Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sudah Putus tapi Masih Sayang? Ini 6 Cara Mengatasinya

Meski sulit, tapi kesedihan itu akan berakhir

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Nggak ada seorang pun yang suka berpisah dengan pasangannya, namun terkadang putus adalah jalan terbaik, meski rasanya seperti panah yang menusuk jantung. Kamu mungkin selama ini menunda dan mencoba meyakinkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Tapi ternyata, itu malah memperburuk keadaan.

Pada akhirnya, kamu memilih berpisah daripada terus tersakiti. Namun, dalam lubuk hati terdalam, kamu sebenarnya masih belum merelakan perpisahan itu. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika sudah putus, tapi masih sayang? Yuk, simak di bawah ini.

1. Sadari kalau ini bukan salahmu

Pexels.com/wsdidin

Terkadang, putus cinta membuat seseorang menjadi merasa bersalah. Mungkin kamu sedang mengalaminya sekarang, tapi berhentilah berpikir seperti itu, Bela. Apa pun yang terjadi dalam hubungan itu, mungkin memang sudah nggak bisa diperbaiki.

2. Menangislah kapan pun kamu mau

Pexels.com/RDNE Stock project

Kamu sedang mendengar lagu yang mengingatkanmu padanya? Menangislah jika kamu merasa sakit. Air mata itu seperti mencuci hati, jadi keluarkan semuanya. Suatu hari nanti, kamu akan merasa nggak perlu menangis lagi. Ya, kamu sudah belajar ikhlas dan ingin menjalani hidup yang lebih baik.

3. Curhat dengan orang terdekat

Pexels.com/Karolina Grabowska

Memendam kesedihan memang nggak baik untuk kesehatan mental. Kamu memiliki sahabat dan keluarga yang begitu mencintaimu, jadi jangan merasa sendiri. Beri tahu mereka apa yang sedang kamu rasakan, bahkan ini lebih baik dilakukan sebelum putus cinta. Dengan begitu, kamu merasa banyak dukungan dari orang terkasih.

4. Singkirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dia

Pexels.com/SHVETS production

Mungkin kamu memiliki beberapa barang yang pernah diberikan dari mantan pacar. Untuk mengatasi perasaan masih sayang pasca putus, lebih baik singkirkan segala sesuatu yang membuatmu teringat lagi dengan dia. Karena kalau kamu menyimpannya, hanya rasa sakit yang bisa didapatkan.

5. Jangan lakukan rebound relationship

Pexels.com/Jasmine Carter

Rebound relationship adalah ketika kamu mulai menjalin hubungan baru dengan orang lain, namun sebenarnya kamu belum move on dari masa lalu. Mungkin bagimu ini cara termudah untuk menyembuhkan hati, tapi kenyataannya hal ini kerap kali gagal. Tetaplah melajang sampai kamu benar-benar siap membuka hati lagi.

6. Percaya bahwa rasa sakit akan segera berakhir

Pexels.com/Min An

Putus dengan seseorang yang dicintai memang terasa seperti ada yang terenggut dalam dada. Mungkin akan lebih baik dalam beberapa minggu atau perlu waktu lebih lama lagi. Namun percayalah, kesedihan ini akan segera berakhir, dan kamu akan jatuh cinta lagi. Sama seperti rasa sakit lainnya, semua membutuhkan waktu. Beri dirimu waktu untuk menenangkan diri dan menjadi lebih kuat kemudian hari.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang galau pasca putus cinta. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Dating