Pertama kali jumpa, barangkali kamu dan pasangan masih jaim dengan memperlihatkan yang baik-baik saja. Lama mengenal dalam hubungan romansa, kamu menemukan karakter bernilai darinya yang nggak banyak dimiliki orang sehingga patut kamu perjuangkan. 

Untuk tahu apakah pasanganmu ideal atau nggak, memang bukan perkara gampang karena manusia mengalami dinamika kepribadian selama hidup. Tapi, kalau pasanganmu punya beberapa tanda ini, kamu layak mempertahankannya, lho! Berikut tanda kamu bersama pasangan yang berkualitas. 

1. Jujur, artinya ia mau membangun kepercayaan sama kamu

5 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Berkualitas, Jangan Dilepaskan!Pexels.com/Tim Mossholder

Ketidakjujuran adalah malapetaka paling sering jadi pemicu keributan dalam hubungan. Di sisi lain, pasangan ideal menyadari pentingnya kejujuran dalam hubungan dekat karena itu akan membangun kepercayaan yang lebih kuat. 

Menurut pakar hubungan Lisa Firestone, Ph.D., dilansir Psychalive, ketidakjujuran bakal membingungkan orang lain, mengkhianati kepercayaan, dan menghancurkan diri sendiri. Tak ada yang lebih merusak hubungan antara dua orang daripada ketidakjujuran dan penipuan. Perselingkuhan atau penipuan terang-terangan bakal menodai kesetiaan itu sendiri.

Intinya, pasangan ideal bakal berusaha mengawal hubungan dengan penuh integritas, yang mana juga berlaku buat komunikasi verbal maupun non-verbal. Menjadi terbuka dan jujur dalam hubungan intim berarti benar-benar mengetahui diri dan niat sama pasangan. 

2. Punya komunikasi yang terbuka

5 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Berkualitas, Jangan Dilepaskan!Pexels.com/Daria Sannikova

Kalau pasangan punya karakter yang open-minded, itu jadi tanda bahwa mereka mau terus terang dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan. Tentu saja, ini kabar baik karena kamu akan lebih mudah dalam mengenalnya. Keterbukaan juga mengindikasikan bahwa pasangan dalam pengembangan pribadi yang sering kali berkorelasi dengan pengembangan hubungan. 

Dikutip dari Marriage, jurnal berjudul 'Does Couples' Communication Predict Marital Satisfaction, or Does Marital Satisfaction Predict Communication oleh Lavner, Karney, dan Bradbury, menemukan bahwa komunikasi antara pasangan memprediksi kepuasan pernikahan. Dengan kata lain, makin banyak pasangan berbicara satu sama lain, makin bahagia mereka. 

Ketika pasangan mau terbuka sama apa yang dirasakan, itu tanda bahwa dirinya mau menyelesaikan masalah dengan tenang dan penuh respek. Namun, lebih dari itu, komunikasi juga tentang berbagi cerita, impian, dan tujuan yang hendak kalian capai.

3. Matang alias dewasa dalam bersikap

5 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Berkualitas, Jangan Dilepaskan!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Makin lama kamu mengenal seseorang, makin hafal pula kamu sama tabiat atau kelakuannya. Ada momennya kamu dulu sering menemuinya temperamental, egois, suka telat, atau terlalu mendominasi. Kini, perilaku kayak gitu nggak ada lagi di pasanganmu. 

Menurut pakar hubungan Lisa Firestone, Ph.D., ada beberapa karakteristik pasangan ideal yang bisa kamu temukan. Salah satunya adalah matang dari sisi emosional.

Menurut Dr. Firestone, pasangan ideal bakal mengembangkan diri dengan kemandirian alih-alih mencari sosok yang melengkapi kelemahan atau kekurangan. Artinya, mereka bakal cari orang yang mau berbagi hidup dengan setara dan saling menghargai otonomi masing-masing.

Orang yang dewasa secara emosional cenderung tak memproyeksikan pengalaman masa lalu (yang mungkin kurang menyenangkan) dalam hubungan baru. Itulah kenapa menurut Dr. Firestone, hubungan solid bakal terbentuk dengan pasangan sekarang, terlepas dari kegagalan hubungan yang pernah terjadi. 

4. Selain pasangan, dirinya adalah sahabat terbaik buatmu

5 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Berkualitas, Jangan Dilepaskan!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Punya pacar memang menyenangkan sih, tapi itu bukan berarti kehidupan kalian dipenuhi hal romantis selama 24 jam dalam seminggu. Oleh karenanya, salah satu karakter penting dari pasangan yang berkualitas adalah fondasi dari persahabatan.

Menurut Journal of Happiness Studies berjudul 'How's Life at Home? New Evidence on Marriage and the Set Point for Happiness' oleh Grover dan Helliwell, menyebutkan bahwa kepuasan hidup jadi dua kali lebih besar ketika kamu punya pasangan yang sekaligus bisa jadi sahabat. Artinya, kamu bakal lebih bahagia sama pasangan ketika ia juga merupakan teman baik. 

Persahabatan adalah fondasi terbaik dari hubungan yang sehat. Ini memastikan bahwa kalian punya mitra yang utuh buat berbagi kesenangan dalam semangat persahabatan, hubungan romansa, dan chemistry seksual dalam satu hubungan. 

5. Jago ngelucu atau paling nggak, bisa menenangkanmu saat dibutuhkan

5 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Berkualitas, Jangan Dilepaskan!Pexels.com/Anastasiya Shuraeva

Yup, pasangan ideal punya selera humor karena itu bisa jadi penyelamat dalam hubungan kalian. Kemampuan buat menertawakan diri atau kelemahan hidup memungkinkan seseorang buat bertahan, bahkan ketika sedang dihadapkan pada masalah sensitif. 

Menurut Dr. Firestone, pasangan yang suka bercanda atau menggoda kerap kali meredakan situasi yang bergejolak melalui humor. Selain itu, salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah saat bisa tertawa bersama orang terdekat alias pasangan.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Berkualitas, Matang Sikapnya!"

Baca Juga: 5 Cara Romantis Membangunkan Pasangan di Pagi Hari, Makin Mesra!

Baca Juga: 5 Tantangan yang Harus Dihadapi Pasangan Beda Agama Saat Menikah

Baca Juga: Jangan Buru-Buru, Ini Waktu yang Tepat Kenalkan Pasangan ke Keluarga