Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Aktor Gay Taiwan Aaron Yan Terlibat Skandal Pemerkosaan di Bawah Umur

Sempat menyangkal, kini ia meminta maaf

Puspita Ramadhani

Media internasional saat ini sedang diramaikan oleh aktor sekaligus penyanyi asal Taiwan, Aaron Yan. Pasalnya, lewat hashtag #MeToo, seorang lelaki bernama Yao Le membuat sebuah pengakuan di mana Aaron Yan telah melakukan kekerasan seksual kepadanya ketika ia masih di bawah umur.

Setelah memendamnya selama bertahun-tahun, Yao Le membuka suara dan menceritakan runtutan kronologinya lewat akun Instagram @tnps96073. Seperti apa pengakuan Yao Le dan bagaimana tanggapan penyanyi, Aaron Yan? Selengkapnya di bawah ini. 

1. Awal mula perkenalan

instagram.com/aayan1120

Menjadi seorang selebriti terkenal, membuat netizen merasa penasaran bagaimana rasanya berinteraksi dengan idolanya. Kira-kira, seperti itulah yang dirasakan Yao Le saat melihat Aaron Yan.

Niat hati hanya penasaran ingin melihat keseharian Aaron Yan, siapa sangka bila permintaan pertemanan Yao Le langsung diterima begitu saja oleh Aaron. Sejak saat itu, terjadi obrolan antara Aaron dan Yao. 

"Keingintahuanku kepada kamu, dan kepada selebriti lain pada umumnya, membuat aku mengirimkan permintaan pertemanan kepada kamu. Tanpa diduga, kamu menerimanya.
Sejak saat itu, kami mengobrol dan kamu mengundangku untuk datang ke tempatmu menonton Netflix.

Aku bertanya-tanya apakah aku sedang bermimpi… Untuk berbicara dengan idola terkenal, seorang selebriti yang aku sukai sejak kecil, dan semakin lama semakin melangkah lebih jauh."

2. Melakukan hubungan seksual di bawah umur

instagram.com/aayan1120

Terbuai oleh perasaan suka sekaligus kagum lantaran bisa berinteraksi intim dengan idolanya, Yao Le mengaku kehilangan akal sehatnya dan selalu menuruti apa pun yang diminta oleh Aaron. Bahkan, Yao yang kala itu berusia masih sangat belia mengira bahwa Aaron adalah laki-laki yang baik dan akan melindunginya.

“Saat itu, aku baru berusia 16 tahun dan tinggal di Taipei sendirian untuk belajar. Kamu adalah pangeran tampanku. Aku selalu melakukan apa pun yang kamu katakan, karena kamu adalah seorang selebriti, idola, dan pasangan saya. Kamu tidak akan pernah menyakitiku.

Tapi aku salah. Aku malah memberi 'keperjakaanku', ketika masih berusia 16 tahun."

3. Merekamnya secara diam-diam

instagram.com/aayan1120

Keinginan Aaron Yan untuk merekam hubungan seksualnya bersama Yao Le telah ditampakkan sejak awal. Namun, Yao Le dengan tegas menolaknya dan Aaron berjanji untuk tidak melakukannya.

Sayangnya, perkataan Aaron hanya sebuah janji. Secara diam-diam, ia memasang kamera di tempat yang tidak disadari oleh Yao dan mulai merekam hubungan seksualnya, meski di saat Yao belum terbangun dari tidurnya.

"Kami bahkan membuat janji kelingking. Karena saat itu, aku pikir janji kelingking harus ditepati. Aku berkata, 'Kamu benar-benar tidak boleh melakukan hal seperti ini di masa depan. Aku sangat membencinya.' Dia bilang dia bersedia melakukan itu untukku.

Kamu sering terbangun sebelum aku, melihat bahwa aku masih tidur, dan memaksakan diri ke dalam diriku tanpa mempertimbangkan bagaimana perasaanku."

4. Menyangkal perselingkuhan

instagram.com/aayan1120

Tak hanya berkali-kali meminta berhubungan seksual dan merekamnya secara diam-diam, Aaron Yan juga memanipulasi Yao dengan pengakuannya yang mengatakan bahwa ia tidak berselingkuh. Padahal, saat itu Yao telah menerima banyak panggilan masuk dari orang yang tidak dikenalnya dan mengaku sebagai kekasih Aaron.

"Saat kami berkencan, aku mendapat telepon larut malam dari pasanganmu yang lain, mempertanyakan hubungan antara kita dan mengatakan bahwa mereka adalah pacar kamu yang sebenarnya. Aku tidak tahu bagaimana mereka mendapatkan nomor teleponku, dan aku tidak tahu bagaimana menanganinya. Aku terlalu mencintaimu. Aku mencintai seseorang yang tampak sempurna.

Kamu berkata jika orang-orang itu gila dan mengatakan kepadaku untuk tidak memperhatikannya. Dengan bodohnya, aku memercayaimu. Tapi kemudian, hal serupa terus terjadi dalam setengah tahun berikutnya, dan kemudian kita putus."

5. Video seks tersebar ke publik

instagram.com/aayan1120

Telah berjanji untuk tidak merekam apa pun, di tahun 2018 Yao Le justru dikejutkan dengan kemunculan video seksnya dengan Aaron yang telah diketahui publik. 

"Kapan kebohongan ini terungkap? Pada bulan September 2018, tepat sebelum festival pertengahan musim gugur, aku menerima banyak pesan dari berbagai netizen yang mengatakan bahwa video pribadi kita beredar. Aku merasa tidak berdaya dan tidak tahu harus berbuat apa. Pertama-tama, aku tidak tahu dari mana video itu berasal."

Yao memperjelas jika tahun 2018 itu, hubungannya dengan Aaron telah usai. Namun, ia bersumpah tidak pernah melakukan hubungan seksual dengan laki-laki mana pun, kecuali bersama Aaron. Sehingga, ia mempertanyakan dari mana asal video tersebut dan bagaimana bisa tersebar.

6. Putus sekolah dan menarik diri dari lingkungan

instagram.com/aayan1120

Dampak negatif dari video seks yang tersebar akan selalu menimpa pihak yang lebih lemah. Dalam kasus ini, Yao Le-lah menjadi pihak yang paling tidak berdaya. Ia tidak sanggup menahan semua cemooh yang tiba-tiba menghampiri dan menghancurkan hidupnya. 

"Untuk waktu yang lama, aku terlalu takut untuk meninggalkan rumah, dan terpaksa mengundurkan diri dari sekolah. Tidak hanya itu, semua pekerjaan sepertinya juga berhenti tiba-tiba… Hidupku benar-benar hancur.

"Aku bahkan bertemu dengan manajermu di sebuah kafe di Ximending untuk memberitahunya tentang banyak orang yang mencari informasi, agar kalian bisa bersiap. Aku tidak ingin kamu terluka. Tapi, cintaku bertemu dengan pengabaian. Aku berperilaku baik, namun kamu melemparku ke samping seperti sampah.” 

7. Diduga tidak bertanggung jawab

instagram.com/aayan1120

Lantas, Aaron Yan yang kala itu juga dikejar oleh wartawan dengan mudahnya memberi klaim kepada publik bahwa apa yang dilakukannya dengan mantan kekasihnya itu atas dasar suka sama suka. Melihat jawaban Aaron, Yao merasa tak terima dan membuatnya semakin sakit hati, sehingga memicu keberaniannya untuk mengungkap permasalahan tersebut.

"Ada buktinya di ponselku, dan mungkin di ponselnya juga. Jadi apa yang dia katakan tentang 'tidak memaksaku untuk melakukan apa pun', itu tidak masuk akal. Apa pun yang terjadi, setiap orang memiliki haknya sendiri dalam hal seks. Kalian tidak harus berhubungan seks hanya karena pasanganmu menginginkannya.”

8. Permintaan maaf Aaron

instagram.com/aayan1120

Lantas, ketika semuanya dibuktikan secara detail oleh sang korban, Yao Le, barulah Aaron kembali muncul ke publik dengan permintaan maafnya. Ia berkata jika hubungannya dengan Yao Le seperti bom waktu baginya, dan menjadi ketakutannya selama ini.

Dalam tulisan yang diunggahnya di Facebook, Aaron mengakui kesalahannya. Namun, ia menyangkal bahwa bukan dirinya yang menyebar video itu dengan sengaja. Menurutnya, hal itu bisa terjadi saat ponselnya sedang diperbaiki.

"Tapi saya tidak membocorkannya—setelah penyelidikan, kemungkinan terbesar adalah foto dan video bocor saat saya mengambil ponsel saya untuk diperbaiki. Untuk ini, saya melakukan yang terbaik yang saya bisa saat itu dan meminta bantuan pengacara untuk menghapus video."

Di akhir tulisannya, Aaron bersedia untuk bertanggung jawab dan berusaha untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Ia juga bersedia untuk meminta maaf kepada Yao Le dan membantunya jika Yao Le memang membutuhkan pertolongannya.

"Jika kamu bersedia, saya bersedia untuk meminta maaf kepada kamu secara pribadi. Saya juga bersedia mendukungmu untuk melewati semua rasa sakit dan melakukan segalanya untuk menebus apa yang terjadi."

Tampaknya, Yao Le tidak membuat laporan resmi kepada kepolisian, sehingga permasalahan ini akan diselesaikan keduanya secara pribadi. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating