Apakah kamu termasuk orang yang setia dalam menjalani hubungan? Kalau belum pernah selingkuh, mungkin kamu akan menjawab "ya". Memang, orang yang pernah berselingkuh jelas nggak bisa disebut setia. Tidak selingkuh adalah salah satu bukti bahwa kamu orang yang setia.

Tapi, tentu itu bukan satu-satunya. Selain nggak selingkuh, kamu baru bisa disebut benar-benar setia pada pasangan kalau kamu membuktikannya dengan 5 hal ini. Yuk, periksa diri apakah kamu benar-benar bisa disebut setia atau tidak.

1. Tahu batas saat berurusan dengan lawan jenis lain

Pacarmu Beruntung! 5 Hal Ini Buktikan Kamu Benar-Benar SetiaUnsplash.com/Helena Lopes

Kamu tidak perlu menjauhi semua lawan jenis supaya bisa tetap setia pada pasangan. Tapi, orang yang benar-benar setia tahu batas yang wajar saat berurusan dengan lawan jenis. Bahkan meskipun pasangannya membebaskan dia untuk bergaul dengan lawan jenis, ia tetap akan tahu diri dan nggak mau melewati batas tersebut.

Beberapa contoh batasan yang tidak boleh dilanggar adalah tidak jalan berdua dengan lawan jenis, tidak sering saling curhat, dan tidak menggoda lawan jenis meskipun hanya bercanda.

Meski dilakukan tanpa niat selingkuh, hal-hal itu bisa tanpa sadar menjurus pada keinginan untuk mendua. Maka, orang yang benar-benar setia pasti akan menghormati batasan tersebut supaya jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan itu.

2. Segera membuang ketertarikan pada orang lain

Pacarmu Beruntung! 5 Hal Ini Buktikan Kamu Benar-Benar SetiaUnsplash.com/Dmitry Schemelev

Sebagai manusia normal, akan selalu ada kemungkinan kamu tertarik pada lawan jenis selain pasangan. Ketertarikan itu bisa timbul secara tiba-tiba dan itu bukan salahmu. Tapi, itu akan jadi salah kalau kamu tidak segera membuang ketertarikan tersebut, apalagi malah memupuknya.

Orang yang benar-benar setia nggak akan melakukan itu. Ketika ada orang lain yang tiba-tiba menarik hatinya, kamu akan segera berupaya membuang ketertarikan tersebut.

Mungkin, kamu sampai harus menjauh untuk sementara dari orang tersebut. Yang jelas, apa pun akan kamu lakukan supaya ketertarikan tersebut nggak sampai berkembang dan membuatmu tergoda untuk selingkuh.

3. Tidak menoleransi godaan

Pacarmu Beruntung! 5 Hal Ini Buktikan Kamu Benar-Benar SetiaUnsplash.com/Mosa Moseneke

Bagaimana jika ada godaan yang terang-terangan datang dari orang lain? Orang yang benar-benar setia tak akan menoleransinya. Kamu akan dengan tegas menolak. Kamu nggak akan menolak dengan setengah-setengah karena itu bisa membuat si penggoda salah mengira bahwa sebenarnya ia hanya sedang sok jual mahal.

Menolak dengan tegas tentu nggak harus berarti kasar. Namun saat ada godaan, pastikan kamu menolak dengan kata-kata yang jelas bahwa kamu benar-benar nggak mau. Kalau ia terus menggoda, kamu juga harus terus menolak supaya dia benar-benar sadar bahwa pendirianmu nggak akan bisa goyah.

4. Memperkuat hubungan dengan pasangan

Pacarmu Beruntung! 5 Hal Ini Buktikan Kamu Benar-Benar SetiaUnsplash.com/Seth Reese

Semua langkah di atas akan percuma jika kamu tidak terus memperkuat hubungan dengan pasangan. Maka, sering-seringlah melakukan hal-hal yang bisa memperkuat hubungan kalian.

Lakukan komunikasi yang bermakna secara rutin, habiskan waktu bersama-sama, dan saling mengungkapkan rasa sayang. Kalau kamu melakukannya, barulah kamu pantas disebut benar-benar setia.

5. Segera menyelesaikan masalah dengan pasangan

Pacarmu Beruntung! 5 Hal Ini Buktikan Kamu Benar-Benar SetiaUnsplash.com/Kyle Bearden

Kapan biasanya waktu paling rawan terjadinya perselingkuhan? Yaitu, saat sepasang kekasih sedang mengalami masalah. Jika hubunganmu dan pasangan tengah bermasalah, bisa jadi kamu akan sulit menolak godaan yang tiba-tiba muncul.

Maka, orang yang benar-benar setia akan segera menyelesaikan masalah dalam hubungan supaya kemungkinan buruk itu nggak terjadi. Memang, terkadang kamu harus menunggu supaya tenang sebelum menyelesaikan masalah.

Tapi, pastikan kamu langsung melakukannya setelah tenang! Ini supaya nggak ada celah bagi orang ketiga untuk masuk dan mencoba merusak hubunganmu.

Itulah 5 hal yang membuktikan bahwa kamu benar-benar orang yang setia. Tidak selingkuh memang salah satu bukti kesetiaan. Tapi, kamu baru bisa disebut benar-benar setia kalau kamu melakukan kelima hal tersebut.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Bukan Hanya Gak Selingkuh, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Benar-benar Setia"

Baca Juga: Cek Hal-Hal yang Membuat Pacar Tetap Setia Berdasarkan Zodiaknya

Baca Juga: Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam Pernikahan

Baca Juga: Cuma Laki-Laki Setia yang Punya 5 Prinsip Ini dalam Hidupnya