Beberapa orang mengalami ghosting setelah melakukan kencan pertama dengan orang baru. Sejumlah pertanyaan menghantui pikiran mereka, “Apa yang salah denganku?”, “Apakah penampilanku terlihat jelek?”, atau “Apakah aku orang yang membosankan?”.

Pertanyaan di atas nggak akan muncul di pikiran para jomblo jika mereka paham kesalahan yang umum terjadi saat kencan pertama. Biar mulus dan berkesan, berikut ini lima rahasia sukses kencan pertama biar terhindar dari ghosting. Yuk, simak!

1. Berikan usaha maksimal

Biar Terhindar Ghosting, Ini 5 Tips Sukses Kencan PertamaPexels.com/Jep Gambardella

Saat kencan pertama, kamu harus menempatkan diri sebagaimana mengikuti wawancara kerja. Tunjukkan penampilan terbaikmu saat kencan. Ada lho orang-orang yang nggak memperhatikan penampilan atau dandanan mereka saat kencan pertama.

Mereka nggak berdandan dengan baik, namun berharap teman kencannya akan mengerti dan menerima mereka apa adanya. Meski hubungan yang baik nantinya akan saling menerima, kesan pertama yang bagus itu sangat penting, lho!

2. Bangun percakapan yang seimbang

Biar Terhindar Ghosting, Ini 5 Tips Sukses Kencan PertamaPexels.com/Ron Lach

Momen kencan pertama memang biasanya serba canggung, bahkan mencari topik pembicaraan pun bisa terasa sulit. Padahal, sangat penting untuk membangun percakapan yang seimbang saat kencan pertama.

Nggak bertanya sama sekali tentu sebuah kesalahan, tapi terlalu banyak bertanya juga kurang tepat. Malahan, kesannya seperti menginterogasi.

Berusahalah untuk memulai percakapan yang seimbang, selayaknya permainan ping pong, di mana ada aksi dan reaksi. Bertanyalah, tapi jangan lupa untuk bercerita juga tentang diri kamu.

3. Tahu batasan apa yang boleh dibahas dan sebaiknya dihindari

Biar Terhindar Ghosting, Ini 5 Tips Sukses Kencan PertamaPexels.com/Ron Lach

Lanjutan dari poin sebelumnya, percakapan yang seimbang harus diimbangi dengan topik obrolan yang sehat. Kamu harus paham batasan serta topik apa yang boleh dibahas dan apa yang sebaiknya dihindari.

Bahasan tentang perjalanan cinta masing-masing di masa lalu adalah topik yang paling harus dihindari. Selain itu, hindari menyombongkan diri dan berlebihan mendeskripsikan diri sendiri.

4. Jauhkan gadget dari jangkauanmu

Biar Terhindar Ghosting, Ini 5 Tips Sukses Kencan PertamaUnsplash.com/Priscilla du Preez

Kesalahan lain yang nggak disadari saat kencan pertama adalah terlalu sering melihat atau memainkan ponsel. Mungkin niatnya untuk menghilangkan rasa canggung, namun tindakan ini bisa meninggalkan kesan buruk di mata si dia.

Jauhkan gadget dari jangkauanmu, tunjukkan sikap bahwa kamu menjadikan dia sebagai pusat perhatian. Memperhatikan pasangan adalah bentuk sikap sopan santun dan membuatnya merasa diistimewakan.

5. Jangan cuma ramah pada si dia, tunjukkan juga sikap bersahabat pada orang-orang di sekitarmu

Biar Terhindar Ghosting, Ini 5 Tips Sukses Kencan PertamaPexels.com/Cottonbro

Biar si dia makin terpikat padamu, tunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang baik pada semua orang. Biar dia tahu bahwa kamu nggak hanya berusaha menarik simpatinya seorang, tapi memang bersikap baik pada siapa saja. Bersikaplah ramah pada pelayan kafe tempat kalian berkencan, tukang parkir, atau pedagang kaki lima di sekitar.

Lima tips di atas dibagikan dalam sesi webinar “Your Ultimate First Date Guide!” oleh Violet Lim, Co-Founder dan CEO Lunch Actually serta Rose Wan, seorang Love Expert sekaligus Head dari Lunch Actually Singapore. Lunch Actually adalah dating agency pertama sekaligus terbesar di Asia, yang telah hadir di lima negara dan memiliki lebih dari 100 karyawan.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Rahasia Sukses Kencan Pertama biar Terhindar dari Ghosting"

Baca Juga: 4 Tips Kencan Pertama dengan Orang yang Kamu Kenal dari Dating Apps

Baca Juga: 10 Curhat Lucu Pengalaman Saat Kencan Pertama, Bikin Ilfeel!

Baca Juga: 6 Ide Kegiatan Saat Kencan Pertama Selain Nonton Film di Bioskop