Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara untuk Menemukan Pasangan Ideal dan Cocok

Mulailah dengan mencintai diri sendiri

Raden Putri

Menemukan pasangan hidup yang ideal dan cocok bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan usaha dan pengorbanan untuk dapat menemukan seseorang yang mau menerima apa adanya. Tujuannya tak lain agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Namun, terdapat beberapa hal yang membuat sebagian orang sulit untuk menemukan pasangannya. Mulai dari terkendala waktu dan kesibukan bekerja, hingga faktor ketidakcocokan bagi yang sudah memiliki pasangan.

Tidak perlu berkecil hati jika mengalami kesulitan menemukan pasangan hidup. Kesempatan untuk menemukan cinta sejati selalu ada untuk semua orang. Dengan catatan, kamu mau berusaha lebih keras lagi.

Pasangan hidup memang akan datang di waktu yang tepat. Tetapi hal ini bukan berarti kita tidak berusaha untuk mencarinya. Justru, jodoh yang baik itu harus dicari dan diusahakan. Lantas, apa saja cara untuk menemukan pasangan ideal dan cocok? Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mulai dengan mencintai diri sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebelum kamu mencintai orang lain, apakah kamu sudah mencintai dan menghargai dirimu sendiri? Hal ini perlu kamu ketahui, karena jika kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri, maka kamu akan kesulitan untuk mencintai orang lain.

Jika kamu masih belum berdamai dengan dirimu dan hubungan masa lalumu, maka inilah saatnya untuk move on. Yakinlah, kamu pasti akan menemukan seseorang yang tepat untukmu.

Kamu juga bisa memulai dengan memahami dan menilai diri sendiri. Hal ini dilakukan agar kamu dapat lebih percaya diri saat mencari pasangan. Saat kamu merasa layak akan sebuah hubungan, maka tanpa disadari hatimu akan terbuka dan pada akhirnya kamu akan bertemu dengan pasangan yang ideal dan cocok untukmu.

2. Ketahui apa yang kamu mau dan buat daftar pasangan ideal

Pexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu telah beberapa kali menjalani suatu hubungan dan berakhir gagal, kamu pasti sudah mengetahui pasangan bagaimana yang menurutmu ideal. Maka, tulis dan buatlah daftar tentang tipe pasangan ideal versimu itu. Cara ini bisa membantumu untuk menemukan pasangan ideal yang kamu impikan dan harapkan.

Namun, perlu diingat jika hampir mustahil untuk mendapatkan pasangan yang begitu sempurna. Cobalah untuk perhatikan kembali daftar kriteria yang kamu buat. Pertimbangkan kembali kriteria mana saja yang harus kamu pertahankan dan mana yang tidak.

3. Amati orang di sekitarmu

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Terkadang, kamu terlalu sibuk memperhatikan kesuksesan hubungan orang lain. Sibuk bertanya kepada diri sendiri mengapa kamu belum memiliki pasangan, sedangkan orang lain tengah menikmati kebahagiaan bersama kekasihnya.

Padahal, jika kamu perhatikan, mungkin ada seseorang di dekatmu dan di sekitarmu yang sedang menunggu. Hanya saja kamu tidak menyadarinya selama ini.

Kamu juga bisa mengambil pelajaran dari hubungan orang-orang di sekitarmu. Ada banyak tipe hubungan yang dapat kamu amati. Hal ini dapat membantumu untuk menjadi orang yang lebih baik ketika nanti menjalin hubungan.

4. Jangan terburu-buru dan carilah pasangan yang membuatmu nyaman

Pexels.com/Los Muertos Crew

Jika kamu sudah lama menyandang status single dan berharap dapat segera menemukan pasangan ideal yang kamu idam-idamkan. Maka, kamu perlu ingat agar tidak terlalu memaksakan diri. Terburu-buru mencari pasangan justru hanya akan membuatmu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Dengan sedikit lebih bersabar, maka kamu mungkin akan bertemu dengan seseorang yang cocok. Seseorang yang mampu membuatmu merasa nyaman ketika sedang bersama. Dan ketika dia melihatmu, kamu akan benar-benar merasakan sebuah cinta yang tulus.

Tanda kecocokan pasangan juga dapat dilihat dari emosi yang stabil dan dewasa. Hal ini tentu didapatkan dari komunikasi yang baik tentang tujuan bersama dan tidak terburu-buru.

5. Jangan takut untuk bertemu orang baru

Pexels.com/Los Muertos Crew

Setelah mengenal dirimu sendiri dan mulai menyusun impianmu, maka inilah saatnya untuk bertemu orang baru. Jika kamu masih ragu untuk menemui orang-orang di dunia nyata, maka kamu bisa mulai dengan berkomunikasi dengan seseorang melalui aplikasi kencan.

Aplikasi atau situs kencan tidak hanya membantumu menemukan pasangan, namun juga bisa digunakan untuk menambah jaringan pertemanan. Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba berkenalan dengan orang baru dan memulai sebuah pertemanan yang baik. Karena, bisa saja pasangan yang ideal dan cocok untukmu itu datang dari orang yang baru saja kamu temui.

Nah, itulah 5 cara menemukan pasangan yang ideal dan cocok yang telah Popbela rangkum. Semoga bisa membantumu dalam menemukan pasangan yang kamu impikan, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating