Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Resolusi Tahun Baru yang Dapat Diwujudkan Bareng Pasangan

Berusahalah untuk mencapainya bersama-sama

Puspita Ramadhani

Masih banyak yang menganggap sepele dan melewatkan untuk menulis resolusi di tahun baru. Sebab, banyak orang yang menilai bahwa itu tidak berguna lantaran lebih banyak yang tidak terpenuhi. 

Namun, beda halnya jika resolusi tersebut dilakukan bersama pasanganmu. Merencanakan dan menuliskan pencapaian untuk berdua bisa membantumu untuk tetap menepati janji dan saling berusaha untuk mencapai tarrget tersebut. 

Nah, jika kamu bingung dengan target apa yang ingin kamu capai berdua, di bawah ini Popbela akan merekomendasikan beberapa ide dan contoh resolusi tahun baru bersama pasangan!

1. Rutin melakukan hal baik bersama

Pexels.com/Tear Cordez

Bukankah menyenangkan bila kita mengetahui bahwa kehadiran kita bisa memberikan manfaat buat orang lain? Maka dari itu, tulislah rencana untuk selalu berbuat baik bersama pasanganmu. 

Kamu bisa menuliskan 12 kegiatan bermanfaat yang akan kamu lakukan setiap bulannya. Seperti memberi makan anak panti asuhan, membagikan makan siang gratis, dan lainnya. Tidak hanya memberi kebahagiaan bagi orang lain, perasaan saling menolong itu juga bisa membuat kamu dan pasangan menjadi lebih bersyukur. 

2. Jadwal masak bersama

pexels.com/vlada-karpovich

Tentunya, akan lebih mudah bagimu dan pasangan untuk langsung memesan makanan cepat saji saat sedang bersantai di sofa. Namun, bukankah itu akan mengurangi keintimanmu bersama pasangan?

Maka dari itu, mulailah untuk menentukan jadwal rutin untuk memasak makanan sehat bersama pasangan. Apabila kegiatan memasak ini adalah hal baru bagi kamu dan pasangan, cobalah untuk memulainya setiap 2 minggu sekali. 

3. Berkeringat bersama

pexels.com/pavel-danilyuk

Meskipun kamu tidak mengalami kelebihan berat badan, tapi menjaga tubuh agar tetap bugar adalah sebuah kewajiban. Agar lebih menyenangkan, lakukanlah kegiatan olahraga ini bersama pasanganmu. Kamu bisa saling mengingatkan agar tetap konsisten dan juga mencoba berbagai jenis olahraga agar tidak mudah bosan. 

4. Meningkatkan kualitas seks

pexels.com/pavel-danilyuk

Saat kamu dan pasangan sedang sama-sama sibuk, tanpa disadari kualitas seks bisa menurun. Apabila ini sudah terjadi, maka api cinta dalam hubunganmu pun juga ikut menghilang. 

Solusinya, luangkanlah waktu untuk terhubung kembali dengan pasanganmu dengan menjadwalkan staycation atau kencan romantis setiap bulan. Kamu dan pasangan juga butuh waktu liburan berdua tanpa disibukkan dengan hal lain. 

5. Berhenti meributkan hal kecil

pexels.com/mikhail-nilov

Mulailah untuk menghindari pertikaian karena permasalahan kecil. Jika memang hal tersebut perlu dibahas, kamu dan pasanganmu harus memiliki tekad untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan kepala dingin. 

6. Berjanji untuk jujur secara emosional

pexels.com/mikhail-nilov

Bahkan, orang yang paling blak-blakan pun pernah merasa kesulitan untuk menjelaskan perasaannya kepada pasangan di beberapa situasi. Memang, sangat sulit untuk berbagi perasaan yang sedang kita alami. Apalagi, jika kita sudah dihantui oleh perasaan takut akan reaksi pasangan kita. 

Kendati demikian, jujur akan emosi apa pun yang tengah kamu rasakan, bisa membantu kalian untuk mengatasi sumber masalah tersebut sejak awal. Ingatlah bahwa pasangan yang baik adalah seseorang yang bisa membuatmu merasa aman untuk mengutarakan semua kegundahan. 

7. Fokus kepada pasangan

pexels.com/khoa-võ

Mungkin, sebagian orang sudah memaklumi pasangan yang masih sibuk bermain ponsel di tengah kegiatan kencannya. Saat melakukan hal tersebut, sebagian orang berpikir bahwa mereka bisa melakukan dua kegiatan sekaligus, yakni bermain ponsel dan menemai kekasihnya berkencan. 

Sayangnya, kegiatan itu hanya mengurangi kualitas waktu berdua bersama pasangan. Oleh karena itu, simpanlah ponselmu saat tengah bersama dan habiskan waktu intim tersebut dengan sebaik-baiknya. 

8. Kurangi kritik, perbanyak pujian

pexels.com/anastasia-shuraeva

Tak akan ada yang merasa sanggup untuk hidup bersama seseorang yang penuh dengan kritikan. Alih-alih bahagia, yang kamu dapatkan hanyalah perasaan tak pantas lantaran terlalu banyak kekurangan yang disebutkan. 

Sebisa mungkin, hindarilah menjadi pasangan yang penuh dengan kritikan. Bukan tidak boleh, tentu kritik tetap diperlukan dengan cara yang baik. Selain itu, kurangilah rasa gengsimu untuk memberi pujian-pujian atas apa yang telah dilakukan pasanganmu. Meski itu hal sederhana sekalipun. 

9. Lebih banyak mendengarkan

pexels.com/fred-souza

Meski terlihat gampang, kenyataannya menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi sangat sulit untuk dilakukan. Ada berapa banyak pasangan yang alami pertikaian karena berbeda tujuan saat bercerita. 

Bisa jadi, pasanganmu membutuhkan masukan, namun salah satunya hanya ingin didengarkan. Itulah pentingnya bisa memahami kondisi pasanganmu. Cari tahu terlebih dahulu apakah ia ingin sekadar didengarkan atau membutuhkan masukan. Jika ia hanya ingin didengarkan, berikanlah reaksi terbaikmu untuk memvalidasi perasaannya. 

10. Bermain bersama

pexels.com/cottonbro-studio

Bukan berarti saat kamu telah menjadi pasangan dewasa, kamu tak bisa bermain dan bersenang-senang layaknya anak kecil. Banyak jenis permainan anak-anak yang masih bisa kamu lakukan bersama. Seperti puzzle, UNO, atau berlari kejar-kejaran sekalipun. 

Dengan kamu bermain bersama pasangan, kamu akan meningkatkan rasa sukacita yang nantinya langsung berdampak baik pada hubunganmu. Permainan yang sudah jarang kamu lakukan itu pun menjadi kenangan manis bagimu dan pasangan. 

11. Menghentikan kebiasaan buruk bersama-sama

Freepik.com/jcomp

Telah lama bersama membuatmu mengetahui sikap kurang baik apa saja yang dimiliki pasanganmu. Sebelum tahun berganti, kamu bisa saling memberikan evaluasi terhadap sikap-sikap kurang menyenangkan yang kalian miliki.

Selanjutnya, mulailah merancanakan perubahan sederhana yang bisa mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Ketahuilah, pada kondisi ini, dibutuhkan sikap suportif agar bisa mencapai perubahan yang kalian inginkan. 

Setelah sadar bahwa resolusi tahun baru yang telah disebutkan di atas penting untuk keberlangsungan hubungan asmaramu. Yuk, ajak pasanganmu untuk merencanakannya bersama-sama. 

IDN Media Channels

Latest from Dating