Banyak sekali manfaat yang didapat dari bepergian. Bahkan saat ini kegiatan jalan-jalan pun menjadi suatu kebutuhan. Alasannya untuk melepas penat. Kamu pun setuju dengan alasan tersebut. Selain itu, kamu juga penasaran dan mau mencoba untuk jalan-jalan sendirian. Merasakan sensasi dan bergantung pada diri sendiri. Tentu akan membawa pengalaman yang berbeda.

Disisi lain, ada orang yang suka dengan jalan-jalan. Namun, mereka nggak suka dengan konsep solo travel. Tentu saja ini membuat kamu bertanya-tanya. Mereka juga tahu beberapa keuntungan yang bisa diambil dari jalan-jalan sendirian. Meskipun demikian, mereka tetap dengan pendiriannya. Semakin penasaran kan kamu, ternyata ini alasannya.

1. Suka berbagi pengalaman bersama

Ternyata Ini Alasan Dibalik Orang yang Nggak Mau Jalan-Jalan SendirianPexels.com/Ion

Pergi bersama teman maupun rombongan memang lebih ramai. Kamu pun nggak segan membagikan sesuatu yang sederhana. Misalnya, kata-kata yang menyenangkan, makanan, permen, cokelat, hingga obat-obatan sederhana. Momen seperti ini sangat berharga bagi kamu. Bisa melihat orang lain bahagia, tertawa, menggerutu, dan sebal dengan hal kecil. Mengunjungi tempat wisata pun juga terasa lebih ada teman untuk berbagi informasi.

2. Sepenuhnya nyaman

Ternyata Ini Alasan Dibalik Orang yang Nggak Mau Jalan-Jalan SendirianPexels.com/Ion

Pergi sendirian membuat kamu bergantung dengan diri sendiri. Itu yang menyebabkan mereka suka pergi bersama. Bukan terlalu bergantung dengan orang lain, tapi lebih kepada saling membantu kalau ada kesulitan. Ada teman bertukar pikiran, jika ada hal yang nggak terduga terjadi. Mencoba hal baru pun lebih berani karena ada yang mendukung. Rasa nyaman pergi bersama ini bagi mereka susah untuk tergantikan. Bukan berarti mereka manja dan nggak mandiri, lho.

3. Kurang suka menanggung semua sendirian

Ternyata Ini Alasan Dibalik Orang yang Nggak Mau Jalan-Jalan SendirianPexels.com/Matt

Ketika memutuskan untuk bepergian pasti kamu menyiapkan akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Biaya ini bisa sangat terjangkau atau sebaliknya, tergantung gaya hidup selama jalan-jalan. Besarnya dana yang harus dikeluarkan secara individu membuat mereka mencari teman seperjalanan. Agar biaya yang dikeluarkan nggak terlalu besar sekaligus menghemat. Atau, kamu nggak mengeluarkan biaya jika pergi bersama keluarga.

4. Nggak ada yang mengambil foto

Ternyata Ini Alasan Dibalik Orang yang Nggak Mau Jalan-Jalan SendirianPexels.com/Stijn

Mengambil gambar sendirian menggunakan tripod saat jalan-jalan memang butuh tenaga dan kesabaran yang ekstra. Karena kamu harus mengatur posisi dan lain sebagainya. Meminta tolong orang lain juga belum tentu hasilnya seperti yang diinginkan. Berfoto saat jalan-jalan seperti kewajiban. Oleh sebab itu, mereka lebih suka ramai-ramai. Momen ekspresi ketika bersama-sama dan tertangkap kamera pasti ada bedanya daripada sendirian.

5. Terlalu canggung dengan orang baru

Ternyata Ini Alasan Dibalik Orang yang Nggak Mau Jalan-Jalan SendirianPexels.com/Djordje

Bertemu orang yang baru saja dikenal, kemudian menjadi sedikit akrab memang nggak gampang. Karena kamu nggak tahu bagaimana dia. Selain itu, bukan tipe yang cepat akrab dengan orang baru. Kamu pun kurang bebas bertanya kepada orang ketika menanyakan arah, biasanya karena sedang terburu-buru. Dengan pergi bersama-sama kamu lebih leluasa menunjukkan ekspresi dan mengutarakan pendapat. Selain itu, lebih mudah menerima kekurangan.

Orang yang memilih hal seperti ini bukan suka berada di zona nyaman terlalu lama. Namun, mereka lebih merasa tentram, jika dalam perjalanan ada orang yang dikenal.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Orang yang Sering Jalan-Jalan Selalu Tampak Segar dan Bahagia