Kencan buta atau biasa dikenal dengan blind date bukanlah istilah baru di kalangan generasi muda masa kini. Apalagi jika sering menonton drama Korea, pasti sudah sering melihat adegan blind date alias kencan antara dua orang asing.

Namun sebenarnya, apa sih blind date itu? Di Indonesia sendiri, rasanya belum banyak orang yang secara terbuka mau mengikuti blind date. Alasannya tentu beragam, mulai dari malu, canggung, hingga was-was, karena harus berduaan dengan orang yang tak dikenal.

Untuk menambah pengetahuan kamu, berikut Popbela rangkum beberapa fakta menarik seputar blind date yang wajib kamu ketahui. Selain bisa bikin tertarik, informasi ini berguna untuk memastikan blind date kamu sukses dan berkesan. Yuk, simak!

Mengenal konsep blind date alias kencan buta

Fakta Menarik Blind Date alias Kencan Buta, Seperti di Drama Korea!soompi.com

Seperti yang sudah kamu ketahui, blind date adalah istilah yang merujuk pada aktivitas kencan antara dua orang asing. Disebut kencan buta karena pertemuan tersebut dilakukan dengan orang yang belum pernah bertemu, serta sama sekali tidak saling mengenal satu sama lain.

Jadi, bila kamu secara sengaja bertemu dengan teman ngobrol dari aplikasi kencan, maka pertemuan tersebut tidak termasuk kencan buta. Sebaliknya, kencan buta biasanya dimulai dengan cara-cara khusus, yakni dikenalkan oleh sahabat, teman, hingga keluarga. Bahkan tak jarang, merekalah yang mengatur tempat serta waktu untuk kamu melakukan blind date.

Konsep blind date sebenarnya cukup menyenangkan, karena kamu bisa jadi apa adanya tanpa harus jaga image di depan partner blind date. Meski awalnya canggung, jika kamu dan dia bisa mengatasi hal tersebut dengan baik, bukan tidak mungkin kencan tersebut menjadi pengalaman terbaik dan berkesan untukmu, lho, Bela!

Rekomendasi kegiatan saat blind date untuk saling mengenal

Fakta Menarik Blind Date alias Kencan Buta, Seperti di Drama Korea!Dok. Internet

Biasanya, tujuan utama dari blind date adalah untuk mengenal satu sama lain. Dengan saling mengenal, maka kamu dan dia bisa menentukan apakah pertemuan tersebut layak untuk berlanjut, atau cukup sampai di situ saja.

Untuk memastikan kamu dan dia bisa saling mengenal satu sama lain, maka kalian perlu memiliki banyak waktu untuk ngobrol dan berbagi kisah masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah aktivitas atau kegiatan menyenangkan serta mendukung kalian untuk terus berbicara satu sama lain.

Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa kamu coba saat blind date, antara lain:

  • Makan atau ngopi bersama  

Makan atau minum kopi bersama menjadi pilihan terbaik sebagai kegiatan seru untuk blind date. Sebab, kamu dan partner blind date akan memiliki banyak kesempatan tuk saling ngobrol dan bertukar pikiran.

Dari sini, kamu bisa melihat pandangannya akan suatu hal atau peristiwa tertentu. Bahkan, jika kalian duduk berhadapan, kamu juga bisa menilai bagaimana dia bertindak dan bersikap.

  • Menonton film di bioskop

Kencan buta dengan pergi menonton film di bioskop ternyata juga bisa bikin kalian saling mengenal, lho, Bela! Sebab, setelah menonton filmnya, kamu dan dia bisa membahas film tersebut untuk saling bertukar pendapat.

Tak jarang, pembahasan seputar film akan membawa kalian menuju pembahasan lain yang lebih menarik, termasuk untuk saling mengenal selera masing-masing terhadap film, buku, musik dan berbagai hal menarik lain.

  • Pergi ke tempat wisata

Terakhir, pergi ke tempat wisata juga bisa jadi opsi kegiatan seru untuk blind date. Sebab, ada beragam spot yang bisa dilihat di tempat wisata, sehingga memungkinkan kalian untuk membicarakan berbagai hal menarik tanpa harus merasa canggung.

Selain itu, ada beragam pilihan tempat wisata, mulai dari museum, kebun binatang, hingga taman bunga. Semuanya bisa dipilih berdasarkan selera kamu maupun sang partner kencan butamu, agar bisa merasa nyaman satu sama lain.

Tips menjalani blind date yang sukses dan berkesan

Fakta Menarik Blind Date alias Kencan Buta, Seperti di Drama Korea!kpopchart.com

Untuk memastikan blind date kamu berjalan lancar tanpa hambatan bahkan menjadi berkesan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Tujuannya tentu saja agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik dan sukses tampil sempurna saat blind date.

Berikut ini beberapa tips yang wajib diterapkan saat menjalani blind date, antara lain:

  • Ketahui bagaimana gambaran dan ciri-ciri dirinya untuk memudahkan pertemuan.
  • Pilih tempat kencan yang strategis dan nyaman, serta sebaiknya hindari tempat yang sepi atau berbahaya.
  • Gunakan pakaian sopan dan sewajarnya, tapi tetap tampil memukau dan mengesankan.
  • Pastikan status hubungannya jelas agar kamu tidak berkencan dengan seseorang yang sudah memiliki pasangan.
  • Hindari pembicaraan sensitif bahkan terkesan memojokkan dirinya.
  • Jangan berekspektasi terlalu tinggi hingga berharap hubungan berhasil dan berlanjut lama.

Cara menjaga komunikasi setelah blind date

Fakta Menarik Blind Date alias Kencan Buta, Seperti di Drama Korea!freepik.com

Setelah menjalani blind date, tentu kamu harus mengambil sikap dan keputusan apakah hubungan tersebut layak dilanjutkan atau tidak. Selain itu, pastikan juga untuk mengkomunikasikan hal tersebut dengan si dia. Hal ini dilakukan untuk menghindari salah paham di antara kalian.

Berikut beberapa cara untuk menjaga komunikasi setelah menjalani blind date yang bisa kamu terapkan, antara lain:

  • Mengirim pesan dan menyatakan bahwa kencan berjalan dengan menyenangkan

Usai blind date, tak ada salahnya untuk mengirim singkat dan mengatakan bahwa kencan yang dijalani terasa menyenangkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghargai satu sama lain karena telah meluangkan waktu untuk bertemu. Jika kamu merasa nyaman berbicara dengannya, pesan singkat ini bisa menjadi gerbang awal menuju komunikasi yang lebih intens.

  • Menjaga interaksi di dunia maya tetap kasual dan santai

Jika kamu dan dia memutuskan untuk berteman di media sosial usai blind date, maka cobalah untuk menjaga interaksi di dunia maya tetap santai, meskipun hubungan kalian tidak berlanjut dan sebatas menjadi teman saja. Nantinya, bukan tidak mungkin bila pertemanan kalian pun bisa menyenangkan bahkan menjadi sangat akrab.

  • Jika merasa tertarik, cobalah ajak dia untuk berkencan lagi

Komunikasi intens yang terjalin usai blind date adalah kesempatan kamu untuk memulai pendekatan lebih dalam dengan si dia. Untuk itu, jika kamu merasa tertarik, maka cobalah ajak dia untuk pergi dan berkencan lagi kapan-kapan. Sekadar makan atau minum kopi sambil berbicara akan membuat kalian lebih nyaman satu sama lain.

  • Sampaikan dengan sopan dan tegas jika merasa kurang cocok

Apabila kamu merasa kurang cocok dengan partner blind date-mu, maka kamu tetap harus menyampaikannya ya, Bela! Ingatlah untuk tidak menghilang dan mengabaikannya begitu saja. Sampaikan dengan tegas bahwa kamu merasa kalian kurang cocok, serta tidak bisa menjalin hubungan lebih jauh lagi. Namun, pastikan kamu mengatakannya dengan sopan agar tidak melukai perasaannya.

  • Bersiap menerima penolakan darinya terlebih dahulu

Bukan tidak mungkin bahwa dia akan terlebih dahulu memberanikan diri dan bilang kepadamu bahwa hubungan tak bisa berlanjut. Untuk itu, kamu juga harus bersiap menerima penolakan usai blind date. Sampaikan pula terima kasih karena dia sudah berani menjelaskan perasaannya. Ingatlah untuk tidak sedih berlarut-larut, karena kamu bisa mencoba blind date dengan orang lain lagi nantinya.

Nah, itulah dia beberapa informasi dan tips jitu seputar blind date alias kencan buta yang sering kamu lihat di drakor. Jika kamu mulai tertarik melakukan blind date, coba terapkan tips di atas ya, Bela!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Business Proposal, Kisah Cinta dari Kencan Buta

Baca Juga: 6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan Online

Baca Juga: 5 Resolusi Kencan Perempuan Single untuk Tahun Baru 2022