Banyak yang bilang kalau hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) itu berat, karena musuhnya bukan hanya kerinduan tetapi juga overthinking. Makanya, tidak semua orang bisa menjalani hubungan LDR, melainkan hanya orang-orang kuat dan sabar. 

Meski begitu, bukan berarti LDR adalah hal yang mustahil untuk dijalani. Hanya saja, dibutuhkan usaha yang lebih ekstra dari setiap pasangan yang menjalaninya. Salah satunya menjaga hubungan terasa dekat walau jarak berkata tidak. Bagaimana caranya?

Berikut ini Popbela akan membantu kamu para pejuang LDR untuk bisa mempererat hubungan kalian lewat 6 aplikasi seru yang bisa kalian gunakan bersama. Semua aplikasi ini tidak hanya bisa menghilangkan rasa bosan dalam hubungan, tetapi juga mempererat hubungan dengan mengetahui pasanganmu lebih dalam. 

1. Couple Game

6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDRplay.google.com

Couple Game adalah salah satu game hubungan terbaik yang pernah ada dan wajib dicoba oleh setiap pasangan jarak jauh atau LDR. Game ini adalah cara sempurna untuk mengetahui seberapa baik dan seberapa jauh kalian mengenal satu sama lain. 

Bagaimana cara kerja game ini?

  • Pertama, kamu menjawab beberapa pertanyaan.
  • Kemudian, kamu menunggu pasanganmu menjawab pertanyaan yang sama.
  • Selanjutnya, kamu menebak jawaban masing-masing!

Pertanyaan yang kalian ajukan bisa seputar makanan favorit, liburan, hobi, film, musik, dan masih banyak lagi. Dijamin aplikasi ini pasti menarik dan bikin deg-degan, karena kalian akan penasaran apakah jawaban kalian sama atau tidak.

Tersedia di: Play Store dan App Store.

2. Between

6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDRplay.google.com

Between adalah aplikasi khusus pasangan di mana kamu dapat berkomunikasi lebih romantis dan menyimpan kenangan berharga dengan pasangan yang sedang berjauhan. Nggak heran kalau aplikasi ini sangat populer dan memiliki rating yang cukup tinggi.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh pasangan LDR dengan aplikasi ini? Banyak! Nggak hanya untuk saling bertukar pesan dan menjadwalkan kalender kencan, kamu juga bisa menelepon si dia dengan fitur free calling, menyimpan foto-foto romantis kalian yang bisa dipindahkan ke sebuah album “Memory Box” disertai dengan pesan-pesan panjang yang bisa kalian tuliskan. Juga, kamu bisa menyimpan tanggal penting seperti anniversary, lho.

Tersedia di: Play Store dan App Store.

3. Love Nudge

6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDRplay.google.com

Love Nudge adalah aplikasi pembentuk kebiasaan yang menyenangkan yang bisa membantumu mengungkapkan cinta dengan cara yang paling berarti bagi pasanganmu. Yup, karena memang aplikasi ini dirancang untuk merealisasikan konsep 5 love language seseorang, yaitu words of affirmation, acts of service, receiving gifts, quality time, atau physical touch

Jadi, aplikasi ini akan memberitahu kamu apa yang saat ini dibutuhkan pasanganmu. Misalnya, sebagai orang dengan bahasa cinta word of affirmation, pasanganmu membutuhkan "tiga kata" yang mungkin kamu anggap sepele sehingga lupa mengatakannya, yaitu I love you. Nah, aplikasi Love Nudge akan mengingatkannya. 

Daripada mengatakan, "Kenapa sih kamu tidak mau membantuku ketika aku sedang punya masalah?", aplikasi ini akan membuat sebuah permainan yang menunjukkan keinginanmu itu dan mengatur goalsnya bagi kalian.

Tersedia di: Play Store dan App Store.

4. Gottman Card Decks

6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDRplay.google.com

Ingin meningkatkan hubungan kamu dan pasangan? Aplikasi ini memiliki pertanyaan yang dapat kamu tanyakan kepada pasangan, serta saran untuk melakukan dan mengatakan sesuatu. 

Aplikasi ini bisa membantu jutaan pasangan di seluruh dunia mendapat manfaat dari studi dan hasil penelitian yang dilakukan The Gottman Institute tentang relationship. Terinspirasi oleh dek kartu populer dari lokakarya akhir pekan The Art and Science of Love: Couple Workshop, aplikasi gratis Gottman Card Decks ini menawarkan pertanyaan, pernyataan, dan ide bermanfaat untuk meningkatkan hubungan kamu dan pasangan.

Dengan mengunduhnya, kamu akan mendapat akses pada 14 dek kartu dengan lebih dari 1000 flash cards. Selain itu, ada juga aktivitas permainan menarik seperti Love Maps untuk mencari tahu seberapa baik kamu mengenal pasanganmu, apa ide terbaik untuk kencan kalian berikutnya, serta kartu-kartu lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mempererat hubungan kalian. 

Tersedia di: Play Store dan App Store.

5. Rave

6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDRplay.google.com

Kalau kamu bosan dengan kegiatan hubungan pacaran LDR yang itu-itu aja seperti teleponan, video call, atau saling berbagai foto selfie, maka nggak ada salahnya mencoba hal yang lainnya. Bukan hanya bermain game, tapi coba untuk nonton bareng atau mendengarkan musik bersama. Caranya?

Cobalah aplikasi Rave. Aplikasi ini memungkinkan kamu menyelaraskan lagu yang ingin kamu dengarkan dengan pasanganmu. Atau, jika kalian lebih menyukai film, kalian juga bisa menonton YouTube atau Netflix bersama-sama. Anggap saja kalian lagi pergi ke bioskop atau kafe musik bersama. Dengan begitu, kegiatan LDR kalian jadi lebih seru bukan?

Tersedia di: Play Store dan App Store.

6. Dreamdays

6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDRplay.google.com

Dreamdays adalah aplikasi hitung mundur yang memungkinkan kamu dan pasanganmu menetapkan tanggal penting, dan melihat berapa hari tersisa sebelum tanggal itu tiba. Atur tanggal seperti ulang tahun mu atau si dia, waktu liburan, jadwal kalian berjumpa, atau anniversary kalian. Dengan begitu, si dia jadi nggak bisa lagi beralasan lupa waktu-waktu penting tersebut.

Di Dreamdays, kamu dapat menyortir acara hitung mundur melalui kategori dan tingkat kepentingannya. Kamu juga dapat menyesuaikan setiap acara hitung mundur dengan merekam memo suara yang mencerminkan perasaanmu, dan berbagi kegembiraan itu dengan teman-teman di media sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tersedia di: Play Store dan App Store.

Itulah tadi 6 rekomendasi aplikasi seru untuk para pejuang LDR. Semoga membuat hubungan kalian makin seru, ya!

Baca Juga: Kangen Pasangan? Yuk, Simak 4 Tips agar Tetap Bahagia Saat LDR

Baca Juga: 5 Pantangan Khusus Bagi Pasangan LDR agar Hubungan Tetap Awet

Baca Juga: Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDR