Setiap tahun berganti pasti akan ada resolusi yang mungkin direncanakan untuk bisa diwujudkan. Resolusi ini bukan hanya milik "individu" masing-masing saja, lho, tetapi dalam hubungan rumah tangga pun juga bisa.

Kamu dan pasangan bersama-sama merencanakan hal-hal apa saja yang bisa kalian lakukan bersama untuk mewujudkan rumah tangga yang lebih baik dan harmonis. Tentunya dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Nah, kalau mungkin tahun 2021 lalu kalian juga memiliki resolusi, tapi ternyata belum sempat terwujud, nggak ada salahnya, lho, untuk mencobanya lagi di tahun yang baru ini. Tapi, kalau kamu butuh rencana yang baru, berikut ini Popbela bantu siapkan ide resolusi tahun baru untuk kehidupan rumah tangga.

1. Lebih rajin berolahraga

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebanyak apa pun resolusi yang kamu miliki bersama pasangan, tentu nggak akan ada artinya kalau hanya salah satunya saja yang bisa mewujudkannya. Artinya, sebelum berusaha mencapai semua resolusi kalian, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan diri kalian sendiri.

Maka, ide resolusi tahun baru untuk kehidupan rumah tangga yang paling pertama adalah membuat jadwal rutin untuk berolahraga. Kesehatan itu penting karena bisa menjadi penopang semua kegiatan kalian yang lainnya. 

Cukup sediakan waktu selama 15-30 menit di pagi hari selama 5 kali dalam seminggu. Tidak hanya bisa membuat kalian sama-sama lebih sehat, tetapi juga menjaga keharmonisan rumah tangga.

2. Rutin menabung

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Pexels.com/Karolina Grabowska

Selain kesehatan, aspek penting lainnya yang berpengaruh dalam rumah tangga adalah soal keuangan. Apalagi di tengah terjadinya wabah pandemi COVID-19, banyak kondisi keuangan seseorang maupun rumah tangga menjadi terganggu. Kita jadi belajar betapa pentingnya dana darurat untuk kebutuhan mendadak.

Untuk itu, di tahun 2022 ini, coba buat resolusi tentang jadwal khusus menabung. Jika di tahun lalu mungkin kalian masih belum bisa menyesuaikan dengan kondisi darurat, maka implementasikan semua pelajaran yang sudah didapatkan. 

Cobalah untuk belajar menyisihkan uang, jika mungkin setiap bulan, ditujukan khusus untuk dana darurat. Hal ini tentu akan sangat membantu, lho, untuk ke depannya.

3. Memiliki jadwal liburan bersama

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Pexels.com/RODNAE Production

Liburan itu baiknya adalah sesuatu yang direncanakan. Apalagi kalau kamu dan pasangan sama-sama memiliki jadwal yang padat terkait pekerjaan masing-masing. Kalian mungkin akan kesulitan meluangkan waktu untuk melakukan quality time berdua. 

Meski begitu, jangan jadikan kesibukan kalian sebagai alasan untuk tidak menjaga keharmonisan rumah tangga. Di tahun yang baru ini, tekadkan niat kalian berdua untuk sama-sama memiliki jadwal liburan bersama.

Kalian bisa memulainya di awal tahun, supaya tidak mengganggu dengan jadwal lainnya. Lalu, pastikan jika seandainya ada sesuatu yang mendadak dan membuat jadwal kalian gagal, segera tentukan di hari lainnya.

4. Meluangkan waktu untuk mengobrol setiap hari

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga pexels.com/Rodnae Productions

Kehidupan rumah tangga itu pasti sebagian besar diisi dengan obrolan. Sesibuk apa pun kalian di luar rumah atau kantor, luangkan waktu untuk mengajak obrol atau diskusi bersama pasangan.

Nggak perlu bahasan yang berat-berat, kok. Cukup ceritakan saja kegiatan kalian sehari-hari di luar rumah. Entah mungkin ada kejadian lucu di kantor atau mungkin soal gosip-gosip yang sedang viral. 

Satu hal yang perlu diingat adalah komunikasi itu kunci keharmonisan dan kehangatan dalam rumah tangga. Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkannya dalam resolusi tahun baru 2022, ya!

5. Belajar untuk tidak lupa mengucapkan terima kasih dan maaf pada pasangan

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Pexels.com/Vanessa Garcia

Kata “terima kasih” dan “maaf” memang terlihat sederhana, tapi efek yang diberikan itu sangat luar biasa, lho. Apalagi kalau diucapkan oleh orang yang kita sayangi.

Kata terima kasih, bisa membuat kita merasa dihargai. Terlebih jika kita menganggap apa yang kita berikan itu terbilang sepele. Itu artinya, pasangan sangat menghargai hal-hal kecil dan itu bisa membuat hubungan terasa semakin indah.

Lalu, kata maaf pun begitu. Tidak semua orang mudah mengakui kesalahan dan meminta maaf. Untuk itu, kata maaf dan terima kasih adalah kata-kata magic yang wajib masuk dalam ide resolusi rumah tangga kamu dan pasangan.

6. Lebih sering memuji pasangan

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Pexels.com/Ufuk Hambarduzu

Apakah di tahun 2021 lalu kamu dan pasangan sering mengalami konflik yang membahas soal kekurangan kalian masing-masing? Dan apakah hal itu sering kalian lakukan?

Kalau iya, maka buatlah perubahan di tahun yang baru ini. Cobalah untuk belajar menghargai pasangan dengan memujinya. Ingat, kalau kalian ingin hubungan rumah tangga yang harmonis dan langgeng, jangan mau kalah dengan ego dan gengsi kalian masing-masing. 

Mulailah dari pujian soal hal-hal kecil, seperti mungkin penampilannya saat berangkat kerja, atau mungkin masakan yang dibuat pasangan.

7. Mengurangi waktu bermain gadget

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga freepik.com/wavebreakmedia

Kita semua pasti setuju kalau gadget sudah terlalu banyak menyita waktu kita dalam kehidupan sehari-hari, begitu pun dalam rumah tangga. Komunikasi menjadi terhambat karena mungkin salah satu pihak terlalu sering menggunakan gadget saat sedang bersama.

Oleh sebab itu, untuk mencegah terkikisnya komunikasi dan terciptanya jarak dalam rumah tangga, jangan hanya meluangkan waktu untuk mengobrol setiap hari. Tetapi ada baiknya kamu juga membuat resolusi soal mengurangi waktu bermain gagdet.

8. Mengurangi berbohong tentang hal-hal kecil

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Ba Tik/Pexels

Ketika kita berbohong tentang hal-hal kecil, maka sangat mudah bagi kita untuk berbohong tentang hal-hal yang lebih besar. Mungkin selama ini kalian tidak menyadarinya, tapi ketika hal itu terus dilakukan, lambat laun kalian akan sadar dan merasa khawatir. 

Untuk itu, di tahun 2022 ini, alangkah lebih baik kamu dan pasangan sama-sama membuat resolusi untuk mengurangi berbohong tentang hal-hal kecil. Sekecil apa pun itu walau menyakitkan, usahakan untuk diungkapkan.

9. Mencoba sesuatu yang baru bersama setiap bulan

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga freepik.com/marymarkevich

Tahun yang baru, pasti semangat yang kalian miliki pun baru. Untuk itu, cobalah sesuatu yang menantang yang belum pernah kalian coba di tahun 2021 kemarin. Sebagai pasangan, mencari aktivitas atau hobi baru yang terasa asing bagi kalian bukanlah ide yang buruk, lho.

Cobalah restoran baru, ikuti kelas bersama, atau pergi berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan hal-hal semacam ini, kalian akan sama-sama tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik dan menjaga hubungan rumah tangga tetap kuat.

10. Mengatur waktu tidur

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan Rumah Tangga Pexels.com/Yaroslav Shuraev

Ide resolusi terakhir yang tidak kalah penting adalah soal jadwal tidur. Pasalnya jam tidur seseorang juga berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan.

Untuk itu, di tahun yang baru ini, buatlah resolusi untuk membuat waktu tidur yang lebih baik. Kurangi begadang jika tidak ada hal mendesak dan penting. Juga, kurangi waktu bermain gadget sebelum beranjak untuk tidur di malam hari.

Selain itu, tambahkan juga untuk buat waktu tidur di jam yang sama dengan pasangan. Yup, dengan memiliki waktu tidur yang sama, kalian bisa saling terhubung setelah hari yang panjang dan keintiman pun bisa semakin terasa.

Nah, itu dia tadi 10 ide resolusi tahun baru untuk kehidupan rumah tangga. Bagaimana? Masuk daftar resolusi kamu nggak, nih? 

Baca Juga: 5 Resolusi Kencan Perempuan Single untuk Tahun Baru 2022 

Baca Juga: Peruntungan 12 Shio di 2022, Tahun Macan Air

Baca Juga: 20 Masalah Rumah Tangga dan Cara Mengatasinya