Semulus apa pun hubungan kamu dengan pasangan, masalah dan pertengakaran pasti pernah kalian alami. Masalah sepele, bahkan masalah yang serius bisa mengantarkanmu dalam sebuah kata putus dan perpisahan. Tentunya kamu nggak boleh menyerah begitu saja, Bela! 

Mempertahankan suatu hubungan memang bukan hal yang mudah, apalagi bagi kamu yang menjalin hubungan cukup lama dengan pasanganmu. Semakin lama menjalin suatu hubungan, semakin mengetahui sifat dan kebiasaan pasangan. Berikut 15 cara mempertahankan hubungan yang dapat kamu ketahui.

Cara mempertahankan hubungan yang hampir putus

Sifat buruk dan kebiasaan dari pasangan yang nggak kamu suka, lama kelamaan terlihat. Bukan cuma kamu yang nggak suka, pasanganmu pun bisa sebaliknya, lho. Beberapa masalah yang sering kalian ributkan dapat membawa kamu dan pasanganmu di tahap ini. Ayo, simak beberapa cara mempertahankan hubungan yang hampir putus.

1. Bersikap saling terbuka satu sama lain

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPexels.com/Radu Florin

Menyimpan perasaan dan memendamnya sendiri dapat membuatmu selalu kepikiran dan nggak tenang. Coba ajak pasanganmu untuk saling terbuka dan menyelesaikan masalah yang kalian hadapi saat ini. Dengan mencoba saling terbuka, maka hal ini akan menghindari kesalahpahaman satu sama lain. Jadi, jangan memendamnya sendiri, Bela.

2. Coba untuk evaluasi hubungan

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/johanmouchet

Mungkin kamu dan pasanganmu bisa saling memperbaiki hubungan kalian. Misalnya, caramu dan pasanganmu berbeda dalam hal memberi perhatian atau berkomunikasi. Komunikasi juga dapat memengaruhi hubungan kalian, lho. So, jangan sampai miss komunikasi, ya!

3. Mengakui kesalahan dan meminta maaf pada pasangan

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/heftiba

Saat terjadi permasalahan dalam suatu hubungan, kamu dan pasangan akan sama-sama bersikap egois dan saling menyalahkan satu sama lain. Dalam hal ini, kamu harus bisa mengatasinya dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf duluan. Jangan gengsi untuk memulainya, Bela. Ini semua untuk mempertahankan hubungan kalian.

4. Kendalikan diri saat sedang bertengkar

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnplash.com/shelbymary_

Cara mempertahankan hubungan yang satu ini juga nggak penting, Bela. Jika sudah dalam kondisi yang hampir retak, biasanya kalian akan bertengkar hebat. Jangan membentak atau bahkan main fisik dengan pasanganmu. Itu sangat nggak sehat dalam suatu hubungan, apalagi untuk memperbaiki hubungan kalian. Karena perdebatan harus dilakukan dengan komunikasi dan mood yang baik.

5. Jangan mengungkit masalah sebelumnya

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/itsmiki5

Nah, menghadapi masalah memang harus diperhatikan baik-baik. Jangan mengungkit masalah yang sudah lewat, itu dapat memicu kembalinya pertengkaran di antara kamu dan pasangan. Membiasakan diri untuk mengambil keputusan bersama sangat penting untuk ke depannya, lho.

Cara mempertahankan hubungan LDR

Long distance relationship atau biasa disebut juga hubungan jarak jauh memang nggak mudah dijalani. Apalagi kalau kamu tipe orang yang selalu ingin bertemu dan nggak bisa jauh-jauh dari orang yang kamu sayangi. Tapi jangan khawatir, ternyata LDR juga dapat kamu lewati dengan beberapa tips di bawah ini. Ayo simak!

1. Saling berkomunikasi

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPexels.com/JoshWillink

Komunikasi merupakan kunci yang sangat penting dalam menjalin hubungan. Berkomunikasilah dengan pasanganmu, jangan sampai terjadi miss komunikasi. Misalnya, beri dia kabar ke mana kamu akan pergi atau dengan siapa kamu sekarang agar dia nggak curiga dan khawatir. Ingat, kalian menjalani hubungan jarak jauh, jadi maklum kalau pasanganmu cepat khawatir.

2. Menghargai waktu jika sedang bersama

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/madbyte

Waktu adalah uang. Jangan sia-siakan waktumu, apalagi jika kamu sedang bersama dengan pasangan. Pertemuanmu dengan pasangan nggak bisa terjadi setiap hari, mungkin saat kamu atau pasangan sedang pulang atau saling bertemu di suatu kota. Habiskanlah waktu kalian dengan pergi bersama. Coba jauhkan telepon genggam kalian, hargailah waktumu bersamanya.

3. Saling percaya

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPexels.com/rawpixel

Saling percaya satu sama lain juga mempermudah hubungan kamu dan pasangan dalam menjalani LDR ini. Jangan terlalu banyak curiga pada pasanganmu. Kalian memang nggak sedang bersama, tapi cobalah untuk percaya pada pasanganmu.

4. Merayakan acara penting bersama

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPexels.com/freestocks

Cobalah luangkan waktumu untuk merayakan beberapa acara yang sebelumnya nggak bisa dirayakan bersama. Misalnya, seperti hari valentine atau hari jadi kalian yang nggak sempat dirayakan bersama karena salah satu dari kalian nggak ada di tempat. Pasti akan seru banget deh, better late than never.

5. Berikan kejutan kecil saat bertemu

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPinterest.com/Zahraoliviany

Beri kejutan kecil saat kamu bertemu lagi dengannya. Kamu bisa diam-diam menghampiri rumahnya dan nggak bilang pada pasanganmu kalau kamu sedang berada di kotanya. Sengaja pulang untuk menghadiri hari ulang tahunnya tanpa diketahui pasanganmu juga boleh, lho. Pasti pasanganmu akan senang banget, deh.

Cara mempertahankan hubungan yang nggak direstui

Untuk masalah yang satu ini memang cukup sulit dihadapi. Melawan atau berdebat dengan orangtua nggak mungkin dilakukan. Jangan terlalu pesimis, segala masalah pasti dapat diselesaikan, Bela. Coba simak 5 tips berikut untuk memastikan kepada orangtuamu dan orangtua pasanganmu bahwa kalian serius dengan hubungan ini.

1. Berikan perhatian pada keluarganya

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/freestocks

Menayakan kabar mama atau papanya bukan hal yang salah. Tapi, ingat jangan terlalu sering, mereka akan merasa terganggu dengan hal ini. Cobalah sesekali menanyakan keadaan mereka bagaimana, siapa tahu dengan memberikan perhatian lebih mereka bisa membuka hatinya.

2. Ingat keluarganya saat pergi liburan

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPexels.com/brucemars

Sesekali belikanlah oleh-oleh untuk keluarga pasanganmu. Oleh-oleh seperti makanan khas asal tempat liburanmu atau cenderamata dari kota atau negara tersebut. Nggak ada salahnya kan untuk mencoba?

3. Tunjukkan bahwa kamu perhatian pada pasanganmu

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanPexels.com/IvandreiPretorius

Tunjukkanlah kepada keluarganya kalau kamu sayang dan perhatian terhadap anak mereka. Saat kamu diajak pergi makan atau makan malam di rumah mereka, cobalah untuk mendahulukan pasanganmu dibanding kamu dalam mengambil makanan.

4. Berusaha selalu tampil menarik

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/tamarabellis

Penampilan kamu juga diperhatikan lho. Berusahalah untuk selalu berpenampilan menarik dan bersih. Nggak ada salahnya kan untuk merawat diri sendiri?

5. Tunjukan bahwa kamu dan pasangan serius menjalin hubungan

15 Cara Mempertahankan Hubungan agar Awet Sampai PernikahanUnsplash.com/nate_dumalao

Cara mempertahankan hubungan yang satu ini juga dapat kamu tunjukkan kepada orangtuamu atau orangtua pasanganmu. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu dan pasangan nggak main-main dalam menjalin hubungan. Berilah mereka kepercayaan bahwa bersama dengan pasanganmu kamu akan bahagia.

Itu dia beberapa cara mempertahankan hubungan untuk kamu dan pasangan. Semoga tips-tips tersebut dapat mengembalikan kondisi hubungan kalian kembali. Mencoba nggak ada salahnya kan?

Baca Juga: Kata-Kata untuk Mempertahankan Hubungan Biar Tetap Harmonis