Apakah pikiran terasa penat dengan segala rutinitas, jika iya berarti ini saatnya traveling! Kenyataannya tidak hanya tujuan destinasi saja yang penting, tetapi memilih maskapai yang sesuai juga menjadi pertimbangan utama. Tak hanya kenyamanan dan pelayanan baik saja yang dibutuhkan tetapi satu yang terpenting adalah mengenai bagasi dan bawaan barang penumpang. Karena kondisi tersebut sangat mempengaruhi perlengkapan apa saja yang akan dibawa selama bepergian. 

Sejak per 8 Februari 2019 maskapai Citilink Indonesia telah mengumumkan tarif bagasi yang biayanya berbeda-beda tergantung dengan jarak terbang. Ingin tahu informasi selengkapnya seputar bagasi? Ini bocorannya untukmu.

1. Harga tiket mencakup bagasi 7 kg

Ekonomis, Ini Harga Bagasi Citilinkpexels.com

Perlu diketahui harga tiket yang tertera sudah mencakup bagasi bawaannya. Kamu diizinkan untuk membawa satu bagasi jinjing utama dan satu benda kecil dengan total berat gabungan hingga 7 kg, berarti jika kamu ingin membawa lebih dari itu artinya kamu harus menambah bagasi.

Hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui juga jika bepergian dengan balita dan kamu diperbolehkan membawa kursi mobil balita apabila telah disetujui oleh pihak kabin. Ketentuannya kamu harus melakukan konfirmasi di awal pemesanan tiket bahwa kursi duduk tersebut memang khusus dipesankan untuk balita.

2. Tarif bagasi khusus

Ekonomis, Ini Harga Bagasi Citilinkpexels.com

Bagi penumpang yang membawa barang bawaan khusus jangan khawatir, karena kamu tetap bisa membawanya, hanya saja telah ditentukan tarif tambahan oleh maskapai. Pembelian bagasi bisa dilakukan melalui website Citilink paling telat sebelum 4 jam keberangkatan tetapi bagi yang belum melakukan booking secara online dapat membelinya langsung di counter check-in di bandara yang bersangkutan. 

Beberapa barang-barang tambahan yang spesial dan bisa diterima seperti senjata api atau perlengkapan untuk security items dengan tarif 100.000 per items. Kemudian pengadaan alat olahraga  seperti perangkat golf,  sepeda, papan selancar angin, papan layar, paralayang, alat selam tanpa tabung gas dan gantole dengan rincian tarif sebagai berikut: 

Penerbangan Domestik: Tarif bagasi dimulai dari 100.000 per 10 kg, 200.000 per 20 kg dan 300.000 per 30 kg.

Penerbangan Internasional: Tarif bagasi dimulai dari 150.000 per 10 kg, 250.000 per 20 kg dan 350.000 per 30 kg. 

3. Jika ingin menambah bagasi, tarif menyesuaikan jarak dan tujuan

Ekonomis, Ini Harga Bagasi Citilinkpexels.com

Jika ingin melakukan penerbangan domestik dan internasional serta berencana untuk membawa lebih dari yang sudah ditentukan yaitu 7 kg. Kamu bisa melakukannya dengan booking. Tetapi yang perlu menjadi perhatian, harga yang ditawarkan saat check in dan membeli secara online pun berbeda. Jadi jika ingin lebih menguntungkan belilah secara online.

Berikut kisaran harga bagasi yang telah ditentukan: 

Penerbangan Domestik

Harga bagasi mulai dari Rp15 ribu sampai dengan Rp60 ribu per kilogramnya. Tetapi jika melakukan booking harga paket bagasi bisa lebih terjangkau tergantung jarak dan tujuan masing-masing.

Berikut beberapa pilihan kuota dan harga yang bisa diperoleh untuk membeli paket bagasi yaitu: Paket 5  kg yaitu kisaran harga Rp30 ribu - Rp255 ribu, paket 10 kg yaitu kisaran harga Rp60 ribu hingga Rp330 ribu, paket 20 kg yaitu kisaran harga Rp120 ribu sampai Rp660 ribu, paket 30 kg yaitu kisaran harga Rp360 ribu - Rp1.080.000. Sedangkan paket 40 kg yaitu kisaran harga Rp480 ribu hingga Rp2.040.000,-.

Penerbangan Internasional

Harga bagasi yang ditawarkan mulai dari Rp50 ribu - Rp75 ribu perkilogramnya. Berikut tarif bagasi yang ditawarkan yaitu paket 5 kg yaitu start dari Rp150 ribu, paket 10 kg mulai dari Rp200 ribu, paket 30 kg mulai dari Rp300 ribu, paket 40 kg mulai dari Rp400 ribu dan paket 40 kg mulai dari Rp600 ribu.

4. Maksimal ukuran barang untuk masuk bagasi pesawat

Ekonomis, Ini Harga Bagasi Citilinkpexels.com

Untuk membawa barang-barang sesuaikan dengan jenis pesawat Citilink yang digunakan saat penerbangan tersebut karena ada 2 ukuran pesawat yaitu:

Pertama,  Pesawat jenis Airbus A320 memiliki aturan barang di bagasi P x L x T (56 cm x 36 cm x 23 cm) dengan total 115 cm dengan berat maksimal 7 kg.

Kedua, Pesawat jenis ATR 72-600 memiliki aturan barang di bagasi P x L x T (41 cm x 34 cm x 17 cm) dengan total 92 cm dengan berat maksimal 7 kg.

5. Perhatikan jangan membawa barang-barang terlarang saat menaiki pesawat

Ekonomis, Ini Harga Bagasi Citilinkpexels.com

Demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan dianjurkan untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang oleh maskapai, terutama bagasi check in yaitu membawa pemotong kuku, kikir kuku, pisau lipat, gunting, pisau atau alat pemotong, senjata mainan, semprotan, korek atau pemantik, alat pemukul. senjata api dan rokok elektronik yang bisa berdampak negatif jika digunakan bukan semestinya. So, kuncinya patuh saja dengan aturan yang sudah ditetapkan. 

Sudah siap jalan-jalan Bela?

Baca Juga: Supaya Irit Biaya Trip, Cek Harga Bagasi Air Asia