MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator yang merupakan salah satu tes psikologi terpopuler di dunia yang disusun oleh Katherine Cook Briss dan Isabel Briggs Myers pada masa Perang Dunia II. Psikotes ini digunakan untuk melihat kondisi psikologis seseorang dalam bertindak dan mengambil keputusan. Nggak heran jika tes ini diaplikasikan pada beberapa perusahaan saat menyeleksi karyawan baru.

Pada dasarnya ada 16 tipe kepribadian yang dirumuskan dalam MBTI, di mana 16 tipe tersebut adalah kombinasi dari 8 karakter antara lain Introvert/Extrovert, Intuition/Sensing, Thinking/Feeling, Judging/Perceiving. Sedangkan cara untuk mengetahui tipe kepribadianmu adalah dengan menjawab soal pilihan yang disediakan.

INTJ dan kepribadian umum

Salah satu tipe kepribadian dalam MBTI yaitu INTJ, singkatan dari Introvert-Intuition-Thinking-Judging. Tipe ini mendapat julukan The Architect atau The Mastermind karena mereka bisa menyelesaikan masalah dengan lebih mudah dibanding kebanyakan orang. Mereka bisa memprediksi masa depan dengan kenyataan yang ada sekarang sehingga mereka akan membuat rencana-rencana di masa sekarang guna bisa mengubah masa depan.

Bukan arsitek namanya kalau nggak mau bekerja keras. INTJ lebih suka bekerja seorang diri namun nggak menutup dirinya untuk menerima masukan dari orang lain. Bahkan, mereka sangat percaya diri serta bangga dengan kemandiriannya dan kemampuan menyusun strategi.

Perempuan INTJ

INTJ, Tipe Kepribadian MBTI yang IndependenPixabay.com/danielsampaioneto

Perempuan INTJ merupakan salah satu tipe perempuan paling sedikit di dunia. Mereka memang terlihat unik dari yang lain dan sering terkesan nggak cocok dengan lingkungan sekitarnya. Perempuan INTJ lebih suka mengandalkan pikirannya untuk bertindak. Bahkan, beberapa orang memandang mereka lebih maskulin karena lebih suka to the point saat berpendapat. Begitu juga mereka yang lebih menyukai hal-hal yang faktual dan bermanfaat ketimbang obrolan dari hati ke hati dan penuh emosi.

Laki-laki INTJ

Sedangkan laki-laki INTJ cenderung fokus pada pertumbuhan dan perkembangan diri mereka sehingga pengetahuan baru menjadi hal yang menarik baginya. Salah satu kekuatan yang dimiliki INTJ, tak terkecuali laki-laki, yaitu kemampuan menganalisa keadaan, termasuk dalam soal cinta. Jika perempuan yang ada di depannya nggak membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik atau memberikannya tantangan baru, maka mereka akan mengakhiri hubungannya.

Kehidupan percintaan

INTJ, Tipe Kepribadian MBTI yang IndependenPexels.com/designeclogist

Selain nggak suka drama, INTJ agak terkesan nggak sensitif terkait hal-hal yang bersifat emosional sehingga dari luar mereka terlihat dingin. Namun hal yang ia cari dalam hubungan adalah hubungan jangka panjang, maka dari itu mereka nggak mudah jatuh cinta atau menjalin hubungan berdasarkan hasrat sesaat. Sedikit bocoran jika kamu ingin mengambil hati INTJ, maka lakukanlah dengan nyata, bukan dengan kode, meskipun itu kode keras. Mereka lebih suka seseorang yang apa adanya dan jujur terhadap perasaannya.

Pekerjaan

Dari sisi pekerjaan, INTJ merasa paling bisa menunjukkan bakatnya ketika bekerja seorang diri. Mereka juga membenci adanya gosip atau office politic dalam lingkungan kerja. Hal yang dicari oleh INTJ adalah tantangan dan kesempatan untuk berkembang. Ketimbang sibuk mencari perhatian di depan bos, mereka justru asyik mengatur ide dan rencana mereka sendiri.

Itulah gambaran tentang tipe kepribadian INTJ dalam MBTI. Apakah kamu salah satunya, Bela?

Baca Juga: Sudah Pernah Coba MBTI? Cek Kepribadian Kamu Lewat Tes Psikologi Ini