Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Film yang Mengubah Pandangan Tabu tentang Perempuan dalam Hubungan

Perempuan jangan malu untuk maju duluan

Natasha Cecilia Anandita

Perempuan dan laki-laki memiliki stereotip dan digambarkan berbeda dalam sebuah hubungan. Perempuan mungkin memiliki banyak hal-hal yang tabu dilakukan dibanding laki-laki. Misalnya, perempuan yang menyatakan cinta duluan dikatakan agresif atau tak biasa. Dalam kehidupan pernikahan, istri yang bekerja mungkin akan sedikit mendapat sindiran.

Berangkat dari hal-hal tabu tentang perempuan dalam sebuah hubungan, para pegiat film pun mulai membuat karya-karyanya yang related dengan hal-hal tersebut, mendobrak pandangan perempuan dalam hubungan, semua hal tabu, hingga menginspirasi para penontonnya. 

Berikut ada beberapa komedi romantis yang mencoba mengubah paradigma dinamika hubungan jadul atau pandangan tabu tentang perempuan dalam hubungan romantis dengan lebih menggelitik dan membuatmu mengangguk-angguk setuju. 

1. Under the Tuscan Sun (2003)

theguardian.com

Meski dari awal tahun 2000-an, film ini sayang untuk dilewatkan. Under the Tuscan Sun berkisah tentang Frances Mayes (Diane Lane), seorang penulis yang baru saja bercerai dengan suaminya. Untuk menghibur diri, ia melakukan tur ke Tuscany, Italia dengan tiket dari sahabatnya.

Saat mengunjungi sebuah kota kecil Cortana, ia begitu terpesona dan memutuskan untuk membeli sebuah vila yang dijual di situ dan tinggal di sana. Memulai hidup baru, Frances bertemu dengan banyak orang, termasuk jatuh cinta pada laki-laki yang lebih muda darinya bernama Marcello (Raoul Bova). 

2. 27 Dresses (2008)

entertainmentweekly.com

Jane Nichols (Katherine Heigl) sangat terobsesi dengan pernikahan. Ia bahkan menjadi seorang pengiring pengantin untuk teman-temannya sebanyak 27 kali. Di sebuah pesta pernikahan, Jane berkenalan dengan Kevin Doyle (James Mardsen), laki-laki yang memiliki pandangan buruk tentang pernikahan.

Keduanya memiliki pandangan yang berbeda, tapi nyambung satu sama lain sampai pulang bersama. Suatu ketika, adik Jane, Tess (Malin Akerman) pulang dari perjalanan ke Eropa dan jatuh cinta dengan bos Jane, George (Edward Burns). Kemudian mereka berpacaran hingga akhirnya hendak menikah. 

Sayangnya, George adalah orang yang diam-diam ditaksir juga oleh Jane dan ia sudah banyak memimpikan pernikahan romantis dengannya. Ironisnya, Jane diminta jadi pengiring dan perencana pernikahan sang adik. Untuk pertama kalinya ia mulai mempertanyakan peran dan obsesinya itu. 

Secara kebetulan, Kevin Doyle menjadi salah satu peliput acara pernikahan Tess dan akhirnya bertemu kembali dengan Jane. Perasaan Kevin dan Jane tumbuh untuk satu sama lain. Dalam sebuah pesta pernikahan, Jane maju ke tengah pesta dengan mikrofon dan lampu sorot. Jane mengatakan perasaannya pada Kevin bahwa dia telah menunggu seumur hidupnya untuk seorang laki-laki yang tepat untuk datang, dan dia telah jatuh cinta padanya. 

3. The Proposal (2009)

Sam Emerson/Walt Disney Studios Motion Pictures/Courtesy Everett Collection

Margaret Tate (Sandra Bullock) adalah bos yang suka banget menuntut yang bekerja sebagai pemimpin redaksi di sebuah penerbit buku di New York City. Dia adalah seorang perempuan berkebangsaan Kanada.

Di sisi lain, ada Andrew Paxton (Ryan Reynolds), asisten Margaret yang sudah lama ingin banget dipromosikan. Suatu kali Margaret terancam dideportasi ke Kanada karena melanggar ketentuan visa.

Salah satunya cara agar ia bisa tetap menetap di New York adalah menikah. Margaret akhirnya membuat rencana untuk menikahi Andrew dan mendapatkan visa. Dia pun melamar Andrew dengan satu lutut di pinggir jalanan kota. Andrew pun menerima lamaran tersebut dengan syarat, ia bisa dipromosikan dan Margaret setuju, sampai akhirnya masalah mendatangi mereka. 

4. To All the Boys I've Loved Before (2018)

seventeen.com

Lara Jean Covey (Lana Condor) merupakan seorang siswa SMA pemalu yang selalu menulis surat cinta untuk laki-laki yang dia suka. Tapi, surat-surat itu tak pernah ia berikan pada gebetannya. Suatu ketika, sang adik, Kitty (Anna Cathcart), melihat surat tersebut dan diam-diam mengirimkannya pada semua orang pemilik surat tersebut.

Beberapa hari kemudian, Lara Jean didatangi para laki-laki yang pernah ia sukai, mulai dari mantan pacar kakak perempuan Lara, Josh, sampai Peter Kavinsky (Noah Centineo), siswa populer di sekolah. Peter memberi tahu Lara Jean bahwa ia baru saja menerima surat cinta yang ditulisnya.

Pada saat bersamaan, Lara Jean melihat Josh sedang berjalan menghampirinya sambil membawa surat serupa. Panik, ia pun kabur dan bersembunyi di kamar mandi. Bukannya tenang, di sana ia kembali dihampiri penerima surat lainnya, Lucas (Trezzo Mahoro).

Ketika sedang berada di suatu restoran untuk bersembunyi, Peter justru muncul dan duduk di sebelahnya. Secara mengejutkan, ia mengajak Lara Jean pura-pura berpacaran demi membuat mantan pacar Peter, Gen (Emilija Baranac), cemburu. Keduanya semakin dekat dan muncul perasaan cinta. Lara Jean bahkan tak segan untuk mencium Peter terlebih dahulu.

5. Always Be My Maybe (2019)

rogerebert.com

Film Netflix 2019 ini berkisah tentang Sasha Tran (Ali Wong) yang menjalin hubungan kembali dengan sahabat masa kecilnya, Marcus Kim (Randall Park) yang tinggal di San Francisco. Mereka sempat berpisah dan retak karena suatu hal. Dipertemuan kembalinya, Sasha mengakui bahwa dia naksir Marcus sejak kecil.

Ternyata Marcus pun punya perasaan yang sama. Keduanya akhirnya mulai berpacaran. Sayangnya, karier Sasha mengharuskannya kembali ke New York. Dia mengajak Marcus untuk pergi bersamanya dan memulai karier baru di New York. 

6. From Scratch (2022)

Netflix

Diadaptasi dari memoar terlaris New York Times, From Scratch adalah kisah tentang seorang perempuan Afrika-Amerika yang jatuh cinta dengan seorang koki asal Sisilia, Italia. Amy Wheeler (Zoe Saldaña) menempuh pendidikan seni di Italia, tepatnya di kota Sisilia.

Saat berada di sana, Amy bertemu dengan Lino (Eugenio Mastrandrea), chef muda warga asli Sisilia, yang suka yang mengespresikan seni lewat makanan. Lino membantu Amy beradaptasi di Italia yang begitu berbeda dengan kampung halamannya.

Kisah mereka pun berawal dari situ. Dua insan lintas budaya ini mulai menemukan cinta, mengejar impian, dan menghadapi tantangan hidup bersama. Mereka pun memutuskan untuk hidup bersama di Los Angeles, Amerika.

Suatu malam, Amy mengejutkan Lino dengan mengajaknya ke bar untuk menonton pertandingan sepak bola. Setelah kencan yang tampaknya sempurna itu, Amy berlutut untuk melamar Lino. Lino sempat berusaha menghentikannya, tapi dengan keberanian dan kemantapan hatinya, Amy terus melamar, dan Lino mengiyakan.

Itulah 6 film yang mengubah pandangan tabu perempuan dalam hubungan, bahwa perempuan juga bisa, lho, membuat fist move!

IDN Media Channels

Latest from Dating