Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tips Menabung Bareng Pacar, Jangan Boros Saat Nge-date!

Cari yang murah tanpa mengurangi romantisme

Natasha Cecilia Anandita

Menabung adalah sebuah tindakan yang sudah diajarkan oleh orangtua sejak kecil. Kamu pasti selalu diingatkan untuk menabung dan tidak menggunakan uang dengan boros. Menabung sendiri bermanfaat untuk masa depan, ketika kamu ingin sesuatu atau ketika krisis keuangan datang. 

Sebagai pasangan, kamu dan si dia juga harus pintar-pintar menabung, apalagi jika sudah berumah tangga. Bagi kamu yang masih pacaran, terutama hendak menikah, menabung bareng juga penting. Ini menghindari kalian membeli sesuatu yang tidak perlu dan uangnya bisa digunakan di masa depan untuk hal yang lebih berguna. 

Berikut ada 8 tips menabung bareng pacar yang bisa kalian coba. 

1. Tentukan dulu tujuannya

pexels.com/mikhail-nilov

Saat ingin menabung bersama pacar, tentukan dahulu tujuan kalian nabung bersama. Apakah untuk biaya kalian berlibur, apakah untuk menikah, apakah hanya untuk dana darurat, atau apakah untuk membeli barang mewah untuk kepentingan bersama, seperti mobil atau motor. 

Menentukan tujuan akan mempermudah kamu menghitung budget atau besaran yang kalian perlukan, berapa lama kira-kira akan terkumpul, bagaimana cara menabungnya, dan apa yang akan dilakukan setelah uang terkumpul atau misalnya tiba-tiba kalian berpisah. 

2. Tentukan cara menabungnya

freepik.com

Setelah sudah tahu apa tujuan kalian menabung dan kira-kira berapa yang ingin dicapai, berikutnya adalah cara mencapainya. Kamu bisa menabung bareng dengan menyisihkan pendapatan kalian secara langsung sekitar berapa persen. 

Bisa juga dengan mengurangi budget untuk nge-date dan membelikan hadiah. Atau mungkin kamu dan pasanganmu berencana untuk mendepositkan uang atau membeli saham bersama yang nanti dividennya akan dikumpulkan sebagai tabungan.

Cara lain dengan menentukan jadwal menabung, contohnya setiap minggu harus menabung beberapa kali atau beberapa rupiah. Apa pun itu, diskusikan dengan matang bersama pasanganmu. 

3. Pilih tempat teraman untuk tabungan kalian

freepik.com

Untuk menghindari kamu menggunakan kembali uang tabungan, coba pilih tempat teraman untuk menaruh tabungan kalian. Misalnya, membuka sebuah rekening baru yang khusus untuk tabungan. 

4. Cari kegiatan kencan yang murah atau gratis

pexels.com/ron-lach

Kencan mewah bisa saja kamu lakukan bareng pacarmu, terutama di momen-momen istimewa. Tapi, kalau kamu ingin menabung bareng pacar, di kencan lainnya coba cari kegiatan yang murah atau gratis. Ada banyak cara untuk bersenang-senang dan kencan romantis tanpa mengeluarkan banyak uang. 

Salah satu pilihannya, kamu bisa berjalan-jalan di taman atau mendaki bersama. Jika kamu suka masak, kalian juga bisa memasak makan malam bersama di rumah atau piknik di halaman belakang rumah.

Selain makan dan ngobrol, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan juga. Misalnya main permainan papan, menonton film di rumah, bersepeda, dan lainnya. Bisa juga kamu pergi ke museum yang gratis dan naik kendaraan umum yang murah. 

5. Tak perlu membeli hadiah yang mahal

pexels.com/olia-danilevich

Saat ingin menabung bareng pacar, coba hindari membeli hadiah untuk satu sama lain yang mahal-mahal. Cukup satu barang yang berguna saja. Perhatianmu akan lebih bermakna dari pada si hadiah tersebut. Kamu juga bisa memberikannya barang DIY buatanmu sendiri yang tak perlu memakan banyak biaya. 

Bahkan, tidak memberi hadiah pun tak menjadi masalah saat kalian sudah berniat menabung bareng. Hanya menghabiskan waktu bersama sudah menjadi bentuk perhatian dan rasa sayang.

6. Pakai voucher atau kupon

pexels.com/samson-katt

Jangan malu untuk menanyakan diskon, menggunakan voucher atau kupon potongan saat ingin membeli hadiah untuk pasangan atau saat pergi kencan. Ini sangat membantu kamu mengurangi pengeluaran yang bisa disimpan untuk tabungan kalian. 

7. Berbagi pengeluaran

pexels.com/mikhail-nilov

Tips menabung selanjutnya adalah membagi pengeluaran dengan rata. Setiap kalian kencan pastikan tidak ada yang membayar lebih banyak. Ini misalnya bisa dilakukan dengan membuat budget terlebih dahulu untuk kencan kalian, seperti Rp300 ribu untuk kencan, di mana kamu mengeluarkan Rp150rb dan dia juga. Kencan kalian tak boleh lebih dari itu. 

Atau bisa juga totalkan semua jumlah yang dikeluarkan lalu bagi rata. Kalau kamu masing-masing berlangganan entah itu layanan streaming film atau musik, daripada sendiri-sendiri lebih baik menggunakan paket berdua atau keluarga yang biasanya lebih murah. 

8. Cari pemasukan tambahan bersama

freepik.com

Mengandalkan pemasukan biasa mungkin akan lama untuk mencapai tujuan menabung kalian. Untuk itu, kalian harus pintar-pintar untuk mencari pemasukan tambahan bersama. Misalnya, bisa sama-sama menjadi freelancer di waktu senggang, atau berdagang bersama, entah itu dengan barang dagangan yang kalian buat sendiri atau menjadi reseller. Mencari pemasukan tambahan bersama akan membuat kalian tak kehilangan waktu bersama, malah menjadi pasangan yang produktif. 

9. Sama-sama bertanggung jawab dan menjaga komunikasi

freepik.com

Kalian tak perlu juga mengurangi keintiman dan intensitas bertemu karena sedang menabung. Komunikasi dan keintiman harus tetap berjalan. Menabung bareng pacar diperlukan rasa tanggung jawab dan komunikasi yang baik dan terbuka. 

Kamu harus mengambil langkah untuk meminta pertanggungjawaban satu sama lain. Hal ini berarti tidak ada pengeluaran tersembunyi, dan melakukan rutin memeriksa kebiasan belanja satu sama lain. 

Jadwalkan pertemuan mingguan atau bulanan untuk mendiskusikan anggaran dan tujuan, memeriksa pemasukan dan siapa yang paling banyak menabung secara keseluruhan. Kemudian, bekerja sama untuk membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk mencapai tujuan tersebut. 

Pastinya, terkadang pengeluaran tak terduga tetap saja muncul. Saat hal itu terjadi, kalian harus mempunyai rencana untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebuah rencana yang dimulai dengan komunikasi terbuka, ekspektasi yang masuk akal, sehingga jalur ke depan akan lebih jelas. Menabung bersama artinya kalian berdua adalah satu tim untuk mencapai tujuan. 

Itu dia 9 tips menabung bareng pacar. Semoga tujuan kalian berhasil!

IDN Media Channels

Latest from Dating