Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mengatasi Kecemasan Saat Berkencan, Percaya pada Insting!

Cobalah untuk menerima dan jujur dengan keadaanmu

Raden Putri

Pacaran menjadi hal yang menakutkan, terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Oleh karena itu, tidak masalah jika kamu sesekali mencemaskan hal itu. Bahkan, jika memiliki kecemasan saat berkencan, kamu juga tidak sendirian. Perasaan ini benar-benar normal dan tidak seharusnya menghentikanmu untuk mencari seseorang yang baik dan pantas untuk didapatkan olehmu.

Namun, perasaan cemas saat berkencan mungkin akan mengganggu rencana pendekatan yang sedang dilakukan. Dilansir dari Bolde, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan ketegangan saraf dan mengatasi kecemasan saat berkencan. Apa saja? Simak informasinya berikut ini, yuk!

1. Tidak perlu terburu-buru

Pexels.com/Vanessa Garcia

Kamu mungkin akan tergoda untuk mempercepat proses pendekatan saat sedang mencari seseorang untuk menjadi teman hidup. Namun, jika kamu memiliki kecemasan saat berkencan, penting untuk meluangkan waktu lebih lama dan tidak terburu-buru dalam prosesnya. Lakukanlah semua proses pendekatan dengan perlahan dan nyaman untukmu. Saat bergerak perlahan, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan hal-hal baru. Hal ini akan membantumu untuk mengurangi kecemasan yang dialami.

2. Jangan membandingkan kehidupan percintaanmu dengan orang lain

Pexela.com/Jep Gambardella

Membandingkan kehidupan percintaan dengan orang lain adalah salah satu hal yang paling buruk, tapi juga menyenangkan. Pasalnya, secara tidak langsung kamu akan menjadikan kehidupan orang lain sebagai standar dan lupa mencari kebahagiaanmu sendiri. Oleh karena itu, berkencanlah sesuai dengan apa yang membuatmu nyaman. Tidak perlu khawatir tentang siapa yang dikencani orang lain, ke mana mereka pergi, dan pada tahap apa hubungan mereka berada pada. Sebab, semua orang punya jalannya masing-masing untuk menuju bahagia.

3. Pilih aktivitas kencan yang membuatmu merasa aman

Pexels.com/Katerina Holmes

Karena bagi sebagian orang kencan adalah suatu hal yang menakutkan, maka perlu memilih aktivitas dan lokasi kencan yang bisa membuatmu merasa aman. Apabila kencan dengan melakukan makan malam terlalu menakutkan, cobalah untuk memilih coffee date yang lebih singkat sebagai alternatifnya. Kamu juga bisa memilih lokasi kafe yang sudah kamu kenal untuk mengurangi kecemasan. Selain itu, banyak juga orang yang melakukan aktivitas kencan sederhana, seperti berjalan-jalan di siang hari.

4. Percaya pada insting

Pexels.com/Dziana Hasanbekava

Mungkin akan terasa sulit untuk memercayai insting saat tengah diliputi oleh rasa cemas. Namun, penting untuk tetap mendengarkan intuisimu saat berkencan. Jika kamu mendapat kesan buruk dari seseorang, jangan merasa tertekan untuk berkencan dengannya. Belajarlah untuk mendengarkan suara hatimu dan biarkan hal tersebut membantumu melalui proses pendekatan ini.

5. Jangan mencoba menyembunyikan kecemasan

Pexels.com/Katerina Holmes

Dibanding harus menyangkal dan menyembunyikan perasaan cemasmu, akan lebih baik untuk menerima dan jujur dengan keadaanmu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk terbuka dengan teman kencanmu agar dapat mendiskusikan hal-hal yang membantumu merasa nyaman. Pasalnya, meski dia terlihat tenang, namun bukan tidak mungkin jika dia juga merasa gugup. Oleh karena itu, tidak perlu menyembunyikan rasa cemasmu karena itu adalah hal yang normal.

6. Jangan menyalahkan diri sendiri jika kencan tidak berjalan dengan baik

Pexels.com/Katerina Holmes

Hilangkan tekanan dari diri sendiri dengan meyakinkan jika tidak apa-apa bila sesuatu tidak berjalan dengan baik. Pasalnya, sebagian besar kencan pertama memang tidak selalu berjalan dengan baik. Hal yang paling penting adalah kamu tetap berusaha melanjutkan kencan tersebut meski dilanda oleh rasa cemas. Namun, jika kencan tersebut berjalan dengan lancar, maka itu adalah hadiah untuk kerja kerasmu.

7. Tetapkan batasan

Pexels.com/cottonbro studio

Apa pun yang terjadi, pada akhirnya kamu akan memegang kendali dalam kehidupan percintaanmu sendiri. Oleh karena itu, tetapkan batasan antara kamu dengan teman kencanmu tentang hal apa saja yang membuatmu nyaman dan tidak. Batasan ini untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu bertanggung jawab atas diri sendiri dan tidak perlu melakukan apa pun yang tidak diinginkan. Tetapi, jika teman kerjamu tidak menghormati batasan yang kamu buat, maka kamu harus mulai mundur perlahan-lahan.

Itulah 7 cara mengatasi kecemasan saat berkencan. Jangan lupa dicoba, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating