Menjalin sebuah hubungan itu membutuhkan komunikasi yang baik dan kuat. Permasalahan yang akan kamu hadapi bersama pasanganmu pun pasti tak jauh-jauh dari masalah komunikasi. Kamu pasti pernah merasa kesal karena pacarmu tak kunjung paham juga apa yang kamu butuhkan. Atau kamu sudah bersusah payah belajar masak supaya dia bisa menikmati hasil masakanmu, tapi dia cuek saja. 

Nah, kamu harus tahu bahwa setiap orang menggunakan bahasa yang berbeda untuk mengungkapkan cintanya. Biasanya bahasa cinta ini telah terbentuk sejak kita kecil. Coba perhatikan cara orang tuamu menunjukkan kasih sayangnya padamu. Apakah kamu berharap pacarmu juga bisa melakukan hal yang sama? Kebanyakan orang menggunakan bahasa cinta yang digunakan orang tuanya. Lalu seperti apa bahasa cinta yang kamu dan pacarmu gunakan selama ini? Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak lima bahasa cinta menurut konselor pernikahan dan penulis buku best-selling Dr. Gary Chapman ini. 

1. Pujian dan kata-kata yang positif

Kenali 5 Bahasa Cinta yang Bikin Hubunganmu Makin Lengketmobile.fandango.com

Ungkapan cinta yang diharapkan oleh orang-orang dengan bahasa cinta ini berupa pujian dan kata-kata yang bisa meyakinkan cintamu. Kalau pacarmu termasuk tipe ini, banjiri dia dengan ucapan mesra, "Aku sayang kamu," setiap hari dan jangan bosan memuji dan mengingatkannya betapa ia sungguh berharga bagimu. Sebaliknya, ia tak bisa menerima kritikan atau ejekan darimu. 

2. Waktu berkualitas

Kenali 5 Bahasa Cinta yang Bikin Hubunganmu Makin Lengketmovpins.com

Kamu tak perlu repot-repot mentraktirnya di restoran mewah atau membelikan jam tangan desainer untuk orang dengan bahasa cinta ini. Cukup luangkan waktumu bersamanya tanpa gangguan seperti notifikasi smartphone atau pekerjaan yang kamu bawa dari kantor. Jangan protes kalau dia sering mengajakmu bertemu, ya. 

3. Menerima hadiah

Kenali 5 Bahasa Cinta yang Bikin Hubunganmu Makin Lengketfilmofilia.com

Wajib hukumnya untuk membawakan oleh-oleh atau hadiah kecil bagi mereka. Tenang, kamu tak perlu membelikan hadiah mahal, kok. Mereka sudah senang ketika kamu membawakan mereka nasi goreng atau camilan favorit mereka, Mereka akan sangat menghargai usaha dan perhatianmu ketika kamu membawakan hadiah bagi mereka. Pastikan juga bahwa kamu tak melupakan tanggal ulang tahun atau hari jadi kalian, ya. 

4. Menerima bantuan

Kenali 5 Bahasa Cinta yang Bikin Hubunganmu Makin Lengketfilmz.ru

Biasanya mereka yang sulit mengungkapkan cintanya akan berbicara dengan bahasa ini. Dia akan sangat senang kalau kamu mau menolongnya menyebarkan kuesioner yang sedang dia kerjakan atau membelikan dulu tiket nonton di bioskop untuk kencan kalian nanti malam. Pokoknya dia akan sangat senang ketika kamu mau membantu meringkankan bebannya. 

5. Sentuhan fisik

Kenali 5 Bahasa Cinta yang Bikin Hubunganmu Makin Lengketautodo.info

Orang-orang yang menggunakan bahasa ini sangat menikmati sentuhan yang mesra seperti bergandengan tangan, diusap kepalanya, dicium, dipeluk, dan ditepuk-tepuk pundaknya. Apalagi ketika mereka sedang mengalami hari yang buruk. Kehadiran dan sentuhanmu bisa menjadi sangat berharga di mata pasanganmu. 

Jadi jangan khawatir, Bela. Berbeda itu wajar, kok. Bukan berarti kamu dan pasangan tidak cocok, ya. Kamu hanya harus jeli dalam menilai bahasa apa yang bisa dimengerti pasanganmu. Selamat menerjemahkan cinta, ya!

BACA JUGA: 5 Cara Cerdas Biar Langsung Diajak Jadian Sama Gebetan