Kata orang, jika kita sedang jatuh cinta maka kita lebih dominan menggunakan perasaan ketimbang logika ketika sedang mengambil sebuah keputusan. Hal itu tentunya tidak salah, namun tak jarang juga kita malah terjebak di situasi yang buruk dan sulit diakibatkan oleh pengambilan keputusan yang kurang tepat.

Bahkan, kita malah tersadar bahwa keputusan yang diambil terbilang buruk setelah kita melewati fase yang cukup melelahkan bahkan menyakitkan ketika jatuh cinta. Tapi, mengapa, sih, kita kerap membuat keputusan buruk ketika sedang jatuh cinta? Berikut ini penjelasannya.

1. Segalanya adalah tentang ‘kita’

5 Alasan Kita Sering Membuat Keputusan Buruk Saat Jatuh CintaFreepik.com

Alasan yang pertama karena kamu ingin menciptakan atau mempertahankan ‘kita’ dalam sebuah hubungan romantis. Ketika kamu membuat keputusan buruk, karena kamu ingin mempertahankan orang kamu cintai untuk berada disisimu. Tak jarang kamu juga malah mengorbankan kebahagiaan diri demi mewujudkannya.

2. Kamu sesungguhnya ingin dicintai

5 Alasan Kita Sering Membuat Keputusan Buruk Saat Jatuh Cintafreepik.com/lookstudio

Membutuhkan kasih sayang dan cinta juga menjadi alasan mengapa kita kerap membuat keputusan yang buruk dan merugikan dalam hubungan percintaan. Berharap calon atau pasangan bisa mengisi kekosongan dalam hati, membuat kita tidak bisa berpikir dengan jernih.

3. Karena kita ‘jatuh cinta’

5 Alasan Kita Sering Membuat Keputusan Buruk Saat Jatuh Cintaunsplash.com/Joanna Nix-Walkup

Mengapa kita suka membuat keputusan yang salah saat jatuh cinta? Jawabannya tentu karena kita ‘jatuh cinta’. Ada pepatah cinta membutakan segalanya bisa saja benar. Ketika jatuh cinta, kita hanya ingin menikmati semua keindahannya tanpa memedulikan resikonya. Demi kepuasan dan ego diri sendiri, sering kali kita terjebak di situasi menyulitkan karena kesalahan dalam membuat keputusan.

4. Cenderung tidak berpikir panjang

5 Alasan Kita Sering Membuat Keputusan Buruk Saat Jatuh CintaPexels.com/Garon Piceli

Ketika yang ada dipikiranmu hanya pasangan atau gebetan, tentu membuatmu sulit berpikir panjang. Kamu hanya mencari jalan paling cepat untuk mempertahankan seseorang yang kamu cintai. Sehingga, kamu tidak memikirkan seperti apa resiko yang mungkin terjadi jika kamu tetap memilih keputusan tersebut.

5. Menggunakan emosi

5 Alasan Kita Sering Membuat Keputusan Buruk Saat Jatuh CintaPexels.com/Ron Lach

Salah satu alasan penting yang mempengaruhi keputusan adalah emosi. Menggunakan emosi ketika mengambil keputusan tidak selalu tepat, malah cenderung membuat situasi jadi lebih rumit. Karena, kamu tidak mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang biasanya muncul ketika menggunakan logika.

Itulah kelima alasan mengapa kita kerap membuat keputusan buruk saat jatuh cinta. Melihat jauh ke depan dan mempertimbangkan kebaikan diri sendiri juga sangat penting ketika mengambil keputusan. Jadi, jangan gegabah, ya!

Baca Juga: Kata Terapis, Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sedang Jatuh Cinta 

Baca Juga: So Sweet! Ini 5 Hal yang Membuat Pacar Makin Jatuh Cinta Sama Kamu

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Setiap Zodiak Takut untuk Jatuh Cinta