Hai, Bela! Apakah kamu penggila cerita romantis? Jika, ya, maka kamu pasti tahu tentang penulis novel bernama Nicholas Sparks. Itu, lho, penulis cerita legendaris The Notebook (2004) yang filmnya diperankan oleh Ryan Gosling dan Rachel McAdams. Masih banyak lagi cerita yang pernah dibuatnya baik yang telah diangkat ke layar lebar maupun yang masih berbentuk rangkaian kata di atas kertas. Dari beberapa kisahnya, Popbela menemukan tips-tips cinta yang tersembunyi. Yuk, intip!

1. The Notebook

Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!www.imdb.com

Cerita: Kisah cinta semasa remaja. Meskipun Allie dan Noah dipisahkan secara paksa oleh status ekonomi mereka, cinta diantara mereka tidak padam. Demi meyakinkan diri sudah move on, Allie menemui Noah kembali sebelum menikahi tunangannya, Lon. Ternyata, cinta yang menang.  

Tips: Tidak apa untuk mengambil langkah mundur dan meyakinkan diri kembali akan komitmen yang hendak kamu ambil. Dari pada kamu menyesal di kemudian hari, lebih baik jangan terburu-buru.

2. Dear John

Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!www.imdb.com

Cerita: Seorang tentara, John jatuh cinta pada girl next door alias gadis biasa saat ia sedang berlibur. Masalahnya, ia harus kembali bertugas. Hubungan jarak jauh memang tidak mudah. Perjalanan mereka mengalami naik dan turun yang sangat emosional.  

Tips:  Cinta adalah sabar dan tidak jarang membutuhkan perjuangan. Apapun yang kamu hadapi dalam hubungan, pastikan kedua kakimu berdiri tegap agar tidak mudah jatuh. Belajar juga untuk menjalin komunikasi yang baik agar semua perasaan bisa terungkap.

3. Message in a Bottle

Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!www.imdb.com

Cerita: Theresa menemukan surat cinta asing di dalam botol di sebuah pantai. Ia jatuh cinta pada setiap katanya. Ternyata setelah mencari asal usulnya, ia ditemukan pada seorang pria bernama Garret, penulisnya. Seorang pria yang kehilangan istri karena kecelakaan. Meski keduanya jatuh cinta, Garret susah payah move on dari masa lalunya.

Tips:  Sebelum mencari orang lain, pastikan kamu sudah bisa melepas masa lalumu. Jika tidak, kamu tidak akan pernah bisa menikmati cinta yang baru.

4. A Walk to Remember

Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!www.imdb.com

Cerita: Seorang cowok SMA yang bandel, Landon dihukum oleh gurunya dengan mengikuti salah satu pentas drama di sekolah, ia dipertemukan dengan Jamie. Cewek baik-baik yang jauh berbeda dengannya. Meskipun pada awalnya mereka tidak cocok, cinta berkata lain. Hingga akhirnya mereka mewujudkan mimpi bersama.

Tips: Terbukalah dalam mencari cinta. Jangan menilai orang dari luarnya saja. Banyak kemungkinan yang akan mengejutkanmu begitu mengenal si Dia lebih jauh. Percayalah pada intuisimu.

5. Safe Haven

Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!www.imdb.com

Cerita: Berusaha untuk lari dari masa lalunya, Katie bersembunyi di sebuah kota kecil. Di sana ia menemukan seorang duda bernama Alex dan mereka jatuh cinta. Meskipun Katie berusaha membuka diri, ia tetap berusaha menutup diri dari kenyataan pahit yang pernah terjadi.  

Tips:  Jangan biarkan masa lalumu menghancurkan kebahagiaan saat ini apa lagi sampai menutup diri. Semua orang punya masa lalu. Itu normal. Lupakan yang sudah berlalu dan mulai dari awal.

6. The Choice

Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!www.imdb.com

Cerita: Gabby adalah wanita terpelajar yang tidak takut mengungkapkan pikirannya. Bahkan untuk protes pada tetangganya yang sangat menawan, Travis karena berlaku seenaknya. Perdebatan yang tidak kunjung henti di antara mereka malah semakin membuat keduanya dekat sehingga tidak dapat membuat pilihan selain untuk bersama.

Tips: Cinta tidak harus selalu romantis. Kadang bumbu-bumbu argument akan membuat kamu atau si Dia menjadi lebih menggemaskan. Jangan takut untuk mengungkapkan pikiranmu, karena di situlah kamu akan semakin mengenal satu sama lain.

Tidak semua hubungan berjalan dengan mulus, tetapi selalu ada cara untuk memperjuangkannya. Jadi, jangan cepat menyerah, Bela. Jangan lupa praktekan tips-tips di atas, ya.

BACA JUGA: 15 Kutipan Film Romantis Karya Dee Lestari Membuatmu Jatuh Cinta