Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Plus Minus Pacaran dengan Orang Tipe INTJ, Salah Satunya Lebih Setia

Apakah kelebihannya bisa menutupi kekurangannya?

Elga Windasari

Bagi kamu yang belum tahu, INTJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI yang dimiliki oleh seseorang. Kepribadian INTJ sendiri ternyata nggak terlalu umum dan hanya berjumlah sekitar 2% dari populasi.

INTJ atau kepanjangan dari Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging adalah kepribadian dengan tipe berpikir dan menilai, dengan penjelasan sebagai berikut:

  • I menunjukkan introversi dan karena orang dengan kepribadian INTJ lebih menyukai dunia batinnya.
  • N berkaitan dengan bagaimana seseorang lebih suka memproses informasi. Artinya INTJ lebih suka bersikap terbuka untuk menafsirkan informasi baru daripada berfokus pada makna yang sebenarnya.
  • T berarti orang ini adalah pemikir dan suka membuat keputusan berdasarkan logika.
  • J artinya lebih memilih struktur dan rencana yang lebih pasti.

Dengan tipe kepribadian yang dimilikinya, tentu saja ada kekurangan dan kelebihan yang akan dirasakan jika berpacaran dengan si INTJ ini. Mau tahu apa saja plus minusnya? Ini penjelasan detailnya.

Kelebihan #1: Memperlakukan hubungan dengan sangat serius

Pexels.com/Jenny Uhling

INTJ merupakan tipe kepribadian yang sangat berdedikasi. Untungnya, dedikasinya ini nggak berhenti pada keinginan dirinya untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan, tetapi juga pada hubungan romantis yang dijalaninya.

Orang dengan tipe INTJ ingin semua bidang kehidupannya sukses. Itulah mengapa dia juga akan memperlakukan hubungan sebagai kesuksesan lain yang ingin dicapai.

Kelebihan #2: Pendengar yang baik

Pexels.com/Mẫnn Quang

Karena caranya menerima informasi dan suka memecahkan masalah, orang tipe INTJ adalah pendengar yang baik. Dia sangat bijaksana dan berhati-hati untuk memproses apa yang dikatakan orang lain kepada dirinya.

Tak hanya pendengar yang baik, karena dia termasuk orang dengan pemikiran maju dan bakat untuk memecahkan masalah, itu artinya saran yang diberikannya kepada orang lain juga selalu yang terbaik.

Kelebihan #3: Penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang pasangannya

Pexels.com/Trần Long

Bagi orang dengan tipe INTJ, proses belajar bukan cuma dari buku, tetapi meluas ke semua bidang. Itulah mengapa saat berpacaran, dia suka menemukan hal-hal baru tentang orang yang disayanginya.

Dia juga memiliki bank memori yang sangat baik dan dapat menjadi pasangan yang sangat penuh perhatian karena informasi yang disimpannya itu.

Kelebihan #4: Selalu mendukung pasangannya

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Tipe INTJ nggak hanya menginginkan kesuksesan untuk dirinya sendiri. Dia juga ingin pasangan sukses sehingga dengan sepenuh hati akan selalu mendukung kesuksesan dan peningkatan diri orang di sampingnya.

Orang dengan kepribadian ini mungkin bukan yang paling perhatian secara emosional, tetapi dia sudah pasti unggul dalam hal mendorong pencapaian hidup pasangannya.

Kelebihan #5: Jujur dan setia

Pexels/Andrea Piacquadio

INTJ sangat keras dalam hal kejujuran dan kesetiaan, termasuk saat menjalin hubungan. Dalam hidupnya, nggak ada cara lain selain bersikap jujur dan setia saat menjalin hubungan romantis.

Apalagi dengan sikap lugas dan blak-blakannya, orang dengan tipe ini akan menganggap hubungan yang tak jujur dan setia sebagai tindakan yang membuang-buang waktu.

Kelebihan #6: Percaya diri dan tahu apa yang diinginkan dalam hubungan

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Tipe kepribadian INTJ sangat percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Itu karena dia sudah menghabiskan banyak waktu untuk memoles kecerdasannya sehingga dia yakin dengan dirinya sendiri, di saat banyak orang menyangsikannya. Termasuk untuk urusan hubungan romantis.

Memiliki pemikiran yang strategis dan hampir ilmiah untuk hampir semua hal, membuat tipe INTJ bisa dengan pasti mengetahui apa yang diinginkannya dalam hidup dan bagaimana mencapainya.

Kekurangan #1: Sulit mengerti pasangan secara emosional

pexels.com/alena-darmel

Seperti yang disebutkan di atas, orang dengan tipe kepribadian INTJ hidupnya nggak diatur oleh emosi yang dirasakannya. Itulah yang membuat dirinya sering nggak mengerti isyarat sosial dan emosional karena hal-hal tersebut nggak seobjektif fakta.

Meskipun dia suka memecahkan masalah, saat berpikir hal-hal yang berhubungan dengan emosi, dia sulit melakukannya. Alasannya karena hal yang berbau emosional nggak sesuai dengan struktur organisasinya. Lalu, karena masalah pribadi sering kali nggak logis, dia jadi nggak tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

Kekurangan #2: Perlu penjelasan yang jelas untuk semua hal

pexels.com/ron-lach

Orang INTJ ringkas dan suka segala sesuatu dalam hidupnya seperti itu. Dia nggak suka menikmati hal-hal yang dibuat-buat atau nggak jelas akhirnya terbuka. Dia juga nggak bisa memahami mengapa pasangannya melakukan atau mengatakan sesuatu yang menurutnya nggak rasional.

Tipe INTJ suka memiliki informasi sebanyak mungkin tentang hal apa pun. Jadi, jika doa nggak bisa mendapatkannya, paling tidak dia perlu memiliki informasi yang cukup agar bisa membuatnya mengerti.

Kekurangan #3: Sangat pribadi dan pendiam

Freepik.com/bearfotos

Sulit untuk membuat INTJ bersikap lebih terbuka. Orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sedikit lebih tertutup dan benar-benar nggak merasa perlu untuk memberikan banyak informasi tentang dirinya sendiri kepada orang yang nggak dekat dengannya.

Hal ini didasari sifat introvert dan standar tingginya. Dia nggak suka memiliki banyak teman sehingga nggak mengerti pentingnya terbuka dengan banyak orang. Menurutnya, itu hanyalah membuang-buang waktu.

Kekurangan #4: Butuh banyak waktu untuk sendiri

pexels.com/Andrew Neel

Introvert, secara umum, berkembang pesat saat sendirian karena waktu tersebut bisa memberinya energi dan mengisi ulang dirinya sendiri. INTJ sangat membutuhkan waktu sendirian untuk memproses informasi, berpikir, dan membentuk ide.

Seorang INTJ saat menemukan masalah yang perlu dipecahkan, butuh waktu untuk sendirian agar bisa tahu apa yang sebenarnya dibutuhkannya. Jadi, bersikap posesif sama sekali nggak akan membantu hubunganmu dengannya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jika berpacaran dengan tipe kepribadian INTJ. Karena setiap orang memiliki kekurangan, jangan jadikan ini sebagai penghalang untuk berhubungan dengan tipe ini ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating