Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ketahui Yuk, 5 Cara Menghindari Miskomunikasi dalam Hubungan

Karena miskomunikasi berdampak buruk dalam keutuhan hubungan

Astri Amalia

Komunikasi yang baik dianggap menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga keutuhan suatu hubungan. Sering kali, buruknya komunikasi membuat banyak pasangan akhirnya harus berpisah. Beberapa pasangan mungkin bukannya nggak mau untuk belajar berkomunikasi dengan baik satu sama lain, tapi demi menghindari adanya konflik dan munculnya kerentanan.

Menurut buku yang berjudul Hold Me Tight yang ditulis oleh salah seorang psikolog klinis dan salah satu inovator terkemuka dalam terapi pasangan, Sue Johnson, Ed.D., penting sekali bagi pasangan untuk mengenali "dialog setan" mereka, atau pola komunikasi spesifik tidak efektif yang memicu kurangnya rasa aman dalam kehidupan hubungan.

Untuk menghindari pola komunikasi yang buruk atau miskomunikasi, ada 5 cara efektif yang bisa kamu lakukan berikut ini, agar hubunganmu dengan pasangan dapat berjalan dengan lebih baik melansir dari mindbodygreen.

1. Ciptakan pola keterbukaan

Pexels.com/ RODNAE Productions

Poin pertama adalah dengan menciptakan pola berkelanjutan untuk bersikap jujur, tetap terhubung, dan tetap terbuka satu sama lain. Penting sekali bagi pasangan untuk fokus membahas permasalahan secara terbuka, daripada memendamnya karena takut akan munculnya konflik.

Memendam permasalahan dalam hubungan hanya akan memicu kebencian dan menambah masalah baru. Dengan berfokus pada komunikasi yang penuh perhatian akan timbal balik, akan membantu menumbuhkan kepercayaan yang lebih kuat pada ikatan dan hubunganmu dengan pasangan.

2. Kembangkan rasa saling menghormati

Freepik.com/halayalex

Sangat penting bagi tiap individu di dalam hubungan untuk dilihat, didengar, dan dipahami. Untuk mendapatkan hal ini, kamu perlu memberi tahu pasanganmu tentang bagaimana cara memenuhi kebutuhanmu secara emosional dan fisik.

Selain itu, jangan lupa untuk saling menghormati kebutuhan satu sama lain. Temukan juga solusi yang memungkinkan kalian berdua agar merasa puas dan aman secara emosional sebagai pasangan. Caranya adalah dengan mengembangkan ruang aman bersama yang didasarkan pada pemahaman dan kerentanan yang dimiliki, serta untuk tidak saling menghakimi.

Jadikan hubunganmu menjadi ruang transparansi dan tempat berbagi rahasia yang aman satu sama lain. Dengan melakukan ini, kamu akan menciptakan hubungan timbal balik yang sehat dan dipenuhi bahasa kasih yang menjaga rasa saling menghormati dalam hubunganmu.

3. Komunikasikan dan ungkapkan perasaanmu dengan bijaksana

pexels.com/andie-venzl-2418920

Berhati-hatilah dan pilih kata-kata dengan bijak saat berkomunikasi dengan pasanganmu. Hindari menebak dan bertindak berdasarkan asumsi tentang apa yang mungkin mereka pikirkan. Menebak dan memprediksi reaksi pasangan sering kali mengarah pada umpan balik negatif yang bisa membuatmu frustrasi atau bahkan pertengkaran.

Sebaliknya, komunikasikan dengan serius apa yang mengganggumu. Pasanganmu akan bereaksi lebih baik kalau kamu membiarkan memberitahu persis apa yang kamu pikirkan, daripada apa yang kamu anggap mereka pikirkan.

4. Sering-seringlah mengungkapkan penghargaan dan rasa terima kasih

pexels.com/budgeron-bach

Memberi tahu pasangan bahwa kamu memiliki cinta dan rasa hormat yang luar biasa terhadap mereka itu sangat penting, lho. Terlibat dalam komunikasi yang lebih penuh kasih juga dapat menciptakan keseimbangan yang lebih sehat dan hubungan yang lebih memuaskan.

Ingatlah untuk menggunakan kata-kata pelengkap dan penyemangat untuk mengungkapkan rasa hormatmu terhadap apa yang dilakukan olehnya, sehingga ia tahu bahwa kamu menyadari cinta dan dukungan yang ia berikan untukmu. Beri tahu pasanganmu bahwa dia selalu menjadi bagian dari “tim”. Dengan demikian, kamu mampu membuatnya merasa istimewa dan tidak tergantikan.

5. Berkencanlah dengan baik

pexels.com/Khoa Võ

Merencanakan jadwal kencan yang seimbang dan teratur secara efektif menunjukkan bahwa hubungan merupakan prioritas bagimu dan sama pentingnya dengan hal-hal lain dalam kehidupanmu. Hal ini dapat memperkuat perasaan bahwa kamu dan pasangan adalah sebuah tim dan berkomitmen untuk memelihara serta memberikan perhatian yang layak satu sama lain.

Untuk memanfaatkan waktu kencan sebaik-baiknya, putuskan terlebih dahulu apakah ada topik untuk kencan yang ingin kamu diskusikan atau ingin kamu hindari. Hormati juga pilihan topik masing-masing. Fokus pada topik yang membuat kencan tetap romantis dan ringan, serta mengingatkanmu mengapa kalian bisa saling jatuh cinta.

Jadi, itulah 5 cara menghindari miskomunikasi dalam hubungan. Ingatlah, dengan memperbaiki dan menyesuaikan komunikasimu dengan pasangan, akan menghasilkan efek yang positif di dalam hubunganmu.

IDN Media Channels

Latest from Dating