Korea Selatan tak hanya memesona karena deretan drama romantis dan K-Popnya yang menarik untuk disimak, tetapi juga kuliner sampai dengan pemandangan indahnya! Tetapi tahu nggak sih, ternyata masyarakat Korea Selatan juga memiliki kebiasaan, aturan dan tradisi yang nggak kalah unik lho, ini dia delapan kebiasaannya yang perlu kamu ketahui, Bela.

1. Perempuan Korea Selatan saat duduk sering membawa selimut kecil untuk diletakkan di atas pangkuannya.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak brightside.me

Banyak perempuan Korea yang memiliki kebiasaan untuk meletakkan selimut dalam keadaan terlipat di pangkuan mereka. Aktivitas ini ternyata juga sering dilakukan oleh para bintang K-pop, tamu acara TV, dan termasuk orang-orang biasa. Mereka tidak lupa membawanya saat bepergian ke kafe, restoran, dan tempat umum lainnya. Rupanya ada alasan khusus kenapa mereka melakukannya untuk menjaga dan melindungi ruang pribadinya karena selimut merupakan simbol kesopanan.

2. Mereka memiliki kebiasaan untuk menutupi mulutnya saat tertawa.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak twitter.com

Semasa kecil, anak perempuan diajarkan agar tidak tertawa terlalu lepas untuk menjaga norma kesopanan. Karena kebiasaan itulah, jika sesuatu hal terjadi dan memancing gelak tawa, mereka akan memalingkan muka atau berusaha untuk menyembunyikan tawanya. Biasanya mereka akan menutupinya dengan tangan atau benda-benda lainnya. Jadi kalau melihat seorang perempuan Korea menutupi mulutnya, dia mungkin saja sedang tertawa.

3. Setiap pengemudi harus melakukan tes alkohol.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak pinterest.com

Setiap hari Jumat dan Sabtu khususnya pada malam hari, polisi Korea akan memblokir satu sisi jalan dan memeriksa semua pengemudi yang lewat, kecuali pengemudi taksi. Ketika melihat patroli, maka otomatis setiap mobil yang lewat harus menepi, kemudian membuka jendela dan melakukan tes alkohol. Kalau kamu terbukti melanggar, biaya dendanya tergantung dengan kadar alkohol dalam darah, misalnya  0,05-0,10 per mil akan dikenakan biaya $ 1.400 sampai dengan $ 2.800. Karena batas normalnya hanya diperbolehkan mengonsumsi 400 mililiter bir atau segelas soju saja. 

4. Rumah Sakit di Korea Selatan selalu menyediakan makanan yang lengkap dan enak.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak instagram / @hhwang.ru

Setiap hari di berbagai rumah sakit di Korea, para pasien akan disajikan aneka makanan yang berbeda dan sangat lengkap, mulai dari sup kerang sampai dengan makanan pembuka tradisional, seperti nasi yang diasinkan, pancake sayuran, dan kimchi.

5. Menjual boneka idola K-pop lebih laris dibandingkan Barbie.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak amazon.com

Bagi kamu yang ngefans dengan penyanyi K-pop yang populer di Korea Selatan dengan mudahnya kamu bisa memperoleh replika kecil mereka di toko-toko. Bahkan, boneka-boneka tersebut sangat laris dibandingkan Barbie. Contohnya saja repilka boyband BTS ini, siapa yang sanggup menolaknya? 

6. Turis yang ingin berhemat dapat tinggal di sauna.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak his-travel.co.id

Pemandian umum atau sauna di Korea, lazim disebut jjimjilbang. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi para penduduk setempat yang datang untuk memulihkan tenaga mereka setelah seharian bekerja atau sekadar beristirahat. Saat masuk, para tamu akan diberikan seragam khusus dan handuk. Selain mandi, disini kamu juga bisa tidur dan menginap. Layanan ini sangat diminati, karena buka selama 24 jam dalam 7 hari kerja. Tidak heran jika ingin berhemat, beberapa turis yang datang untuk periode singkat bisa memilih menginap di sini, daripada harus mengeluarkan biaya besar menginap di hotel.

7. Orang Korea Selatan senang menjaga tangan mereka tetap dalam keadaan yang hangat.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak DHgate.com

Jika kamu bepergian ke berbagai fasilitas seperti salon kecantikan atau tempat lainnya, kemungkinan besar kamu akan ditawarkan penghangat tangan, bahkan hal tersebut tetap dilakukan meskipun di dalam gedungnya tersedia pemanas. Aman dari kotoran dan kuman juga, sih.

8. Mereka merayakan hari cinta setiap tanggal 11 November yang mirip dengan Valentine.

8 Fakta Aneh Tentang Korea Selatan yang Bikin Kamu Terbelalak hd.stheadline.com

Masyarakat Korea ternyata mempunyai hari cintanya sendiri yang disebut Pepero Day. Mereka merayakannya setiap tanggal 11 November, dengan memberikan breadsticks atau snack stick yang diberi lapisan gula warna-warni menggemaskan dan nikmat. Memang berbeda dengan Valentine yang identik dengan cokelat. Hadiah ini biasanya diberikan kepada kekasih, orang-orang tercinta saja, sahabat dan kerabat dekat.

Itulah kebiasaan, aturan dan tradisi masyarakat Korea Selatan. Unik banget, ya!

Baca Juga: Perbandingan Gaya Makeup Perempuan Korea Utara vs Korea Selatan

Baca Juga: Banyak Aturan, Ini 7 Gaya Pacaran yang Berlaku di Korea Utara

Baca Juga: 10 Foto yang Diambil di Korea Utara Ini Pasti Bikin Kim Jong Un Marah