebiasaan sepele yang harus kamu perhatikan untuk menyelamatkan hubunganmu, Bela!

1. Mengabaikan

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadaripexels.com/ Oleg Magni

Salah satu hal yang penting dalam hubungan yaitu adanya sebuah perhatian, baik memberikan perhatian dan diberi perhatian. Pernahkah kamu membayangkan perasaannya saat dia sedang ingin diberi perhatian dan kamu mengabaikannya? Ya, pasti itu sesuatu yang nggak diharapkan. Sepertinya sepele, tetapi mungkin itu akan sakit untuknya. Saat dia benar-benar membutuhkanmu, diabaikan bukanlah jawaban yang tepat untuknya.

2. Bukan sekadar take and give

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadariunsplash.com/ Anete Lūsiņa

Hubungan asmara bukanlah hubungan antara perkerjaan di mana kamu melakukan sesuatu dan kamu mendapatkan hak atas itu. Hubungan yang sehat adalah saat kamu memberi sesuatu karena tulus dalam hati dan nggak mengharapkan imbalan. Karena jika dia menyayangimu, nggak perlu kamu meminta pasti dia akan mempunyai inisiatif untuk memberi, dalam hal apa pun seperti perhatian, waktu, effort, finansial, bahkan seks.

3. Mempunyai dendam

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadariunsplash.com/ Daniel Spase

Pengampunan itu penting nggak hanya dalam suatu hubungan tetapi juga di semua bagian kehidupan. Orang-orang pasti pernah membuat kesalahan. Jika kamu nggak bisa membiarkan hal-hal berlalu bahkan setelah mereka meminta maaf dan banyak waktu telah berlalu, kamu akan mengalami kesulitan untuk bahagia. Jika kamu memberi tahu pasanganmu, kamu memaafkannya, bersungguh-sungguhlah. Jangan terus mengungkit masa lalu. 

4. Tak ingin dikalahkan

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadariunsplash.com/ Fezbot2000

Pencapaian akan sesuatu adalah hal yang penting dalam tahap hidup manusia. Hal itu akan terjadi pada pasanganmu. Jika dia mendapatkan hal yang diinginkannya dan kamu belum mendapatkannya, jangan pernah merasa mempunyai pikiran kamu dikalahkan bahkan mengangap dia sainganmu. Dukunglah dia dan beri semangat untuk berproses ke arah yang lebih baik.

5. Selalu merasa benar

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadariunsplash.com/ Andrej Lišakov

Ingatlah jika kamu mengalami suatu masalah, nggak akan ada yang benar dan salah 100%. Jika di dalam suatu hubungan kamu bersalah, janganlah ragu untuk mengakui kesalahanmu dan meminta maaflah kepadanya. Jika kamu nggak bisa melakukan itu, kamu pada dasarnya mengatakan bahwa kamu selalu benar dan pasanganmu selalu salah. Ini bukan kompetisi, jadi kalah dalam beberapa pertempuran di sepanjang jalan bukanlah akhir dari dunia.

6. Nggak membuat waktu yang berkualitas saat bersamanya

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadariunsplash.com/ Priscilla Du Preez

Saat membicarakan tentang hubungan, yang ada adalah kualitas bukan kuantitas. Hubungan yang baik membutuhkan kualitas di dalamnya. Baik itu nge-date, berjalan-jalan bersama, atau hanya berbicara tentang harimu sambil memakan sebungkus keripik kentang. Berusahalah untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

7. Mencoba untuk mengubah pasanganmu

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadariunsplash.com/ Camila Cordeiro

Ketika kamu memutuskan untuk menjalin suatu hubungan bersamanya, kamu harus menerima kekurannya terlebih dahulu baru kelebihannya. Jadi mengapa kamu harus mencoba mengubahnya? Jika kamu sepertinya nggak bisa menerima pasanganmu apa adanya, kekurangan dan semuanya, maka mungkin pasangan kamu bukan orang yang tepat untuk keinginanmu itu. Jika dia berubah, biarkan itu dari dirinya sendiri bukan kamu yang memaksanya. 

Baca Juga: Walau Canggung, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Tanya Sebelum Berkomitmen