Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Calon Mertua, Apa Saja?

Ketahui cara menjawabnya

Nafi' Khoiriyah

Menjelang lebaran, kamu tentu harus bersiap untuk berkunjung ke rumah calon mertua. Sebab, momen ini menjadi kesempatan untukmu mengenal keluarga pacar lebih jauh lagi.

Namun di sisi lain, kamu juga harus bersiap dengan pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua. Bukan tanpa alasan, mereka menanyakan banyak hal untuk memastikan bahwa anaknya sudah bertemu dengan orang yang tepat.

Maka dari itu, jawablah segala pertanyaan mereka tanpa ragu. Sebab, ketegasan sikap dan jawabanmu menunjukkan seberapa seriusnya hubunganmu dengan pacarmu.

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua. Kamu bisa siapkan jawabannya sejak saat ini.

1. Sudah berapa lama kenal dengan anak saya?

freepik.com/ branin

Pertama, pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua adalah tentang seberapa lama kamu dan pacarmu kenal hingga menjalin hubungan pacaran. Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele, tetapi bisa menunjukkan komitmen yang kalian bangun selama ini. 

Jika kamu dan pacarmu sudah menjalin hubungan cukup lama, maka bisa diartikan bahwa komitmen yang kalian bangun cukup erat. Selain itu, lamanya hubungan terjalin itu juga bisa menunjukkan seberapa jauh kamu sudah mengenal pacarmu. 

2. Bagaimana kalian berdua bisa bertemu?

pexels.com/andres-ayrton

Seperti layaknya orang tua pada umumnya yang penasaran dengan kisah romansa anaknya, ada beberapa dari mereka yang menanyakan bagaimana kalian bisa bertemu. Wajar saja, sebab kamu adalah calon menantunya. 

Jika mendapatkan pertanyaan semacam ini, maka jawablah saja dengan santai dan seadanya. Calon mertuamu juga pasti akan menimpalinya dengan candaan sehingga tidak terasa begitu serius. Justru, jawaban yang santai itu akan mencairkan suasana yang sedang tegang. 

3. Mengapa memutuskan untuk pacaran dengan anak saya?

unsplash.com/Logan Armstrong

Kembali dengan pertanyaan yang serius, setelah menanyakan momen pertemuanmu dengan anaknya, maka selanjutnya adalah pertanyaan tentang alasan memutuskan pacaran. Jika mendapati pertanyaan semacam ini, maka jangan sembarangan menjawab.

Sebab, jawabanmu itu bisa menunjukkan seberapa serius kamu mencintai anaknya. Jawablah dengan tegas dengan alasan yang masuk akal.

Jangan perlihatkan bahwa kamu menjalin hubungan dengannya hanya karena nafsu belaka. Misalnya dengan menjawab bahwa kamu menyukai sifatnya, karakternya, dan lain sebagainya. 

4. Sudah sejauh apa kamu mengenal anak saya?

Pexels.com/cottonbro studio

Pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua lainnya jika kamu sudah memutuskan untuk pacaran adalah sudah sejauh apa mengenal anaknya. Sebab, ada orang tua yang menginginkan anaknya untuk segera menikah. 

Namun, alasan lain mengapa mereka menanyakan hal ini adalah supaya kamu mengenal lebih jauh tentang pacarmu. Bahkan, tidak jarang mereka justru menceritakan tentang fakta-fakta menarik anaknya yang lainnya. 

5. Bagaimana rencana hubungan kalian ke depan?

Pexels.com/Shvets Production

Jika kamu berkunjung ke calon mertua maka artinya kamu memiliki keseriusan dengan anaknya. Maka, jangan kaget jika calon mertuamu menanyakan tentang rencana masa depan. 

Rencana yang dimaksud di antaranya adalah perkara nantinya akan tinggal di mana, apakah kamu akan membiarkan istri bekerja, sampai apakah kamu akan memutuskan punya anak atau tidak. 

Maka dari itu, sejak sekarang kamu perlu membicarakan perkara ini dengan pasanganmu. Satukan antara rencanamu dengannya sehingga jika menjalani hubungan yang serius tidak ada halangan yang berarti. 

6. Apakah kamu serius dengan anak saya?

pexels.com/Katerina Holmes

Perkara keseriusan bisa ditanyakan secara tersirat maupun secara gamblang. Namun, persiapkan diri kalau calon mertuamu menanyakan apakah kamu serius dengan anaknya. 

Untuk menjawab hal ini, nyatakan dengan tegas bahwa kamu benar-benar serius. Sertakan alasan yang sesuai dengan apa yang membuatmu yakin dengan pacarmu. Jangan ragu-ragu dan justru membuat calon mertua mempertanyakan keseriusanmu. 

7. Apa aktivitasmu saat ini?

pexels.com/Andrea Piacquadio

Aktivitasmu juga menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua. Aktivitas yang dimaksud dalam hal ini adalah study atau pekerjaan.

Bukan menjadi masalah kalau kamu belum mendapat pekerjaan. Namun, pastikan kamu memiliki visi dan tujuan yang jelas ke depan.

Aktivitasmu lainnya seperti hobi atau usaha juga bisa bisa menjadi pertanyaan. Siapa tahu kamu memiliki hobi yang sama dengan calon mertua.

8. Apa pekerjaanmu saat ini?

pexels.com/George Milton

Selain aktivitas, tentunya pekerjaan menjadi pertanyaan yang sangat umum ditanyakan. Sebab, saat melepaskan seorang anak untuk menikah, orang tua akan memastikan bahwa anaknya benar-benar bisa hidup berkecukupan dan juga terjamin. 

Jika kamu sudah bekerja, jawablah dengan pekerjaanmu saat ini. Namun jika belum, kamu bisa menceritakan pada mereka tentang targetmu dan apa upaya yang sudah kamu lakukan sampai saat ini. 

9. Latar belakang keluarga

Freepik.com/freepik

Satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan dari calon mertua adalah latar belakang keluarga. Sebab, sebuah hubungan bukan hanya menyatukan satu keluarga tapi juga dua keluarga. 

Jika menjawab pertanyaan ini, kamu harus jujur dan apa adanya. Sebab, perkara keluarga sangat sensitif dalam konteks pacaran. Sebab, ada calon mertua yang menoleransi kekurangan dalam keluarga, tetapi ada pula yang tidak. 

10. Kapan kamu mau melamar anak saya?

freepik.com/ angel_nt

Terakhir, pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua ini tentu sangat mendebarkan bagi siapa saja yang mendapatkannya. Sebab, mendengar pertanyaan "kapan kamu akan melamar anak saya?" menjadi sinyal bahwa calon mertuamu sudah merestui hubungan kalian. 

Jika memang kamu sudah ada rencana dalam waktu dekat maka tidak menjadi masalah. Namun jika tidak, bicarakan secara serius dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar akan melamarnya di waktu yang akan datang. 

Itulah 10 pertanyaan yang sering ditanyakan calon mertua. Jadi, siapkan jawaban pertanyaan di atas versimu sendiri supaya makin meyakinkan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating