Orang dengan tipe kepribadian INTJ dikenal memiliki sifat analitis, logis, dan kreatif. Dia juga dijuluki sebagai “si ahli strategi” yang jenius dan suka menyendiri. Walaupun INTJ adalah seorang introvert dan suka menyendiri, bukan berarti INTJ tidak bersosialisasi sama sekali. Namun, INTJ cenderung lebih suka berinteraksi dengan orang terdekatnya.

Dikenal sebagai orang yang dingin, INTJ adalah pribadi yang sangat terarah, memiliki pengetahuan yang luas, dan mampu menguasai berbagai bidang kemampuan dengan baik. Makanya, nggak heran kalau mengobrol dengan INTJ, dia akan berbicara secara to the point. Anti basa-basi, deh, jadi jangan mudah tersinggung, ya, sama omongan INTJ.

Di balik sosok INTJ yang terlihat perfeksionis, eits, tapi soal perasaan INTJ paling sulit untuk memahaminya, lho. Terkadang INTJ bukan hanya sulit memahami perasaan orang lain, bahkan dirinya sulit memahami perasaannya sendiri. Bisa dibilang INTJ yang sibuk dengan pikirannya, dia butuh sosok yang dapat memahami dirinya.

Tak hanya kehidupan INTJ yang dinilai serba sempurna, ternyata dalam hubungan percintaan juga menginginkan demikian. Tidak sulit, kok, memiliki pasangan INTJ karena dia ingin dalam membangun hubungan percintaan seperti ini:

  1. Mengutamakan keharmonisan
  2. Saling memegang komitmen serius dan terbuka
  3. Menumbuhkan kepercayaan
  4. Saling memberi kebebasan
  5. Mampu membangun hubungan yang sehat

Kalau INTJ mendambakan hubungan percintaan yang nyaman dan sehat, kira-kira apa tipe MBTI yang cocok dengan INTJ, ya? Simak penjelasan di bawah ini, yuk! 

1. ENTP

5 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ, Coba Cek!pexels.com/fauxels

Jika disandingkan dengan INTJ, seorang ENTP memiliki kesamaan dalam pemikiran yang andal. Dengan kesamaan tersebut, kepribadian INTJ dan ENTP akan nyambung pembicaraannya kalau membahas suatu hal mengenai wawasan atau pengetahuan. Bukan hanya itu, kepribadian ekstrovert dari ENTP yang berbanding terbalik dari INTJ, diyakini mampu membangun hubungan asmara yang saling memahami.

Walaupun karakter INTJ dan ENTP sangat berbeda, perbedaan pendapat bisa jadi timbul dalam hubungan. Namun, jika dikelola dengan baik, hubungan percintaan antara keduanya bisa saling melengkapi untuk sama-sama melejitkan potensi. Karena INTJ dan ENTP memiliki kemampuan dalam pengetahuan, mereka bisa saling melengkapi. INTJ mampu memahami bidang ilmu dan fokus pada satu hal, sedangkan ENTP mampu menguasai banyak bidang ilmu namun tidak mendalam.

2. INTP

5 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ, Coba Cek!pexels.com/Jopwell

Kepribadian INTJ dengan INTP memiliki kesamaan suka berpikir dan mempelajari hal baru. Jika keduanya membangun hubungan, mereka cenderung menghabiskan waktu bersama untuk saling berbagi ilmu pengetahuan. Walaupun INTJ dan INTP memiliki kesamaan untuk mempelajari hal baru, tujuan keduanya berbeda.

INTJ dinilai lebih berpikiran dewasa. Sehingga ketika dia mempelajari ilmu baru, dia bertujuan untuk kemaslahatan orang banyak. Sedangkan, INTP cenderung mempelajari ilmu baru untuk kepuasan pribadi. 

Dengan ketertarikan terhadap bidang ilmu dan memahaminya, hubungan INTJ dan INTP dibilang unik karena saat menghabiskan waktu berdua mereka akan membahas hal-hal abstrak yang hanya mereka yang paham. Dalam hubungan INTJ dan INTP juga tidak sulit untuk memahami kebutuhan keduanya karena kepribadiannya yang sama-sama introvert.  

3. ENTJ

5 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ, Coba Cek!pexels.com/Jopwell

Karakter yang hampir sama dengan INTJ adalah ENTJ. Mereka memiliki empat fungsi kognitif yang sama, yaitu intuitive, thinking, dan judging sehingga keduanya dinilai cocok dari berbagai aspek. Mulai dari pola komunikasi, penyelesaian konflik, membangun kepercayaan, dan dalam bekerja sama.

Hubungan INTJ dan ENTJ dalam menyelesaikan konflik, cenderung dengan mempertimbangkan masalah-masalah dengan pemikiran logis menggunakan rencana yang sudah dibuat. Walaupun INTJ lebih suka sendiri dan ENTJ lebih suka dalam keramaian untuk memperoleh energi, keduanya saling melengkapi.

INTJ dinilai lebih sabar saat berkomunikasi dengan ENTJ, sedangkan ENTJ sangat bisa memberikan ruang yang nyaman dalam hal emosi dan pikiran bagi INTJ. Saat hubungan mereka mulai retak, INTJ dan ENTJ akan menyelesaikannya dengan komunikasi terbuka dan jelas agar dapat menumbuhkan kepercayaan.

4. ENFP

5 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ, Coba Cek!pexels.com/Olya Kobruseva

ENFP dan INTJ memiliki kesamaan dalam kepribadian intuitive sehingga pola komunikasi mereka akan berpikir konseptual dan fokus terhadap masa depan. Hubungan dan komunikasi INTJ dan ENFP dianggap lucu karena walaupun keduanya saling melengkapi, hanya merekalah yang paham dunianya sendiri. Saat menyelesaikan konflik, INTJ cenderung menggunakan pemikiran logika berdasarkan fakta, sedangkan ENFP secara umum menggunakan emosional berdasarkan isu yang ada.

Yang membuat INTJ nyaman dengan ENFP karena dalam membangun kepercayaan, ENFP bisa memahami tujuan dan menyediakan ruang yang aman untuk INTJ mengeksplor dirinya. Sedangkan dalam hubungan, ENTP yang memiliki kepribadian feeling dapat memahami dan memaklumi kepribadian judging INTP yang terus terang dan dingin.

5. INTJ

5 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ, Coba Cek!pexels.com/fauxels

Hubungan kepribadian sesama INTJ akan mudah nyambung, cocok satu sama lain karena latar belakang dan ketertarikan yang sama. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal kognitif, analitik, cukup ambisius terhadap kesukaannya. Mereka juga sama-sama memiliki kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. 

Ketika masa PDKT, sesama INTJ akan saling mengagumi pemikiran keduanya. Dalam hubungan, sesama kepribadian INTJ dapat saling menjaga keharmonisan tanpa membutuhkan usaha yang lebih. Bagi mereka, berdiskusi mengenai topik abstrak dan mendengarkan pasangan menjadi hal yang mereka suka. Saat konflik pun, kepribadian INTJ akan menyelesaikannya secara dewasa untuk saling menenangkan dan terbuka terhadap permasalahan mereka.

Itulah 5 tipe MBTI yang cocok dengan INTJ. Tipe kepribadian INTJ memang dinilai langka dan penuh dengan misteri. Mereka cenderung menggunakan logika dan berpikiran berdasarkan analisis melalui preferensi yang mereka miliki. Namun, dengan keunikan sifat setiap kepribadian MBTI tentunya akan ada pasangan yang dapat melengkapi satu sama lain. Mudah-mudahan tulisan tipe kepribadian yang cocok dengan INTJ bisa bermanfaat, ya!

Baca Juga: 8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTI

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Pria Idealmu di KDrama Berdasarkan Kepribadian MBTI

Baca Juga: 4 Kepribadian MBTI Ini Tak Mau Buru-buru Tetapkan Status Hubungan