Sejak diberlakukannya pembatasan sosial oleh pemerintah sejak satu bulan lalu, mungkin di antara kamu ada yang harus bekerja dari rumah dan hanya keluar rumah untuk kebutuhan penting, seperti berbelanja makanan.

Lalu bagaimana dengan kehidupan sosial kamu? Yap, selama sebulan terakhir ini, kamu tidak bisa bertemu sahabat, pacar, atau bahkan gebetan yang baru kamu kenal.

Meski dalam kondisi social distancing, kamu tetap harus bisa menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat, dong! Bagaimanapun juga manusia kan makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain.

Nah, Tinder, sebuah social discovery app yang memungkinkan penggunanya berkenalan dengan teman-teman baru, punya beberapa jurus ampuh, nih, agar komunikasi kamu dengan si dia bisa tetap terjaga selama masa pembatasan sosial. Apa saja, ya?

1. Atur jadwal "ketemuan"

5 Jurus Ampuh Lakukan Virtual Date Saat Pembatasan SosialPexels.com/Edward Jenner

Tidak hanya jadwal nonton drama Korea yang harus kamu buat, tapi kamu dan dia juga harus buat jadwal untuk 'ketemuan'. Terutama, jika si dia adalah hasil passporting kamu di Tinder dan dia berada di zona waktu yang berbeda. Pastikan jadwal ketemuan ini berada di saat kalian bebas dari aktivitas apa pun, sehingga kalian fokus pada percakapan dan pertemuan kalian pun akan lebih bermakna. Selain itu, jadwal ini berguna supaya kamu tidak menunggu lama balasan chat dari si dia.

2. Usahakan percakapan tetap fresh

5 Jurus Ampuh Lakukan Virtual Date Saat Pembatasan SosialPixabay.com/Anastasia Gepp

Mengonsumsi buah dan sayuran segar atau kopi yang baru diseduh, rasanya pasti menyenangkan, kan? Begitu juga dengan percakapan kamu dan dia. Usahakan percakapan kalian membahas hal-hal di luar rutinitas, seperti rencana saat masa pembatasan sosial ini telah berakhir, isu atau trending topic yang ada di Twitter, atau cerita tentang diri kalian masing-masing supaya kalian berdua lebih mengenal satu sama lain.

3. Will you go on a date with me?

5 Jurus Ampuh Lakukan Virtual Date Saat Pembatasan SosialFreepik

Dengan hadirnya teknologi di dunia ini, kamu tetap bisa nge-date secara virtual melalui video call. Di jadwal 'ketemuan' yang sudah kalian sepakati, kamu dan si dia bisa video call sambil makan malam, share screen situs tempat-tempat wisata yang kalian ingin kunjungi, atau streaming konser musisi kesukaan bersama. Dijamin virtual dating kalian akan seru! 

4. Konsistensi adalah kunci

5 Jurus Ampuh Lakukan Virtual Date Saat Pembatasan SosialUnsplash.com/Yogas Design

Apa pun yang kamu lakukan, harus konsisten. Jadikan jadwal dan pola komunikasi kamu dan dia yang sudah berlangsung selama ini, menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari. Kamu dan dia tidak perlu berkomunikasi setiap saat, cukup 1 - 2 jam setiap harinya, tapi percakapan kalian menyenangkan dan berarti. 

5. Rencanakan masa depan

5 Jurus Ampuh Lakukan Virtual Date Saat Pembatasan SosialPixabay.com/amrothman

Setelah hal-hal di atas berjalan lancar, saatnya kamu dan dia membuat rencana bersama untuk masa yang akan datang. Kamu dan dia harus mulai berpikir tentang kelanjutan dari hubungan kalian dan aktivitas yang dapat dilakukan bersama ke depannya. Buatlah daftar aktivitas yang bisa kalian lakukan bersama, seperti mengunjungi tempat-tempat baru, main bowling, nonton konser, olahraga, atau berkontribusi menjadi sukarelawan untuk kegiatan sosial.

Baca Juga: Tinder Gratiskan Fitur Passport, Bisa ‘Jalan-jalan’ ke Berbagai Negara

Baca Juga: 5 Tips Gampang Agar Profilmu di Aplikasi Online Dating Lebih Menarik 

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi Kencan